Terlengkap! Tipe Bahan Kain dan Gambarnya

Post a Comment

Tipe Bahan Kain
Bahan Pakaian

Jenis Bahan Kain dan Gambarnya

Jenis Bahan Kain dan Gambarnya - Banyak sekali tipe bahan pakaian yang kerap digunakan dalam produksi pakaian. Mulai harga yang terbilang rendah sampai kain dengan nilai jual yang tinggi. Tidak hanya proses produksi pakaian, tipe kain sangat berpengaruh terhadap mutu dan harga dari pakaian. Pemakaian kain juga tidak bisa sembarangan, dengan karakteristik masing- masing, penggunaan kain wajib disesuaikan dengan produk yang dihasilkan. 
Perubahan pola kehidupan yang saat ini bergeser ke mode daring, mengakibatkan kita sangat bergantung dengan sistem online. Bukan hanya sebatas sekolah ataupun bekerja saja, mulai dari membeli makan, membeli kebutuhan seperti perabotan rumah tangga sampai membeli pakaian bisa kita lakukan secara online. Tidak hanya kemudahan yang kita dapatkan, harga yang ditawarkan juga sangat bermacam- macam, dan kita bisa memilah toko yang menawarkan harga terbaiknya.
Ketika kita akan membeli pakaian secara daring, pastinya kita wajib mengenali ciri serta mutu dari barang yang kita pesan. Ketika pesanan tiba, kita wajib mengecek kembali mutu kainnya. Pengetahuan tipe bahan pakaian akan jadi sangat berarti mengingat banyak tipe kain yang diperjual belikan. Jika dapat mengenali tipe bahan pakaian, Anda bisa memperhitungkan apakah mutu bahan pakaian cocok sesuai harga yang Anda keluarkan. Pilihan Anda akan sangat mempengaruhi style serta kenyamanan dalam memakai outfit Anda. Yuk ikuti ulasan beberapa tipe bahan pakaian dibawah ini.

Berikut Ulasan Jenis Bahan Kain dan Gambarnya

1. Kain Bahan Polyester 

Bahan polyester
Bahan polyester (sumber:ebay.com)

Jika kita mengenal kain organik yang berasal dari serat organik, polyester ialah kain yang dari serat sintetis ataupun dikenal dengan nama serat polyester. Polyester memiliki beberapa kekurangan, beberapa diantaranya yaitu pada jenis bahan kain tampak menyerupai bahan plastik yang licin sehingga teksturnya kurang nyaman dikenakan serta bagi beberapa orang kain ini bisa menimbulkan iritasi jika mempunyai kulit sensitif dikarenakan asal pembuatannya dari bahan kimia. Akan tetapi, jenis ini sangat awet untuk dikenakan dalam jangka waktu lama dan bersifat recycle atau bisa didaur ulang. Harga polyester berwujud pakaian jauh lebih murah dibanding kain lain.

2. Kain Bahan Katun

Bahan Katun
Bahan Katun (Source:id.aliexpress.com)

Katun adalah tipe kain yang menggunakan bahan organic (kapas). Tipe katun sangat familiar dalam produksi pakaian. Teksturnya sangat lembut, dingin dikala digunakan dan mudah meresap keringat sangat sesuai untuk digunakan di wilayah tropis seperti Indonesia.
Katun memiliki banyak macam jenisnya, mulai dari buatan lokal sampai import, ataupun katun yang berasal 100% serat alami dan katun campuran bahan lain. Untuk mengenali apakah katun tersebut mempunyai mutu yang bagus, kita bisa mengetahuinya dari tekstur katun yang tidak berbulu, tidak ada gumpalan pada teksturnya dan tidak ada bintik putih pada kain.

3. Kain Linen

Kain Linen
Kain Linen (Sumber:id.aliexpress.com)

Kain linen ialah kain yang sangat sempurna digunakan pada musim panas ataupun di wilayah dengan intensitas sinar matahari yang tinggi. Dengan pori yang terdapat pada kain, ini memberikan kesejukan kala digunakan. Kain ini dapat tahan dengan lama, karenanya banyak digunakan sebagai bahan gordin, sprei dan sarung bantal. Namun, banyak juga yang memakainya untuk pakaian harian. Apabila Anda memilih bahan kain linen, Anda wajib berhati- hati, meski mempunyai nilai jual diatas katun, linen mudah kusut kala digunakan.

