Sifat, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Bahan Rayon

Posting Komentar
Bahan Rayon
Bahan Rayon

Sifat, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Bahan Rayon

Bahan Rayon - Kamu masih belum tahu apa itu bahan rayon? Coba baca dan simak pembahasan berikut ini dengan baik!

Dalam dunia tekstil, banyak bahan pakaian yang bisa kamu pilih. Setiap bahan memiliki karakteristik masing-masing. Pada akhirnya karakter tersebut menentukan tinggi atau rendahnya pakaian diminati di sektor fashion.

Di sisi lain, setiap bahan punya kelebihan sendiri yang berguna untuk semua orang. Sekaligus ada kekurangannya juga. Oleh karena itu, kamu bisa memilih salah satu bahan pakaian, seperti kain rayon.

Sifat Bahan Rayon

Kamu sudah paham apa itu bahan rayon dan sifat-sifat yang ada di dalamnya? Kalau belum, baca lagi pembahasan di bawah.

Rayon adalah jenis kain yang sering dipakai pada industri tekstil sebagai bahan baku. Terbuat dari serat selulosa yang ada di kayu. Terkadang, bahan-bahan kimia pun ditambahkan untuk pembuatan kain satu ini. Maka wajar saja, orang-orang mengategorikannya sebagai kain semi sintetis.

Karena terbuat dari serat selulosa, kain ini bersifat mudah disetrika. Otomatis setiap baju yang berbahan dasar rayon tidak mudah kusut.

Selain itu, masih ada sifat bahan rayon yang mesti kamu ketahui. Lebih lanjut, berikut ini daftarnya.

  • Tekstur yang lembut sehingga nyaman dipakai
  • Daya serap keringat lumayan tinggi
  • Mudah diwarnai dengan teknik apa saja
  • Sifat kain mudah terbakar sehingga berbahaya ketika terjadi kebakaran
  • Berkilau

Kelebihan Bahan Rayon

Dengan karakteristik alias sifat di atas, kelebihan bahan rayon agak banyak ketimbang yang lain. Tentu saja, itu akan menguntungkan para pembeli. Adapun materi lengkapnya ada di bawah ini.

1. Harga Murah

Sebagaimana disinggung pada pembahasan sebelumnya, bahan baku kain rayon adalah serat selulosa dari batang kayu. Pada awalnya selulosa itu mahal karena biaya pemotongan yang tinggi. Seiring berjalannya waktu, ilmuwan berhasil menciptakan serat tersebut secara sintetis.

Dari serat selulosa yang sintetis inilah, produsen kain rayon meningkat drastis. Pada akhirnya sesuai hukum ekonomi, harga rayon cenderung murah. Mulai dari sepuluh ribu sampai dua puluh ribu per meter.

2. Bervariasi

Sifat bahan rayon itu mudah diwarnai. Wajar akhirnya banyak variasi pakaian dari bahan satu ini. Tentu saja masing-masingnya mampu menarik minat pembeli, termasuk para pemula di bidang industri tekstil.

Adapun setiap variasi pasti cocok dipakai olehmu, apalagi ketika hari raya tiba, termasuk lebaran. Dijamin, orang lain saat melihatnya akan terpesona dan ingin membeli pakaian dengan bahan satu ini dalam jumlah besar.

3. Bahan Tebal

Kelebihan rayon terakhir adalah teksturnya tebal. Meski tebal, tetap nyaman dipakai apalagi dalam situasi tertentu. Di sisi lain, kain ini tidak akan menimbulkan panas saat dipakai sehingga kamu tidak merasakan gerah.

Kekurangan Bahan Rayon

Di balik kelebihan pasti ada kekurangan. Begitu pula dengan kain satu ini. Untuk memudahkanmu dalam mempertimbangkan bahan mana yang dipilih. Kita sajikan beberapa contoh kekurangan bahan rayon, seperti:

1. Susah Dikeringkan

Rayon memiliki kekurangan. Itu adalah susah dikeringkan meskipun menggunakan mesin pengering. Tentu ini membuat para ibu rumah tangga lelah. Mereka pun cenderung enggan mencuci pakaian berbahan rayon lagi.

2. Mudah Luntur

Kekurangan selanjutnya adalah bahan ini mudah luntur. Oleh karena itu, kamu harus memisahkan pakaian berbahan rayon dari yang lain. Gunanya untuk menghindari warna pakaian tercampur sehingga tidak terlihat indah lagi.

3. Mudah Terbakar

Selain luntur, bahan rayon sifatnya mudah terbakar apalagi dibandingkan dengan jenis lain. Sebagai pembeli, kamu sepatutnya menggunakan pakaian rayon untuk menghindari beragam hal buruk, apalagi saat kebakaran berlangsung.

Related Posts

Posting Komentar