Jenis Kain Bahan Cordura Dan Kelebihannya

Posting Komentar
Kain Bahan Cordura
Bahan Cordura

Jenis Kain Bahan Cordura Dan Kelebihannya

Jenis Kain Bahan Cordura Dan Kelebihannya - Bahan cordura adalah kain yang berasal dari nama brand kain premium dari perusahaan tekstil E.I du Pont de Nemours and Company yang mulai diproduksi tahun 1929. Namun, lisensi dalam penggunaan nama kain saat ini dipegang oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Invista. Untuk memberikan kualitas kain yang baik, kain bahan cordura biasanya menggunakan berbagai macam campuran bahan utama seperti  kapas, nylon dan polyester. Kepopuleran dan kualitasnya yang sangat baik, menjadikannya kain ini banyak dicari untuk dijadikan bahan pakaian premium ataupun tas. Banyak perkembangan untuk bahan cordura saat ini dan muncul berbagai kain yang menyerupai bahan cordura. Berjalannya waktu mulai banyak terjadi perubahan makna tentang bahan cordura, sebutan ini banyak digunakan untuk kain nilon 1000D. Sehingga dalam pergeseran makna ini, sebutan cordura lebih diperuntukkan kain berbahan nilon dan bukan lagi sebagai sebuah nama brand. 

Kelebihan Bahan Cordura

1. Sangat Kuat

Cordura banyak diminati sebagai pembuat tas karena kainnya yang sangat kuat sehingga dapat dipergunakan dalam waktu yang lama.

2. Tahan Goresan

Dengan bahan - bahan berkualitas , menjadikan kain bahan cordura tidak mudah mengelupas terksturnya apabila terkena goresan dengan benda lain.

3. Bahan Tebal

Salah satu pertimbangan dalam pembuatan tas adalah ketebalan dari bahan. Tebalnya cordura bisa memberikan extra protection bahi barang bawaan Anda didalan tas. Selain itu, tas juga akan menjadi lebih kuat sehingga tidak midah robek.

4. Bahan Ringan

Walaupun memiliki tekstur yang terbilang tebal namun, Anda tidak perlu khawatir karena bahan ini sangat ringan seperti kain baby terry sehingga memudahkan Anda untuk membawa tas kesayangan kemanapun Anda pergi.

5. Banyak Variasi Warna

Saat ini sudah banyak warna - warna yang tersedia mulai warna yang cerah maupun warna gelap. Anda bisa memilih warna apapun kesukkan Anda. 

Jenis dan Harga Bahan Cordura per meter

1. Cordura Polyester

Cordira ini menggunakan bahan buatan polyester sebagai camouran pembuatnya. Sehingga, jenis seperti ini akan lebih mudah untuk dilakukan daur ulang. Beberapa jenis cordura polyester:

  • Cordura Polyester 600 (Rp. 30.000 - Rp. 45.000)
  • Cordura 900
  • Cordura Polyester 1000 (Rp. 60.000 - Rp. 70.000)

2. Cordura Nylon

Pada cordura nylon menggunakan bahan utama nylon sebagai pembuatnya. Perbedaan dasar yang bisa dilihar pada jenis kain bahan cordura nylon adalah mimiliki. Tampilan yang lebih glossy atau mengkilat dibanding cordura polyester. Beberapa jenis cordura yang biasa digunakan adalah:

  • Cordura Nylon 600 (Rp. 35.000 - 45.000)
  • Cordura Nylon 1000 (Rp. 95.000 - Rp. 120.000) 

Note : Harga sangat bervariasi tergantung dengan lapak penjual, harga di atas tertera sesuai dengan harga saat melakukan survei sebelum artikel ini diposting.

Tentunya masih banyak lagi jenis kain bahan cordura yang ada di toko - toko kain di sekitar Anda. Tetapi, secara umum jenis diatas bisa menggambarkan keragaman dari jenis kain bahan cordura. Karakteristik dari jenis lainnya sangat mirip dengan yang telah dijelaskan. Bahkan tak semua pejual juga pahan sepenuhnya tentang keragaman dari kain ini. Namun, setidaknya dengan sedikit pemahaman tentang bahan kain cordura, Anda dapat memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.Sekian dan  Selamat membaca.

Related Posts

Posting Komentar