Cara Mencuci Celana Jeans Dengan Benar

Posting Komentar

Celana Jeans
Celana Jeans

Cara Mencuci Celana Jeans Dengan Benar

Mencuci Celana Jeans Dengan Benar - Selamat datang, kami ini ini kita akan membahas tentang bagaimana sih mencuci celana jeans atau celana yang terbuat dari kain denim dengan benar? Pasti kalian gak asing lagi kan dengan celana jeans? Hampir setiap orang memiliki jenis celana yang satu ini, baik pria, wanita, anak - anak bahkan orang tua. Ini meruapakan pakaian sejuta umat yang tidak pernah kehilangan penggemarnya dari waktu ke waktu. Coba cek lemari Anda, ada berapa banyak pakaian yang berasal dari kain denim ini? Saya yakin pasti lebih dari 1. Ya, karena jenis celana jeans ini sudah banyak berkembang modelnya dan tentunya dapat dengan mudah dipadu padankan dengan jenis pakaian lainnya.

Jenis kain ini juga banyak digemari karena daya tahannya yang luar biasa, dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tetapi jangan salah ya, walaupun memiliki daya tahan yang luar biasa celana jeans juga perlu perhatian dan pemeliharaan khusus agar warna dan teksturnya tidak berubah. Untuk itu yuk simak artikel berikut ini. 

Cara Mencuci Celana Jeans

1. Hindari Mencuci dengan Mesin Cuci

Salah cara yang mudah untuk mencuci adalah dengan mesin cuci dan hampir semua orang pasti memiliki mesin cuci. Selain itu juga banyak penyedia jasa loundry yang menyediakan jasa mencuci dan menseterika. Tapi untuk perawatan celana jeans terbaik, hindarilah membawa celana kesayangan ke loundry ataupun menggunakan mesin cuci. Cukup rendam beberapa saat dan gosok dengan tangan maka kotoran dan noda pada celana jeans akan terangkat. Jika memang ada noda yang membandel, pilihlah sikat yang teksturnya halus agar tidak merusak tekstur kain.

2. Hindari Terlalu Sering Dicuci

Kain denim bukan tipe kain yang harus selalu dicuci. Kain ini didesain untuk bisa digunakan dengan durasi yang lama. Jika terlalu sering dicuci, ini bisa berpotensi merusak tekstur pada kain denim. Oleh karena itu gunakanlah selama beberapa kali sebelum memutuskan untuk mencuci celana kesayangan Anda. 

3. Gunakan Air Dengan Suhu Ruang

Penggunaan air juga sangat penting dalam perawatan celana jeans. Banyak opini yang berkembang di masyarakat bahwa dengan menggunakan air hangat akan mempermudah menghilangkan noda yang ada pada pakaian. Tetapi justru sebaliknya, jika Anda menggunakan air hangat untuk merendam celana jeans, hal ini bisa mengakibatkan ukuran dari celana jeans menyusut. Tentunya ini juga bisa merusak tekstur kain denim.

4. Hindari Menjemur Dibawah Matahari Langsung

Pada poin sebelumnya, telah dijelaskan jika panas bisa membuat celana ini menyusut. Selain itu panas dari sinar matahari yang langsung mengenai kain demin bisa menyebabkan perubahan warna. Menjemur dibawah terik matahari secara langsung dan dengan intensitas tinggi bisa mengakibatkan warna celana kesayangan Anda semakin memudar. Oleh karena itu hindarilah menjemur di bawah terik matahari langsung dan jika perlu jemur dalam keadaan terbalik.

5. Hindari Disetrika

Sejatinya kain ini di desain sedemikian rupa dengan ketahanan yang tinggi juga untuk menghidari kekusutan pada kain. Jika memang dirasa tidak perlu dan kain tidak menunjukkan kekusutan yang extrem, cukup lipat saja di dalam lemari Anda. Atau jika ada ruang yang lebih dikamar Anda, bisa Anda simpan dengan di gantung. Karena pada dasarnya panas dari setrika juga bisa menyebabkan kain celana denim ini menjadi menyusut.

6. Pilih Detergen Tanpa Pemutih

Pemilihan detergen untuk mencuci juga sangat penting. Banyak jenis dari detergen yang bisa kita temukan di minimarket. Alangkah baiknya pastikan bahwa komposisi dari detergen yang Anda beli tidak mengandung pemutih. Jika Anda memiliki celana jeans dengan warna gelap dan solid, lambay laun ini akan sangat mempengaruhi kondisi warna celana kesayangan Anda.


Related Posts

Posting Komentar