Kenali Ciri-Ciri Kain Sutra yang Sering Digunakan

Posting Komentar

Kain Bahan Sutra
Kain Bahan Sutra

Kenali Ciri-Ciri Kain Sutra yang Sering Digunakan

Kenali Ciri-Ciri Kain Sutra yang Sering Digunakan - Siapa tak mengenal bahan kain sutra? Namanya santer terdengar bagi kalangan pecinta fasyen. Kain sutra memiliki sifat yang ringan, mudah jatuh, dan sangat halus saat digunakan membuatnya banyak diincar.
Kualitas bahan sutra tergolong tinggi. Tak mengherankan dikarenakan jenis seperti ini berasal 100% serat ulat sutra murbei saat menjadi kepompong yang diolah dengan ditenun. Proses alami seperti ini membuat harganya pun relatif mahal. Akan tetapi, sebagai alternatif kamu dapat memilih sutra sintetis untuk menghemat pengeluaran.
Bagi kamu yang sedang berburu kain yang asli, kamu perlu mengetahui ciri-cirinya. Bedakan antara kain bahan sutra asli dengan bahan sutra sintetis. Jangan sampai tertipu oleh penjual nakal ya!

Ciri Kain Sutra

1. Berkilau Seperti Mutiara

Lapisan fibroin yang menjadi bagian dari jenis protein dalam ulat sutra akan menjadikan kain mengkilap saat terkena cahaya layaknya mutiara.

2. Menyerap Keringat

Kain sutra sangat baik dalam menyerap cairan sehingga kamu tidak perlu khawatir kain akan basah saat berkeringat. Kain ini melindungimu agar tetap merasa sejuk meskipun berada di tempat bersuhu panas. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa kain sutra memiliki kemampuan menyerap cairan sebanyak sepertiga dari total berat kain.

3.  Berbau Khas Saat Dibakar

Pernahkah kamu mencium bau rambut yang dibakar dengan api? Jika pernah seperti itulah bau khas bahan sutra yang dibakar dengan api. Selain itu, kain ini tidak akan cepat habis meskipun disulut api.

4. Tidak Mudah Robek

Benang penyusun kain satu ini sangat kuat sehingga tidak mudah putus. Kamu jangan khawatir, kain tidak akan mudah robek.

5. Lembut

Kain ini terkenal dengan teksturnya yang lembut ketika menyentuh bagian tubuh seperti kain baby terry. Ini disebabkan terdapatnya asam amino pada benang sutra.

6. Berfungsi Sebagai Penangkal Sinar UV

Kain satu ini dianggap dapat berfungsi sebagai tabir surya yang akan melindungi kulitmu dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Cara membuat kain sutra

Kain sutra dibuat dengan cara menenun. Menenun di sini ada dua macam. Ada menenun menggunakan mesin dan tanpa mesin. Penjelasan singkatnya sebagai berikut.

1. Menggunakan Alat Tenun Mesin (ATM)

Pembuatan bahan sutra menggunakan mesin akan menghasilkan kualitas terbaiknya. Kain akan menjadi halus, lembut, dan seratnya pun akan rapat. Tetapi, dikarenakan ini, corak yang dihasilkan cenderung akan seragam dan harganya menjadi lebih murah.

Di pasaran Indonesia, kain sutra dijual pada level harga berbeda. Misalnya saja di toko online, untuk per yard kain sutra asli rata-rata dijual di atas harga Rp100 ribu. Di tempat lain bisa dijual per meter atau 1 roll.  Harga kain sutra 1 roll dapat kamu cari pada toko-toko online di aplikasi belanja kesayanganmu. Tetapi, jangan lupa untuk mengecek review pembeli sebelumnya agar tidak kecewa.  

2. Menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM)

Karena dibuat tanpa menggunakan mesin, harga kain menjadi lebih mahal sebanding dengan corak yang dibuat. Corak menjadi lebih beragam. Namun, kamu perlu pertimbangkan karena kain akan bertekstur agak kasar dan cepat kusut.

Jenis-  Jenis Bahan Sutra

Ada berbagai jenis bahan sutra yang tersedia. Semuanya dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Beberapa dari mereka sering dijadikan pakaian pernikahan, baju gamis, kaftan, mukena, bahkan pakaian adat seperti kebaya yang cantik dan anggun.

1. Raw Silk

Sutra jenis ini tergolong mewah dengan ciri mengkilap dan tekstur berserat atau tidak rata. Terbuat dari 100% serat sutra asli membuat harganya mahal.

2. Dupioni Silk

Sutra jenis dupioni silk punya permukaan yang tidak biasa. Kain ini berciri kusut dan tebal. Menghadirkan tekstur yang unik seperti hujan rintik membuatnya tampil cantik dan elegan.

3. Paper Silk

Sesuai dengan namanya, kain bertekstur kaku seperti kertas. Permukaan jenis kain sutra ini halus, mengkilap, dan tipis dengan didominasi warna pastel.

1.

Related Posts

Posting Komentar