4. Kain Drill

Kain Drill
Kain Drill (Sumber:shopee.com)

Kain ini berawal dari penggunaan bahan pembuatan seragam tentara, tetapi seiring berkembangnya waktu, mulai banyak desainer yang memakainya untuk bahan pakaian harian. Bahan pembuatnya berasal dari serat katun ataupun dengan kombinasi polyester. Ciri paling kelihatan yaitu terdapatnya uliran diaginal pada tekstur kainnya, tetapi tetap terasa halus kala menyentuh kulit. Dengan ada uliran ini membuat kain juga jadi lebih kuat dibanding dengan kain sejenisnya.

5. Kain Cordura

Kain Cordura
Kain Cordura(sumber:id.wikipedia.org)

Cordura sebenarnya bukan merupakan nama dari tipe kain, tetapi lebih ke nama merek produsen pembuat kain. Meski begitu, di masyarakat sudah mengenalnya sebagai suatu nama kain dan cordura ini lebih diketahui selaku nama dari kain berbahan nilon dengan nama cordura 1000. Cordura sendiri juga memproduksi kain dengan bahan polyester. Bahan ini mempunyai ciri tahan air, permukaan kasar dan terasa panas saat dikenakan. Karena hal ini, cordura lebih banyak digunakan untuk bahan pembuat sepatu, rompi, sabuk serta tas.

6. Kain Oxford

Kain Oxford
Kain Oxford(Sumber:alibaba.com)

Kain bahan Oxford berasal dari kombinasi serat katun dan teteron. Kain ini masuk tipe kain drill, tetapi terdapat hal yang membedakannya yakni benang yang digunakan dalam produksi kain Oxford lebih pipih dari pada kain drill sehingga teksturnya sangat halus serta lebih tipis. Bila kita bandingkan dengan kain lain juga dingin ketika dikenakan, kain oxford terlihat lebih kaku serta lebih kokoh. Oxford sangat sesuai jika digunakan dalam pembuatan seragam pelajar, seragam kantoran maupun tipe kemeja lainnnya.

7. Kain American Drill

Kain American Drill
Kain American Drill (sumber:shopee.co.id)

Kain American Drill adalah turunan dari kain drill dan mempunyai ciri benang yang nampak melintang secara diagonal. Kain ini ialah perpaduan dari serat polyester dengan viscose yang membuatnya jadi lebih kuat serta nampak mengkilat. Secara universal kain ini kerap digunakan dalam pembuatan pakaian yang bersifat resmi semacam seragam kerja, seragam sekolah dan jas. Kelebihan lain yang kita dapatkan yaitu daya serap kain sangat baik, tidak mudah kusut dan warna kain dapat bertahan sangat lama.

8. Kain Fleece

Kain Fleece Katun
Kain Fleece Katun (sumber:google.com)

Kain fleece sebenarnya mempunyai beberapa kesamaan dengan kain wool seperti terdapatnya bulu halus pada kainnya yang memberikan rasa hangat kala digunakan. Dengan kombinasi bahan dari serat polyester, jenis ini juga menjadi salah satu kain yang dikenal ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Meski dengan sifatnya yang lebih tebal serta lebih berat, bila terkena air ataupun sedang dicuci, jenis ini juga mudah kering. Jenis ini lebih sering digunakan dalam pembuatan outwear seperti jaket dan hoodie ataupun bahan pembuatan selimut.

9. Kain Rayon

Kain Rayon
Kain Rayon (sumber:lazada.co.id)

Kain rayon ialah salah satu bahan kain yang sangat sering digunakan dalam pembuatan kaos dan pembuatan busana muslim perempuan beserta hijabnya. Rayon sendiri berasal dari dinding sel tumbuhan tetapi terdapat juga yang berasal dari pulp kayu. Seperti halnya kain katun, kain rayon juga terasa sangat halus ketika dikenakan, tetapi Anda wajib berhati - hati bila mempunyai pakaian dari jenis bahan kain ini sebab teksturnya yang lebih tipis serta kurang elastis.

