Kain Drill: Kenali Keunggulan dan Karakteristik Kainnya

Posting Komentar

Kain Drill: Kenali Keunggulan dan Karakteristik Kainnya

Kain Drill
Kain Drill

Kain Drill: Kenali Keunggulan dan Karakteristik Kainnya - Siapa yang tidak mengenal tentang kain drill, tipe drill sering ditemukan di sekitar kita dikarenakan ketebalannya yang cukup baik, rapat serta kuat. Kebanyakan pemakaiannya sering difungsikan untuk produksi pakaian, khusunya pakaian dinas luar. Drill sering dikenakan oleh pekerja di waktu siang hari, dalam posisi berpanas – panasan. Oleh karena itu membutuhkan kain dengan ketahanan yang baik untuk menunjang pekerjaannya. Bagi yang belum pernah mendengar kain drill, dapat Anda lihat pada seragam TNI atau Polisi. Selain itu banyak juga instansi pemerintah yang merekomendasikan kain ini karena keunggulan dan karakteristik kain drill yang tidak dapat diragukan lagi. 

Apa Saja Keunggulan Kain Drill?

Pada proses produksi setiap kain, pasti terdapat ciri khas atau karakteristik dari suatu kain itu sendiri. Peninjauannya dapat dilihat dari keawetan bahannya, kekuatan tarikannya, kekuatan bahannya, mudah tidaknya dalam menyerap keringan dan juga kerapatan kainnya.

Kain drill dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis jika didasarkan oleh ketebalannya. Untuk masing - masing jenisnya, tentulah terdapat cara pemakaian berbeda, seperti penetapan kain yang cocok untuk kemeja ataupun pakaian militer. Kain drill mempunyai banyak sekali keunggulan Dalam penggunaannya, diantaranya sebagai berikut: 

1. Keawetan Bahan 

Jika kita bandingkan dengan, kain drill mendapatkan urutan teratas dalam keaawetan bahan pakaian dinas luar.

2. Tekstur

Jika diamati seksama, akan kelihatan tekstur terbentuk secara diagonal. Tekstur yang diberikan menjadi nilai lebih pada kain karena unik dan berbeda dengan lainnya.

3. Warna Tahan Lama

Tingkat keawetan warna kain drill juga tahan untuk jangka waktu yang lama asalkan proses mencuci dan menjemurnya dilakukan dengan benar, warnanya juga akan kelihatan fresh walaupun sudah cukup lama dipakai.

4. Adem

Kelebihan kain drill di mata konsumen yaitu kesejukan yang diberikan walaupun digunakan di siang hari dengan aktivitas tinggi. Oleh karenanya cocok dikenakan untuk pakaian outdoor.

Karakteristik Kain Drill

Secara karakteristik, kain drill punya tekstur lebih diagonal daripada lainnya. Kain yang terkenal kuat ini dan terkenal paling nyaman ketika digunakan ketika musim panas datang. Dilain sisi, ternyata jenis ini juga cukup tahan air ketika dikenakan saat musim hujan tiba. Hal ini dikarenakan pada tipe kain drill dibuat memakai perpaduan polyester serta katun. 

Bahan dan Jenis Kain Drill

Drill terbagi ke dalam beberapa jenis:

1. Twist Drill atau Twill Drill

Tipe pertama yaitu tipe twist drill atau twill drill dimana mempunyai ketahanan air yang bagus, sehingga tidak mudah basah karena air. Twill drill juga mempunyai serat sangat kecil. Cocok untuk digunakan dalam produksi outwear seperti jas almamater.

2. American Drill

Jika kita bandingkan, american drill dan twill drill, american drill mempunyai serat yang terbilang besar. Dengan campuran bahan polyester, menjadikan sifat bahannya lebih lembut. Jika pernah mendengar nagata drill, bahan satu ini memiliki sedikit kesamaan seperti American drill. 

3. Japan Drill

Japan drill, memiliki ciri serat ukuran lebih besar jika kamu bandingkan dengan american drill. Di dalam Japan drill terdapat kandungan katun yang terbilang cukup banyak dibandingkan lainnya, sehingga menyebabkan harganya melambung tinggi. 

4. Hisofy Drill

Terakhir adalah tipe hisofy drill, ini adalah tipe drill dengan tingkat kelembutan dan grade yang lebih berkualitas dibandingkan japan drill. Sifat bahannya yang adem sangat cocok jika digunakan untuk musim panas.

Informasi tentang keunggulan dan karakteristik kain drill yang telah disebutkan untuk akan semakin memperluas wawasan Anda. Dengan demikian, saat ada orang yang menggunakan bahan ini menjadi lebih yakin lagi.


 


Related Posts

Posting Komentar