17+ Ide Kerajinan Dari Barang Bekas Lengkap

Posting Komentar
Kerajinan Dari Barang Bekas
Kerajinan Dari Barang Bekas

17+ Ide Kerajinan Dari Barang Bekas Lengkap

Kerajinan Barang Bekas - Pemberlakuan massif Work From Home (WFH) beberpa waktu lalu menyebabkan sebagian dari kita banyak menghabiskan waktu dirumah. Secara langsung tentunya akan mempengaruhi banyaknya barang bekas yang ada dirumah kita. Sebelum berubah menjadi "sampah" kita bisa memanfaatkan barang tersebut. Kerajinan dari barang bekas seperti ini sangat menjajikan setidaknya dari dua aspek yaitu aspek lingkungan maupun aspek ekonomi. Dari segi lingkungan tentunya pemanfaatan barang bekas akan mengurangi dampak lingkungan yang bisa diakibatkan. Dilain sisi barang bekas bisa menjadi barang bernilai jual apabila bisa dioptimalkan dengan baik. Dengan sistem online seperti sekarang, kita bisa mempromosikan kerajinan dari barang bekas secara luas. Tentu saja ini bisa menjadi income tambahan apabila dikelola dengan baik. Dengan kreativitas yang Anda miliki, jenis kerajinan ini akan memberikan ciri khas dari produk Anda. 

Desa Penghasil Kerajinan Dari Barang Bekas

Sebelum masuk kedalam pokok pembahasan, kisah sukses dari desa penghasil kerajinan barang bekas bisa menjadi inspirasi kita. Desa yang akan kita bahas adalah Dusun Sukunan, yang berada di Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dusun Sukunan sudah terkenal dengan kerajinan barang bekasnya sejak belasan tahun yang lalu. Pemanfaatan kerajinan barang bekas bukan semata - mata dalam bentuk perorangan saja namun juga dalam satu wilayah. Kontribusi nyata diberikan warganya bukan hanya dalam bentuk pembuatan kerajinan dari barang bekas namun juga dalam pemilahan bentuk sampah. Ketika kami datang beberpa tahun yang lalu, kondisi dusun sangat terasa bersih dan teratur. Disetiap sudut tempat juga disiapkan tempat sampah yang disortir langsung. Beberapa rumah disana juga ikut berkontribusi dalam membuat berbagai kerajinan dari barang bekas yang nantinya barang tersebut dikumpulkan untuk dijual. Banyak sekali jenis barang yang bisa Anda dapatkan disana. Lalu, ide kerajinan barang bekas apa saja yang bisa buat dirumah? Berikut ulasannya: 

Ide Kerajinan Barang Bekas Yang Bermanfaat

1. Masker Kain Perca

Jika Anda memiliki berbagai macam sisa bahan kain, dengan skill menjahit yang dimiliki, Anda bisa merubahnya menjadi barang yang sangat dicari saat ini yaitu masker. Anda bisa memilih sisa bahan kain yang memiliki kerapatan tinggi dan tentunya tekstur kain yang halus untuk memberi rasa nyaman saat digunakan. 

2. Keset Kain Perca

Potongan - potongan kain di rumah Anda, bisa Anda simpan dan saat waktu luang bisa Anda jahit menjadi satu bagian untuk dijadika keset. Apalgi jika kain perca yang Anda miliki merupakan kain dengan saya serap tinggi terhadap air. Keset kain perca ini sangat bagus untuk mengeringkan kaki atau alas kaki sehingga dapat menghindari hal yang tidak diinginkan seperti tergelincir dilantai yang basah.

3. Pot Tanaman Botol

Tanaman dirumah, mungkin memerlukan sentuhan keratif Anda. Dengan sisa botol minum yang berasal dari plastik, Anda bisa mengubahnya menjadi pot untuk tanaman. Potong bagian atasnya menggunakan ginting, dengan ketinggian yang disesuaikan dengan tinggi tanaman. Haluskan bagian yang dipotong menggunakan besi panas. Setelah selesai isi dengan media tanam serta tanaman kesayangan Anda.

4. Lampu Tidur

Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk dapat tidur dengan suasana yang nyaman. Salah satunya dengan membuat lampu tidur kreasi Anda. Busa Anda lakukan dengan bahan sederhana seperti potongan kotak kardus ataupun potongan botol. Lubangi bagian sampingnya sesuai dengan gambar yang diinginkan. Pasang lampu beserta dudukan lampu pada bagian bawahnya. Suasana redup kamar Anda akan membantu tidur lebih lelap.

5. Tempat Pensil

Jika di rumah atau ditempat kerja terdapat berbagai alat tulis yang tidak tertata rapi, ini saatnya untuk Anda beraksi. Siapkan bahan seperti botol minuman bekas. Usahakan untuk cari botol dengan sisi yang tidak rata atau dengan sisi yang memiliki siku. Ini difungsikan agar ketika botol diletakkan secara horizontal tidak akan terguling. Letakkan botol secara horizontal dan potong bagian atasnya agar terbuka. Lubang ini digunakan untuk memasukkan alat tulis. Anda bisa memberinya warna menggunakan cat agar lebih terlihat menarik.