10. Kain Bahan Chiffon

Kain Bahan Chiffon
Kain Bahan Chiffon (sumber:alibaba.com)

Chiffon pada awal mulanya diproduksi menggunakan serat sutera. Tetapi, seiring berkembangnya waktu, banyak produsen yang berinovasi membuat chiffon dari nilon dan polyester. Serat polyester sering menjadi bahan favorit pembuat chiffon guna menekan biaya produksi kain. Karakteristik chiffon sendiri sangat tipis serta licin. Tipe ini kerap dipergunakan pada baju gaun, pernak- pernik outfit wanita dan dalaman wanita. 

11. Baby Terry

Baby Terry
Baby Terry (sumber:google.com)

Baby Terry ialah kain bertekstur sangat halus. Baby Terry dibuat dari serat kapas maupun dengan campuran lain. Bila kita amati dengan seksama kain baby terry mempunyai bulu yang halus pada permukaannya serta nampak semacam bulatan kecil pada kainnya. Seperti bahan katun, bahan pakaian ini banyak menjadi pilihan pembuatan pakaian karena sangat nyaman, tidak berat, lembut dan bisa menyerap air dengan baik. 

12. Kain Bahan Denim

Kain Bahan Denim
Kain Bahan Denim (seumber:alibaba.com)

Kain Denim bisa jadi kurang popular untuk beberpa orang. Berbeda dengan kata jeans yang telah familiar dan tentu seluruh orang pasti tau. Padahal keduanya memiliki hubungan yang erat. Untuk perbedaanya antara denim serta jeans Anda dapat membacanya disini.
Bahan denim awal mulanya berasal dari katun warna biru yang ditenun. Tetapi, pada sebagian produsen terdapat yang mengombinasikan dengan bahan polyester ataupun serat lain. Kain dengan karakteristik khas warna indigo, sekarang sudah berkembang menjadi sekian banyak warna lain seperti hitam, coklat serta sebagainya. 

13. Kain Bahan Scuba

Kain Bahan Scuba
Kain Bahan Scuba (sumber:shopee.co.id)

Kain scuba juga populer akan kelembutannya seperti halnya kain baby tery. Bahan pakaian ini mulai dikenal masyarakat luas saat pandemi dan banyak digunakan sebagai bahan masker. Bahan Scuba berasal dari serat filamen yang dirajut sampai teksturnya padat memakai mesin rajut spesial. Scuba dengan kualitas baik akan mempunyai elastisitas yang sangat bagus sehingga tidak mudah robek. Oleh karena ini, scuba sering dibuat untuk pakaian yang mempunyai mobilitas tinggi seperti baju olahraga renang ataupun baju olah- raga yang lain. 

14. Kain Bahan Sutra

Kain Bahan Sutra
Kain Bahan Sutra (sumber:aliexpress.com)

Bahan pakaian ini berasal dari serat sutra yang dihasilkan ulat murbei. Serat sutra tersebut kemudian ditenun secara manual maupun memanfaatkan mesin tenun.Sutra dahulunya digunakan oleh raja serta keluarganya. Dari sini,  mulailah sutra memiliki nilai ekonomi yang mahal. Bila kita perhatikan, sutra terlihat mengkilap pada saat terkena sinar lampu, lembut, dan dingin kala dikenakan. 

15. Kain Bahan Satin

Kain Bahan Satin
Kain Bahan Satin (sumber:aliexpress.com)

Kain satin nyaris mempunyai karakteristik mirip sutera. Bahan satin memiliki karakteristik khas warna mengkilat seperti sutera kala terkena sinar cahaya. Kainnya juga sangat licin seolah - olah kain jatuh saat dipakai. Satin nampak sangat istimewa serta elegan sehingga, satin kerap digunakan sebagai bahan baju acara ataupun selaku kain riasan ruangan. Akan tetapi, perbedaan yang pasti dengan sutra yaitu satin diproduksi menggunakan serat polyester dari bahan kimia sebaliknya sutera memakai serat alami.
Nah, inilah beberapa jenis bahan kain dan gambarnya yang sering digunakan sebagai bahan pembuat pakaian. Tentukan pilihanmu, untuk style terbaikmu.


Related Posts

Post a Comment