Rekomendasi Merk Benang Jahit Yang Bagus

Posting Komentar


Merk Benang Jahit Yang Bagus
Merk Benang Jahit Yang Bagus
Merk Benang Jahit Yang Bagus  - Benang jahit menjadi bahan oenting yang dibutuhkan dalam membuat sebuah pakaian selain kain. Dengan inilah nantinya sebuah kain akan menjadi satu padu menjadi sebuah pakaian. Benang yang kuat belum tentu merupakan benang yang baik, tapi merk benang jahit yang bagus sudah pasti merupakan benang jahit yang kuat. 

Kuatnya benang tentu saja akan mempengaruhi kualitas dari pakaian, selain itu tekstur dan bahan benang juga akan mempengaruhi kualitasnya. Oleh karena itu, apabila Anda menjahit maka perhatikan bagaimana kriteria benang berkualitas. Selanjutnya mari kita memahami bersama bagaimana sebuah benang bisa dibilang sebagai benang berkualitas baik. 

Kriteria Benang Berkualitas Baik

Kenapa perlu memahami kriteria benang? Ini semata - mata agar kita mampu untuk memilih benang berkualitas dari sekian banyak merk benang jahit di pasaran. Oleh sebab itu perlu untuk Anda memahami beberapa kriteria berikut.

  1. Benang tidak mudah patah.
  2. Warna cerah dan tidak buram.
  3. Warna tahan lama.
  4. Tidak berserabut.
  5. Tahan terhadap air.
  6. Tidak kaku.

Ketelitian dalam memilih benang akan membuat hasil dari jahitan menjadi rapi dan berkualitas. Pemilihan warna tentunya juga harus disesuaikan dengan warna kain dan warna kancing. Bahan kain juga bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis benang karena tak semua benang dapat diimplementasikan di semua jenis bahan kain. Beberapa poin yang telah disebutkan diatas, bisa menjadi acuan dalam menentukan ciri ciri benang terbaik untuk menjahit pakaian. Jenis jenis benang jahit yang di rekomendasikan dalam pembahasan selanjutnya merupakan benang yang memang sering digunakan oleh penjahit profesional. 

Jenis Benang Berdasar Bahan Pembuatan

Ketika kita memilih benang tentu kita harus memahami bahan utama pembuatnya. Jenis ini juga menjadi acuan agar jenis benang sesuai dengan kain yang digunakan. 

1. Benang Jahit Katun

Ini merupakan jenis kain yang berasal dari bahan alami. Telah kita ketahui katun memang banyak digunakan dalan dunia pakaian yaitu sebagai bahan pembuat kain. Ini dikarenakan tipe katun yang lembut, mempunyai ketahanan pada air serta lentur. 

2. Benang Jahit Sintetis

Benang sintetis merupakan benang yang berasal dari bahan polyester. Tentunya polyester tidak asing lagi di telinga karena banyak digunakan pula pada bahan pembuatan kain. Perbedaan utama pada benang polyester dan katun adalah benang polyester tidak berbulu serta terasa halus. Selain itu, jenis ini cukup kuat dan tahan lama untuk digunakan pada kain yang berat. 

Jadi jika Anda menjahit kain tebal dari bahan polyester lebih baik untuk menggunakan juga benang yang berasal dari polyester. 

Merk Benang Jahit Yang Bagus
Jenis Jenis Benang Jahit

Tips Memilih Warna Benang

Jika kita menjahit pakaian, tentu akan aneh jika warna benang yang digunakan tidak sesuai. Kesesuaian warna ini akan mempengaruhi kei dahan pada pakaian. Agar warna benang yang akan digunakan bisa terlihat menyatu pada pakaian, berikut inj beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Pilih Benang Sesuai Warna Dominan Kain

Jika warna kain merupakan warna polos maka warna itu merupakan warna dominan. Jika kain terdiri dari beberapa macam warna pilih warna yang palon banyak muncul. Dan ini lah yang nantinya disebut warna dominan. Sesuaikan warna kancing sesuai warna tersebut.

2. Pilih Warna Benang Sesuai Warna Kancing Baju

Jika benang digunakan pada kqncing qtau disekitar kqncing baju, penggunaan warna benang dapat disesuaikan dengan warna kancing baju tersebut.

3. Pilih Warna Netral

Warna netral terdiri dari warna hitam dan putih. Keduanya digunakan pada masing - masing kain putih serta jika kain terdiri dari bermacam-macam motif dan warna. Warna benang dan putih cocok digunakan pada semua warna kain.

4. Kombinasikan Dengan Warna Turunan

Warna turunan ini merupakan warna turunan dari warna dominan kain. Pada orang yang telah profesional, warna turunan menjadi opsi dalam memberikan warna dan hiasan pakaian. Tetapi bagi yang masih baru memulai dalam bidang ini tentu harus sangat berhati-hati. 

Rekomendasi Merk Benang Jahit Yang Bagus dan Berkualitas

1. Benang Astra

Dikenal juga dengan sebutan coats Astra merupakan sebuah produk merk premium yang telah banyak digunakan di berbagai pakaian. Ini merupakan jenis benang sintetis yang didalamnya mengandung bahan polyester. Teksturnya sangat halus serta lentur namun tetap kuat untuk digunakan pada mesin jahit berkecepatan tinggi. Jenis ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap panas matahari dan bahan kimia. 

Banyak pilihan warna yang bisa dipilih mulai dari warna cerah, halus hingga warna gelap. Ukurannya juga sangat banyak yaitu 40/2, 40/3, 20/2, 20/3, 20/4, 60/2, 60/3. Benang Astra dapat digunakan untuk jahitan kemeja, kaos, pakaian dalam, gaun hingga pakaian tebal seperti jeans dan jaket.

2. Benang Extra

Merk ini juga termasuk dalam benang yang berasal dari bahan sintetis. Benang ini adalah alternatif lain bagi yang menginginkan benang dengan harga dibawah benang Astra. Walaupun lebih murah, untuk urusan kualitas dan kekuatannya tidak kalah dari Astra. Namun perlu diperhatikan bahwa teksturnya sedikit lebih kasar dan mudah kusut. Soal warna tak perlu khawatir karena warnanya sangat beragam. Merk ekstra menjadi primadona bagi para penjahit karena harganya yang relatif murah dapat mengurangi biaya produksi pakaian.

3. Benang Pegasus

Benang pegasus merupakan alternatif lain jika Anda membutuhkan benang sitetis yang dari bahan polyester. Namanya tidak setenar Astra dan Extra namun benang ini menjadi memiliki kualitas cukup baik. Biasanya benang ini digu qkan pada mesin obras yang berkecepatan tinggi dengan menggunakan 2 atau lebih benang sekaligus. Jadi jangan diragukan lagi kekuatan dari benang ini. 

Kesimpulan

Merk benang jahit yang bagus tidak hanya dilihat dari teksturnya saja. Tetapi, dapat juga dilihat dari kekuatan serta warnanya. Penggunaan warna ini juga akan sangat mempengaruhi keindahan dari pakaian. Dalam pembahasan di atas terdapat 3 merk benang yang kami rasa cukup baik untuk digunakan. Dari segi kualitas Astra mengungguli kedua kompetitornya. Namun, dalam distribusinya Extra dapat dengan mudah ditemukan baik secara online maupun offline.

Related Posts

Posting Komentar