Perbedaan Alkohol, Metanol dan Absolute Dalam bisnis Parfum Refill

Posting Komentar

Absolut
Absolut

Perbedaan Alkohol, Metanol dan Absolute Dalam bisnis Parfum Refill

Perbedaan Alkohol, Metanol dan Absolute Dalam bisnis Parfum Refill - Beberapa tahun terakhir, banyak kita temui toko penjual parfum dipinggir jalan dan biasanya mereka membuka toko yang khusus membuat serta menjual parfum. Anda bahkan bisa dengan mudah membeli parfum isi ulang menggunakan botol yang dimiliki ataupun dengan botol yang telah disediakan dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat umum untuk mendapatkan parfum kualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Perlu Anda ketahui bahwa dalam proses pembuatan parfum isi ulang, pasti menggunakan bahan yang mengandung alkohol untuk di campurkan dengan bibit parfum. Campuran inilah yang memberikan perbedaan kualitas dari setiap penjual parfum. 

Jenis Alkohol Untuk Parfum

Fungsi dari alkohol ini juga bermacam-macam, dapat dijadikan sebagai pelarut ataupun sebagai pembersih. Beberapa jenis bahan alkohol yang sering digunakan dalam pembuatan parfum adalah alkohol jenis metanol, etanol dan solviol. Lalu apa perbedaan dari alkohol, metanol, absolute dan solviol? Selengkapnya akan kami bahas dibawah ini. 

Perbedaan Absolute dan Alkohol Serta Metanol

Alkohol memiliki pengertian yang sangat luas. Alkohol dapat diturunkan menjadi alkohol primer, alkohol sekunder dan alkohol tersier. Bahan yang sering digunakan dalam industri parfum yaitu metanol dan etanol masuk dalam kategori alkohol primer. 

Pemahaman yang berkembang di masyarakat umum, banyak yang menyebut etanol sebagai alkohol. Hal ini dikarenakan jenis alkohol etanollah yang digunakan dalam pembuatan minuman. Tentu sangat berbeda jika Anda ingin membuat parfum, Anda harus membeli di toko kimia dengan menyebutkan secara spesifik nama alkoholnya. 

Kembali lagi kepemahaman jenis alkohol, sering juga kita dengar larutan absolute sebagai campuran parfum. Absolute merupakan bagian dari alkohol jenis etanol. Absolute sendiri merupakan etanol yang memiliki nilai saturasi 100%. Inilah yang sering disebut absolut saat pembuatan parfum.

Sedangkan metanol merupakan bahan yang sering kita gunakan untuk menyalakan api. Di kehidupan sehari - hari kita biasa menyebutnya dengan nama spirtus. Dari sini sudah mulai jelas ya apa itu alkohol, etanol/absolute dan metanol 

Perbedaan Dari Alkohol Metanol dan Absolute Secara Fungsinya

1. Metanol

Metanol memiliki sifat mudah melarutkan berbagai bahan seperti minyak. Oleh karena itu metanol digunakan sebagai pencuci pada botol - botol bekas parfum lainnya agar wangin parfum tidak tercampur saat isi ulang. Sebenarnya, metanol ini juga bisa sebagai pelarut parfum, namun sebaiknya dihindari karena metanol jika sering terkena anggota tubuh bisa berubah menjadi toxic. Akibat dari penggunaan metanol sebagai campuran parfum bisa berakibat mulai dari iritasi hingga kanker.

2. Absolute

Absolute dalam parfum memberikan fungsi sebagai pelarut bibit parfum. Ini sangat bermanfaat apabila menggunakan semprotan maka parfum akan disemprot secara baik. Dengan campuran absolute, juga membuat parfum tidak membekas pada pakaian. Namun perlu diperhatikan, bahwa campurannya harus disesuaikan dengan bibit parfumnya, apabila terlalu banyak absolute makan wangi parfum tidak qkan tahan lama.

3. Solviol

Solviol ini sering digunakan juga sebagai campuran parfum. Namun, karena sifatnya yang netral, fungsi dari solviol hanya menambah volume dari parfum. Penambahan volume ini bisa menjadikan kualitas parfum turun. Nah, jika ada penjual yang menawarkan parfum dengan harga lebih murah namun volumenya banyak perlu diperjelas kembali apakah mengandung solviol atau tidak. 

Beberapa Ringkasan Pembahasan Perbedaan Alkohol, Metanol dan Absolute:

1. Jenis bahan alkohol yang sering digunakan dalam pembuatan parfum adalah metanol, etinol / absolut dan solviol.

2. Alkohol absolut adalah jenis etinol  yang nemiliki saturasi 100% sehingga lebih baik dari etinol biasa.

3. Apakah absolut termasuk alkohol? Ya, absolut termasuk dalam kategori etinol dan etinol masuk di kategori alkohol primer bersama metanol.

4. Alkohol dalam penggunaan dalam parfum memiliki fungsi yang berbeda - beda dan harus disesuaikan.

5. Apakah bibit parfum bisa langsung dipakai?  Bibit parfum biasanya berbentuk cairan yang kental yang sulit disemprotkan. Apabila mengenai pakaian juga bisa memberikan flek di permukaan pakaian. Oleh karena itu perlu adanya campuran absolut untuk mencairkan bibit parfum. 

Sekian pembahasan tentang Perbedaan Alkohol, Metanol dan Absolute.

Related Posts

Posting Komentar