6. Dompet

Lagi - lagi dengan kain perca Anda bisa mengexplorasi kreativitas dengan menggunakan kain perca. Pemanfaatan seperti ini akan sangat baik untuk lingkungan. Anda bisa membentuk kain sesuai dengan bentuk dompet yang diinginkan. Berikan sekat-swkat didalamnya untuk memisahkan uang dengan memberikan fouring sebagai penyekqt didalamnya. Setelah itu untuk bagian buka tutup, bisa gunakan resleting seperti tas.

7. Tas

Jika Anda pernah berkunjung ke Dusun Sukunan yang berada di wilayah Sleman, Yogyakarta, bisa Anda temukan berbagai macam kerjainan yang berasal dari barang bekas. Salah satunya adalah tas dari bahan bekas yang berasal dari potongan bungkus plastik yang dijahit membentuk sebuah tas. 

8. Jam Dinding

Jika memiliki sisa potongan kardus ataupun bahan kertas karton janganlah langsung untuk dimasukkan ke tempat sampah. Kertas seperti ini dapat dimanfaatkan untuk membuat jam dinding kesayangan Anda. Jangan khawatir caranya sangat mudah. Anda hanya harus mempersiapkan beberapa alat seperti mesin jam, gunting, pensil dan penggaris. Bentuk jam dengan karton sesuai keinginan dan tempelkan mesin jam dibagian tengah. Jangan lupa menempelkan angka pada kertas karton untuk menunjukkan waktu.

9. Celengan

Kadang uang receh jarang kita perhatikan. Seringkali hilang tanpa disadari. Namun, Anda bisa membuat tempat penyimpanan uang atau celengan sederhana bermodalkan botol air minum yang sudah tidak terpakai. Lubangi bagian atasnya sebagai tempat memasukkan uang recehan. Hiasi dan warnai sesuai selera Anda. 

10. Tempat Buku

Jika kamar tidur Anda belum memiliki rak buku, ini saatnya untuk membuat rak buku kreasi Anda. Dengan bahan sederhana menggunakan bekar kardus tebal seperti kardus TV ataupun bekas kardus kulkas, dapat Anda bentuk menjadi rak buku. Potong kardus sesuai keinginan dan satukan dengan lem dan perkuat dengan potongan siku kardus disampingnya.

11. Hiasan Bunga

Siapa sangka sedotan plastik yang bisa Anda gunakan untuk minum bisa dikreasikan menjadi hiasan bunga? Anda dapat dengan mudah membentuk bunga dari sedotan plastik dengan menggunting bagian atasnya menyerupai kelopak bunga. Simpan di vas tanaman hias Anda.

12. Rumah - Rumahan Hamster

Kayu bekas es krim batangan biasanya akan langsung menjadi sampah, namun jika Anda kumpulkan bisa digunakan untuk membuat rumah - rumahan hamster. Namun, jika Anda tidak memiliki cukup stock stick es krim, Anda dapat membeli stick es krim dalam jumlah banyak di online shop.

13. Bingkai Foto

Selain dapat digunakan membuat rumah hamster, stick es krim dapat Anda gunakan untuk berkreasi membentuk bingkai foto. Tumpuk, satukan dan bentuk menyerupai bingkai dengan menggunakan lem tembak maupun lem kayu. Setelah jadi, bagian tengah bisa Anda sisipkan foto tercantik Anda.

14. Tempat Alat Makan

Barang seperti botol plastik juga bisa dikreasikan untuk membuat tempat alat makan. Bisa dengan posisi bertikal maupun horizontal. Bentuk tempat alat makan ini akan sangat meyerupai dengan tempat alat tulis yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

15. Gantungan Kunci

Jika memiliki botol minuman baik yang berasal dari logam maupun plastik, Anda busa mengubahnya menjadi gantungan kunci sederhana. Caranya sangat mudah namun Anda memerlukan alat bor listrik kecil atau paku untuk melubangi bagian atasnya. Siapkan juga ring besi sebagai pengaitnya. Setelah jadi Anda bisa gunakan di kunci ruangan Anda ataupun kendaraan pribadi Anda.

16. Tempat Tisu

Jika Anda memiliki waktu luang lebih, bisa gunakan waktu luang untuk membuat tempat tisu yang berasal dari kardus qtau karton yang sudah tidak terpakai. Bentuk kotak menggunakan lem kertas lalu berikanlah warna atau motif yang diinginkan.

17. Tempat Sampah

Kardus yang berbentuk kotak bisa Anda fungsikan sebagai tempat sampah. Usahakan untuk memasukkan sampah yang tidak basah agar kardus tidak cepat rusak dan tahan lama. Hanya dengan memotong pada bagian atasnya Anda sudah bisa menggunakan kardus ini sebagai tempat sampah. Namun, tidak ada salahnya untuk menyesuaikan ukuran serta memberikan warna agar tampak lebih estetik.

Related Posts

Posting Komentar