Perbedaan Bahan Denim, Celana Jeans

Posting Komentar

Celana Jeans
Celana Jeans

Perbedaan Bahan Denim, Celana Jeans dan Jaket Denim

Perbedaan Bahan Denim, Celana Jeans dan Jaket Denim. Jika kita mendengar pakaian dari bahan denim tanpa melihat kainnya, kita pasti akan merujuk pada jaket denim. Tetapi jika kita, melihat kain denim secara langsung tanpa mengetahui  nama bahannya, kita akan langsung teringat dengan celana jeans. Memang bahan ini sangat familiar dikehidupan kita, bahkan kita pasti memiliki pakaian lebih dari satu dilemari pakaian.  Saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa jeans dan denim merupakan hal yang sama. Lalu apakah benar demikian? Jika kita pelajari lebih lanjut tentang kedua sebutan tersebut, kita akan memahami bagaimana keduanya merupakan hal yang berbeda. Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Kain Bahan Denim

Sejarah kain bahan denim bermula dari salah satu kota di Negara Prancis tepatnya di kota Nimes. Denim sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa prancis yaitu serge de nimes kemudian disingkat menjadi denim yang memberikan makna kain yang berasal dari Kota Nimes. Pada saat itu, selitar abad 17, Kota Nimes menjelma menjadi dalah satu kota industri raksasa yang terkenal dengan hasil produksi tekstilnya. Banyak hasil tekstil dan salah satunya merupakan bahan denim yang telah di ekspor dari Nimes ke negara - negara lainnya. Bahkan karena kepopulerannya saat itu, bahan ini juga sering digunakan sebagai bahan pakaian harian kerja penduduk di Kota Nimes. Versi asli dari denim, mulanya berasal dari campuran sutra dan serat wol yang berasal dari Gunung Cavennes dekat Kota Nimes. Berbeda dengan bahan denim dari produk yang dikeluarkan Levi's, produk mereka dibuat menggunakan campuran serat katun yang dipadukan dengan beberapa serat sintetis. Namun, ketika bahan denim pertama kali muncul di negara Inggris, bahan ini sudah berbeda dengan bahan awal dari kota Nimes, di Inggris sudah menggunakan serat katun seluruhnya.

2. Celana Jeans

Jeans pertama kali diciptakan pada tahun 1873 oleh seorang penjahit ternama asal Amerika yaitu Jacob Davis dan bermitra Levi Strauss untuk memproduksinya secara masal. Mulanya trend celana jeans digunakan oleh orang yang bekerja outdor seperti pekerja tambang, pekerja kasar bangunan atau orang yang bekerja di hutan. Jeans digunakan sebagai pakaian bawahan yang melindungi tubuh dari medan yang berat karena jeans memiliki karakteristik kain yang sangat kuat. Jika kita perhatikan saat ini, celana jeans juga masih ada yang menghiasi produknya dengan saku kecil atau yang biasa disebut dengan watch pocket. Oleh pekerja kasar, dahulu digunakan untuk menyimpan jam kecil atau kompas. Walaupun saat ini fungsinya sudah jarang digunakan, beberapa produk jeans masih menampilkan ciri khas aslinya. Seiring perkembangan fashion, celana jeans ini berkembang menjadi mode bagi anak muda atau orang dewasa. Warna yang digunakan dalam celana jeans juga sudah berkembang dari warna indigo sampai dengan hitam. Bahkan celana jeans menjadi salah satu koleksi fashion yang wajib dimiliki baik wanita maupun pria.

3. Jaket Denim

Jaket denim merupakan salah satu jenis outwear yang berasal dari bahan kain denim. Jaket ini dikeluarkan pertama kali oleh Levi's pada tahun 1905 sebagai pelengkap dari celana jeans. Pada tahun 1990 jaket denim menanjak popularitasnya. Banyak anak - anak muda pada tahu itu yang mengkombinasikan jaket denim dengan kemeja kotak - kotak. Beberapa tahun sebelumnya atau sekitar tahun 1980, jaket denim juga sempat dipopulerkan oleh salah satu grup band ternama Guns and Roses. Sekarang, jaket denim juga telah menjadi salah satu mode fashion yang wajib dimiliki baik pria maupun wanita.

4. Kesimpulan Perbedaan Bahan Denim, Celana Jeans dan Jaket Denim

Denim, jeans serta jaket denim merupakan beberapa frasa kata yang memiliki perbedaan makna. Jika kita perhatikan penjelasan di atas, bahan denim merupakan jenis dari kain yang bisa digunakan untuk berbagai macam pakaian. Di sini kita pahami bahwa denim merupakan nama dari sebuah kain yang bisa berasal dari katun, wol ataupun dengan campuran serat sutra. Beberapa produk dari bahan denim diantaranya digunakan untuk membuat celana jeans dan jaket denim. Jeans sendiri merupakan produk fashion berbentuk celana yang berasal dari olahan bahan denim. Begitu juga dengan jaket denim, ini merupakan olahan outwear atasan yang berasal dari bahan denim. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa denim merupakan nama kain, sedangkan jeans dan jaket denim merupakan jenis produknya.

Related Posts

Posting Komentar