10 Hasil Kerajinan Kain Perca, Unik dan Menarik

Posting Komentar
Kerajinan Kain Perca
Kerajinan Kain Perca

10 Hasil Kerajinan Kain Perca, Unik dan Menarik

10 Hasil Kerajinan Kain Perca, Unik dan Menarik - Di era modern, mengolah kembali barang bekas menggunakan bantuan teknologi semakin populer. Tidak hanya menyelamatkan lingkungan, kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan masyarakat yang kreatif serta inovatif. Bentuk nyata dari konsep ini adalah kerajinan kain perca. Kerajinan dari Bahan Dasar Kain Perca

Kain perca adalah sisa potongan kain besar. Daripada dibuang begitu saja, lebih baik kita mengolahnya menjadi produk baru yang bernilai jual. Penasaran apa saja hasil kerajinan dari sisa kain bekas atau perca? Berikut daftar lengkapnya.

Macam Kerajinan Dari Kain Perca

1. Tas dr Kain Perca

Untuk membuat produk unik ini, kita membutuhkan kemampuan menjahit yang mumpuni. Pilih kain yang cukup besar untuk dirangkai menjadi tas yang sedang kekinian atau tote bag. Selanjutnya, cari kain perca yang ukurannya lebih kecil untuk dipotong sebagai aksesoris yang mempercantik tas. Kita bisa berkreasi sesuka hati. Sebagai referensi, coba buat pola hati, polygon, atau bahkan membuat gambar estetik dari kain tersebut.

2. Gantungan Kunci Dari Kain Perca

Kerajinan kain perca berikutnya adalah gantungan kunci. Kerajinan tangan ini bisa dibuat dengan cara mengumpulkan kain berukuran sedang sebanyak-banyaknya. Kemudian, potong perca sesuai kreasi dan bentuk yang dipikirkan masing-masing.

Bila sudah, kita bisa langsung menjahitnya sampai ¾ bagian tertutup rapat. Masukkan dakron dan jahit lagi sampai semua tertutup rapat. Pasang ring gantungan kunci.Tambahkan hiasan agar terlihat semakin menarik.

3. Tempat Pensil Dari Kain Perca

Selanjutnya, kita bisa memakai perca untuk dibuat tempat pensil. Tempat penyimpanan alat tulis ini dapat kita buat dengan mudah memakai perca, jarum, benang untuk menjahit, dan resleting. Kita bisa berkreasi agar kotak pensil anti mainstream dan menarik.

4. Dompet Dari Kain Perca

Bukan hanya membuat kerajinan yang enak dilihat, perca juga dapat dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan dompet yang berguna dalam kehidupan. Benda kecil ini berperan penting dalam menyimpan uang, kartu identitas, dan lainnya. Maka dari itu, kita harus menggunakan bahan perca berkualitas. Pastikan sisa kain memiliki ketahanan yang cukup baik dan waterproof. Meskipun mengutamakan nilai fungsi, tapi kita tetap harus membuatnya semenarik mungkin.

5. Jam Dinding

Kerajinan kain perca berikut ini terbilang cukup unik. Kita harus menyiapkan karton dahulu untuk dipotong menjadi model yang diinginkan. Pada kasus ini, kita harus memilih karton yang cukup keras. Kemudian, potong sisa kain mengikuti motif karton tersebut. Lalu, tempelkan jarum jam dan angkanya. Jangan lupa pasang baterai agar bisa berfungsi.

6. Selimut Kain Perca

Sebagai penghangat tubuh yang ampuh, harga selimut di pasaran memang cukup mahal. Bila kita ingin memiliki selimut yang out of the box, buat saja sendiri dari kain perca. Kita harus memilih kain cukup tebal agar tidak kedinginan.

Kemudian, jahit setiap potongan kain agar membentuk selimut simetris nan unik. Kita bisa memadukan berbagai warna atau menambahkan dekorasi supaya selimut lebih colorful. Dengan menggunakan selimut ini, siapapun pasti akan mudah terlelap dan memiliki kualitas tidur yang baik.

7. Keset Dari Kain Perca

Meskipun letaknya ada di bawah, tapi tetap saja karpet harus on point. Kita bisa menghasilkan karpet unik menggunakan perca di rumah. Gunakan kain yang bahannya menyerap air dan cukup tebal untuk membuat produk ini. Supaya lebih serasi, kita bisa memakai warna perca sesuai konsep ruangan dan cat dinding. Bila ruangan bermotif polos, buat saja karpet atau keset kain perca yang lebih colorful supaya suasana di ruangan terasa lebih hidup.

Bila kita memang sangat menyukai bidang kerajinan bahan bekas, tak ada salahnya untuk menjadikan produk hasil perca sebagai ide usaha. Selama kita tekun, konsisten, dan kreatif, bukan hal yang mustahil untuk menghasilkan keuntungan besar dari usaha kerajinan kain perca. Dan inilah 10 Kerajinan Kain Perca yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Related Posts

Posting Komentar