Masakan Jepang Di Indonesia, Apa Saja Ya?

Post a Comment

Masakan Jepang Di Indonesia, Apa Saja Ya?

Masakan Jepang Di Indonesia - Jepang merupakan negara yang memiliki hubungan historis dengan Indonesia. Hubungan masa lalu Jepang yang bertolak belakang dengan Indonesia menjadikan hubungan kedua negara saat ini terasa dekat. Banyak budaya yang ditinggalkan Jepang di Indonesia dari masa lalu. Dan dengan hubungan bilateral yang baik menjadikan proses pertukaran budaya, masakan dan informasi melaju cukup kencang. Jepang kental akan budaya dan kaya akan jenis masakannya, saat ini telah jauh masuk kedalam Indonesia. Salah satunya adalah masakan makanan jepang. Makanan Jepang juga banyak dipromosikan melalui Anime yang beasal dari negeri sakura tersebut. Banyak orang Indonesia yang bisa menerima dengan keberadaan masakan Jepang dan terbukti dengan banyaknya tempat makan ataupun pedagang kaki lima yang berjualan dengan nuansa Jepang, baik dekorasi maupun jenis makanannya. Tapi jangan takut untuk membeli masakan Jepang, walaupun namanya seperti makanan impor mahal, makanan Jepang ini sudah banyak di jual dengan harga yang relatif murah, seperti juga makanan yang dijual di tepi jalan. 

Beberapa Masakan Jepang di Indonesia Diantaranya:

1. Onigiri

Onigiri
Onigiri

Terkenal akan bentuknya yang khas dengan segitiga dengan isian bermacam - macam seperti daging ayam, tuna, salmon ataupun abon menjadikan onigiri memiliki cita rasa yang sesuai dilidah orang Indonesia. Tambahan nori pada bagian luarnya menjadikan citara rasa onigiri semakin gurih. Bahan utama nasi yang digunakannya, menjadikan masakan ini dapat sebagai penganti makanan pokok. Anda dapat menikmati di rumah makan ala jepang, atau saat ini juga telah tersedia onigiri indomaret tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. 

2. Sushi

Sushi
Sushi

Sushi memiliki kemiripan dengan onigiri, sama - sama mengunakan nasi sebagai bahan utama, tetapi dengan penyajian nasi yang digulung dengan isiannya. Sushi biasanya disajikan dengan isian seafood seperti salmon, tuna, kepiting, udang dengan tambahan keju, saos, kecap asin serta mayonaise. Beberapa tempat makan juga memberikan menu sushi dengan isian mentah atau setengah matang. Bagi Anda yang tertarik dengan makan setengah matang, mungkin ini bisa Anda coba. Banyak variasi yang dari sushi, baik dari isian ataupun kulit luarnya. Bahkan ada sushi yang di goreng dahulu sebelum disajikan. 

3. Takoyaki

Takoyaki
Takoyaki

Takoyaki dapat dijadikan camilan di sela - sela kegiatan Anda. Makanan ringan satu ini tebuat dari adonan tepung yang dibuat berbentuk bola - bola kecil dengan isian daging ayam, salmon, tuna, gurita atau keju didalamnya. Seperti di Jepang, saat ini di Indonesia juga sudah banyak pedagang di tepi jalan yang menjualnya. Jika di restoran kamu diberikan sumpit untuk memakannya, bisanya akan digantikan oleh 2 batang tusuk gigi sebagai alat memakannya.

4. Ramen

Ramen
Ramen

Salah satu masakan yang kita kenal sebagai makanan kesukaan Naruto ini adalah mie kuah yang dicampur dengan kaldu. Jika biasanya di Jepang menggunakan kaldu babi, tenang di Indonesia diganti dengan menggunakan kaldu ayam atau sapi. Dalam penyajiannya dengan toping telur, sayur, daun bawang atau nori. Jika Anda sudah mulai bosan dengan mie instan kesayangan Anda, ini pilihan tepat untuk mencoba rasa mie yang berbeda.

5. Dorayaki

Dorayaki
Dorayaki

Dorayaki, Apa yang terlintas dipikiran Anda? Bagi kelahiran 90an pasti hal pertama yang teringat adalah Doraemon. Dalam setial Doraemon, dorayaki adalah makanan favorit dari karakter Doraemon. Tapi apa sebenarnya Dorayaki?  Dorayaki merupakan makanan tradisional dari jepang yang berbentuk cembung. Kedua dorayaki direkatkan dengan selai. Selain itu bisa juga dengan memberikan keju maupun coklat di tengah dorayaki.

6. Shabu shabu

Shabu-shabu
Shabu-Shabu

Shabu - shabu adalah masakan Jepang dengan irisan daging sapi yang dimasak kedalam panci dengan air mendidih dan dicelupkan kedalam kuah khusus sebelum dimakan. Didalam panci rebusan biasanya juga ditambahkan dengan sayuran dan tahu. Bagi yang tidak suka dengan daging sapi bisa diganti dengan daging ayam mauoun kambing.

7. Yakiniku

Yakiniku
Takiniku

Yakiniku, berasal dari dua suku kata"yaki" yang berati dibakar dan "niku" yang berarti daging. Secara umum yakiniku akan dicelupkan kedalam kuah / saos yakiniku sebelum dibakar seperti barberque atau dengan plat dari logam. Selain disediakan daging sapi, daging ayam juga bisa dijadikan pilihan. Rasa yakiniku umumnya gurih dan sedikit manis, rasa yakiniku sangat ditentukan dari saus yakinikunya, inilah yang menjadi ciri khas dari masing - masing restoran yang menyediakan yakiniku. 

8. Teriyaki

Teriyaki
Teriyaki


Teriyaki adalah makanan Jepang yang dimasak dengan cara dipanggang. Sebelumnya, daging akan dilumuri saus teryaki yang terbuat dari kecap dan mirin untuk memberikan cita rasa teriyaki. Daging yang biasa digunakan adalah daging sapi, ayam ataupun ikan. Saus teryaki tadi juga bisa digunakan sebagai celupan daging kerika dimakan.
Inilah Masakan Jepang yang bisa kamu temukan diberbagai wilayah Indonesia, baik di restoran, rumah makan biasa ataupun di pinggir jalan. Selamat kuliner.

Related Posts

Post a Comment