Inilah Jenis Kain Bahan Denim dan Kelebihannya

Posting Komentar

Kain Bahan Denim
Kain Bahan Denim

Inilah Jenis Kain Bahan Denim dan Kelebihannya

Inilah Jenis Kain Bahan Denim dan Kelebihannya - Bahan denim adalah serat katun bermotif warna biru yang pembuatannya ditenun menggunakan alat khusus. Sebutan denim ini berasal dari Prancis di kota de nimes pada abad ke-17 yang kemudian menyebar ke negara Amerika. Kain bahan denim di Amerika berawal dari bahan kain yang digunakan oleh penambang sebagai celana mereka bekerja ditambang. Kepopulerannya terus naik hingga akhirnya dikenal masyarakat luas dan mampu di produksi menjadi berbagai macam jenis pakaian maupun untuk aksesoris. Bahan kain yang dikenal sebagai bahan pakaian kaum Adam, juga menjelma menjadi bahan pakaian universal yang dapat digunakan oleh berbagai gender.

Ciri - Ciri Bahan Denim

Kain bahan denim memiliki ciri yang sangat mudah untuk dibedakan dengan bahan lainnya. Beberapa diantaranya adalah:

1. Warna Biru

Denim memiliki warna khas yang mudah untuk dibedakan dengan lainnya. Warna biru yang dimilikinya sangat mudah untuk dibedakan. Namun, untuk saat ini terdapat juga kain bahan denim yang berwarna hitam gelap sebagai alternatifnya. Terdapat juga variasi warna biru dengan corak garis putih pada bagian tertentu.

2. Tekstur Kain Kasar

Bahan denim memiliki tekstur yang relatif kasar. Karena dahulu digunakan sebagai pakaian dalam pertambangan, tekstur kain bukan menjadi prioritas namun yang dijadikan prioritas adalah ketahanan kain dalam berbagai medan. Jadi walaupun memili tekstur relatif kasar, denim memiliki kelebihan yaitu kainnya sangat kuat dan tahan lama.

Jenis Bahan Denim

Jika dahulu kain denim sangat terbatas dengan jenisnya, saat ini sudah mu cul berbagai macam jenis, sehingga Anda bisa lebih leluasa memilihnya.

1. Dry Denim / Raw Denim

Jenis ini merupakan hasil dari pewarnaan kain tanpa melalui pembilasan dengan air setelahnya. Akibat dari proses ini tekstur dari kain bahan denim akan menjadi lebih kasar dan memiliki warna  biru yang lebih kentara dan rapat dibanding janis lainnya.

2. Pre Wash Denim

Ini merupakan kebalikan dari proses Dry Denim. Pada proses ini setelah pewarnaan kain denim akan dibilas melalui pencucian sehingga teksturnya akan menjadi lebih lembut namun warnanya akan lebih memudar. Warna biru yang dihasilkan akan lebih terlihat muda dibanding Dry Denim.

3. Colored Denim

Dengan pewarnaan secara tradisional, kain denim akan menghasilkan warna indogo atau biru yang sering dilihat. Namun, dengan teknik pewarnaan modern dengan menggunakan sulfur untuk memdapatkan beragam warna selain biru.

4. Black Coated Denim

Sesuai dengan namanya kain ini memiliki warna hutam yang khas. Warna hitam ini disebabkan oleh campuran dari akrilik yang berwarna hitam ya g difungsikan untuk memberikan warna mengkilat dan menjadikan warna hitam dapat bertahan lebih lama.

5. Stretch Denim

Stretch denim ini merupakan kain denim yang memiliki tingkat elastisitas paling tinggi dibanding yang lainnya. Pada umumnya digunakan sebagai bahan pakaian wanita terutama bawahan. Kain ini digunakan untuk memberikan kenyamanan pada wanita yang suka menggunakan celana ketat  sehingga tidak mengganggu aktivitas.

6. Ramie Denim

Jika pada umumnya denim memiliki tekstur yang relatif kasar, pada kain ramie denim ini memiliki tekstur yang lebih halus. Tekstur yang halus ini berasal dari campuran serat ramie. Jadi ini bisa menjadi alternatif Anda apabila menginginkan kain denim yang nyaman serta halus ketika bersentuhan dengan kulit.

Kelebihan Bahan Denim

  1. Kain Memiliki Ketahanan Yang Kuat
  2. Cocok digunakan dengan berbagai macam outfit.
  3. Memiliki berbagai macam warna pilihan
  4. Sangat nyaman digunakan dan tidak panas digunakan.
  5. Bersifat Universal (tidak mengenal gender).

Kekurangan Bahan Denim

  1. Kebanyakan jenis denim memiliki tekstur yang kasar.
  2. Jika sobek akan susah untuk dijahit kembali.
  3. Jenis kain bahan denim dengan kualitas menengah kebawah, warna dari kainnya akan lebih cepat memudar.
  4. Untuk betuk dan variasi celana pria terkesan sedikit pilihan motifnya.

Hasil Olahan Bahan Denim

  1. Celana Jeans
  2. Gamis bahan denim
  3. Tas wanita bahan denim
  4. Blazer bahan denim
  5. Sepatu
  6. Topi
  7. Outwear Wanita

Related Posts

Posting Komentar