Perbedaan Antara Hoodie dan Sweater Serta Jaket

Posting Komentar

Perbedaan Hoodie dan Sweater Serta Jaket

Perbedaan Hoodie dan Sweater Serta Jaket - Outwear pada awalnya merupakan pakaian yang digunakan wanita maupun pria untuk memberikan perlindungan extra terhadap cuaca dingin. Outwear ini akan memberikan kehangatan dalam tubuh karena menghalangi panas suhu badan keluar lebih cepat serta menjaga suhu dingin dari luar agar tidak langsung mengenai tubuh. Ketebalannya pun berbeda-beda, di Indonesia dengan Iklim Tropis, outwear ini akan relatif jauh lebih tipis dibandingkan dengan outwear yang berasal dari negara-negara dengan iklim dingin. Seiring perkembangan waktu, dunia outwear telah berkembang dengan cepat, outwear tidak lagi digunakan hanya sebatas untuk menghangatkan tubuh, tetapi kini kerap kali digunakan sebagai trend dan style yang berkembang di masyarakat. Dari sinilah kemudian muncul berbagai jenis outwear seperti jaket, sweater dan hodie. Sweater dan Hodie bahkan kerap kali digunakan oleh rapper terkenal sebagai ciri khas mereka. Tak kalah dengan sweater dan hodie, jaket juga terus berkembang mengikuti zaman, bahkan salah satu brand terkenal asal Italia juga pernah mengeluarkan sebuah jaket dengan harga yang fantastis sekitar 277 juta rupiah. Inilah bentuk dari perkembangan outwear fashion yang terjadi sekarqng. Tetapi apakah kalian sudah tahu, apa perbedaan hoodie dan sweater serta? 

Karakteristik Hoodie dan Sweater Serta Jaket

Jaket Wanita
Jaket Wanita

1. Jaket

Jaket bisa menjadi awal dari perkembangan popularitas outwear yang menjelma menjadi trend fashion. Pada mulanya jaket sudah digunakan sejak perang dunia pertama. Jaket banyak digunakan militer untuk menghangatkan badan khususnya pada pilot pesawat militer Amerika Serikat dan menjadikannya terkenal dengan sebutan Flight Bomber Jacket. Pada masa lalu jaket hanya digunakan oleh pria, akan tetapi sekang jaket berubah menjadi lebih universal, dan semua gender bisa menggunakannya. Jaket sendiri sekarang sudah berkembang menjadi salah satu style fashion. Mulanya jaket ditujukan oleh bahan outwear berbahan tebal yang menggunakan bahan dari kulit, baik sintetis atau asli. Namun di beberapa wilayah negara, jaket tidak terikat oleh bahan yang digunakan. Banyak bahan yang bisa digunakan, seperti parasit, kulit, cotton, nylon dan sebagainya. Jaket ini bisa di lengkapi atau tidak dilengkapi dengan tudung kepala. Beberapa produk jaket pun terkadang menambahkan lapisan lain di bagian dalam untuk lebih menghangatkan tubuh. Salah satu ciri khas dari jaket yang tidak pernah beruah adalah adanya pengait berupa resleting atau kancing pada bagian depan sebagai pengaitnya. 

Sweater Wanita
Sweater Wanita

2. Sweater

Pada dasarnya sweater jenis rajut sudah ada sejak lama, bermula dari masyarakat timur tengah sampai akhirnya menyebar ke wilayah Eropa. Istilah sweater sendiri mulai muncul di daerah Eropa sekitar abad ke-15. Mulanya sweater berasal dari bahan wol, namun seiring berkembangnya zaman, sweater bisa berasal dari katun, polyester dan benang sintetis. Bahkan pada abad ke-20, sweater berubah menjadi alternatif pakaian lengan panjang menggantikan peran kemeja dan dapat digunakan sebagai atasan utama. Ciri khas dari sweater adalah tidak adanya kancing atau resleting yang biasanya terdapat pada jaket. 

Hoodie Wanita
Hoodie Wanita

3. Hoodie

Kepopuleran hoodie mulai terlihat sejak 1990-an. Namun hoodie sebenarnya sudah ada sejak beberapa abad yang lalu. Dari beberapa sumber menyebutkan, bahwa outwear satu ini dulunya digunakan sebagai pakaian dari biarawan khatolik. Setelah itu, perusahaan di Amerika tepatnya di Newyork juga mengginkan hoodie sebagai pakaian buruh. Popularitas hoodie semakin menanjak ketika tahun 1970-an muncul aliran musik hip hop. Dan hip hop inilah yang mempopulerkan dan menjadikannya identik dengan hoodie. Hoodie sendiri adalah sebutan bagian penutup kepala. Sekilas memang bentuknya mirip dengan sweater, memiliki lengan panjang, tetapi hal utama yang membedakannya adalah pada bagian atasnya memiliki penutup kepala.

Jadi, sudah jelas ya bahwa terdapat perbedaan hoodie dan sweater serta jaket. Tetapi, walaupun berbeda kegunaan dari ketiga jenis outwear ini tetap sama. So, kalian kubu hoodie, sweater atau jaket?


Related Posts

Posting Komentar