5 Ilusi Optik Yang Akan Membuat Mata Anda Bingung

Posting Komentar

5 Ilusi Optik Yang Akan Membuat Mata Anda Bingung

5 Ilusi Optik Yang Akan Membuat Mata Anda BingungIlusi optik adalah suatu gambar yang kita rasakan berbeda dari yang sebenarnya. Dengan kata lain, ilusi optik terjadi ketika mata kita mengirim informasi ke otak kita yang menipu kita untuk memahami sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Kata "ilusi" berasal dari kata Latin illudere, yang berarti "mengolok-olok."

Beberapa ilusi optik bersifat fisiologis. Ini berarti bahwa mereka disebabkan oleh semacam sarana fisik di mata atau otak.

Ilusi Mach band adalah contoh dari ilusi fisiologis. Garis di tengah gambar adalah satu warna solid. Namun, karena cara retina mata menyaring warna yang berbeda di kedua sisi garis, sisi kanan garis tampak lebih gelap, sedangkan sisi kiri garis tampak lebih terang.

Ilusi optik lainnya adalah kognitif. Ilusi kognitif, seperti ilusi ambigu, distorsi dan paradoks, terjadi ketika otak kita secara otomatis membuat asumsi berdasarkan informasi yang dikirim dari mata. Ilusi ini kadang-kadang disebut "permainan pikiran". 

Ilusi distorsi menggunakan teknik yang berbeda untuk membuat objek dengan ukuran lain, panjang atau kelengkungan yang sama tampak terdistorsi. Contoh terkenal dari ilusi distorsi adalah ilusi Müller-Lyer.

Ilusi paradoks terjadi sebagai akibat dari gambar atau objek yang tidak dapat eksis atau tidak mungkin secara fisik. Ilusi paradoks populer dalam karya seni, seperti yang dibuat terkenal oleh seniman M. C. Escher. Masih banyak jenis Illusi yang ada dan berikut adalah Illusi yang mungkin sering anda lihat.

Ilusi Optik Mata

1. Cafe Wall Illusion

Cafe Wall Illution
Cafe Wall Illution

Garis-garis ini tampak miring ke atas atau ke bawah, tetapi garis horizontal sebenarnya semuanya sejajar. Butuh bukti? Coba tutupi bagian atas dan bawah satu baris kotak dengan selembar kertas. Tidak ada kemiringan yang bisa ditemukan!

2. Ilusi Muller-Lyer

Ilusi Muller-Lyer

Ilusi Muller-Lyer


Garis horizontal mana yang lebih pendek: atas atau bawah? Pertanyaan jebakan—ukurannya sama, meskipun pikiran Anda menganggap sayap luar lebih panjang. Sementara ilusi optik ini tampaknya sulit untuk dipecahkan.

3. Zöllner Illusion 

Zöllner Illusion
Zöllner Illusion

Apakah garis diagonal yang panjang ini sejajar? Mereka pasti tidak melihatnya, tapi memang begitu! Menghapus garis seperti "jahitan" yang lebih kecil menunjukkan kebenaran tentang ilusi optik ini.

4. Ponzo Illusion

Ponzo Illusion
Ponzo Illusion

Salah satu garis kuning ini tampak lebih panjang dari yang lain. Jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan menyadari bahwa keduanya memiliki panjang yang sama persis. Ini berdasarkan persepsi kita dan kita cenderung melihat gambar ini dengan perspektif linier yang membuat garis kuning atas terlihat lebih panjang daripada garis kuning di bawah. Bayangkan mengemudi dan melihat antrean di depan. Saat Anda mendekat, garisnya tampak lebih besar dan ketika kita melewatinya, garis itu tampak lebih kecil! 

5. Elephant Optical Illusion

Elephant Optical Illusion

Elephant Optical Illusion

Berapa banyak kaki yang dimiliki gajah? Sepintas, jawabannya mungkin sudah jelas – tetapi lihat sedikit lebih dekat, dan ilusi jahat ini muncul dengan sendirinya.

Gajah-gajah yang kita lihat memiliki empat kaki tapi yang satu ini membuat kita pusing. Jika kita perhatikan lebih dekat Anda akan melihat gajah ini juga hanya memiliki empat kaki! Artis Roger Shepard membiarkan ruang alami kosong menyebabkan kebingungan dan membuat otak kita berpikir bahwa ruang itu seharusnya menjadi kaki. Masih bingung? Tutupi kaki bagian bawah dan Anda akan melihat keempat kakinya.


Related Posts

Posting Komentar