Wanita Hebat Dunia Yang Menginspirasi

Posting Komentar

Wanita Hebat Dunia Yang Menginspirasi - Satu decade terkahir, sering kita mendengar berbagai kisah dari wanita hebat yang memiliki prestasi didunia. Banyak media yang menceritakan kisah-kisah hidup mereka untuk memberikan motivasi dan inspirasi bagi kaum hawa. Berbeda dengan beberapa decade sebelumnya, wanita masih dipandang sebelah mata dalam beberapa aspek kehidupan. Namun, sekarang wanita juga memiliki hak dan kesempatan yang sama hampir dalam semua aspek kehidupan. Di Indonesia, hal ini tidak terlepas dari perjuangan Ibu Kartini yang memperjuangkan kesetaraan wanita dan pria. Di Amerika ada Fannie Lou Hamer , yang juga memperjuangkan hak-hak kaum hawa. Selain itu, sekarang juga muncul banyak wanita hebat dan inspiratif di mata dunia International. 

Berikut adalah beberpa wanita dunia yang dapat menjadi inspirasi:

1. Greta Thunberg

Gretha Thunberg
Gretha Thunberg

Siapa yang tidak tahu tentang wainita muda satu ini? Di mana pun Anda berdiri dalam masalah perubahan iklim, Anda mungkin pernah mendengar nama Greta Thunberg. Aktivis iklim yang baru berusia 18 tahun baru-baru ini dinominasikan untuk Hadiah Nobel untuk tahun ketiga berturut-turut . Remaja, yang dinobatkan sebagai TIME's Person of the Year pada tahun 2019, pertama kali menjadi perhatian internasional ketika dia mulai bolos kelas Jumat setiap minggu untuk berkampanye di luar Parlemen Swedia dengan tanda bertuliskan “Skolstrejk för klimatet” yang berarti “Mogok Sekolah untuk Iklim”. Sejak saat itu, dia telah menarik perhatian para kepala negara, yang telah dia bicarakan tentang masalah iklim dan lingkungan. Thunberg telah mendirikan yayasan nonprofit untuk kampanye #FridaysForFuture-nya.

2. Simone Biles

Simone Biles
Simone Biles

Jika Anda pernah menyaksikan pesenam Simone Biles untuk salah satu rutinitasnya yang mengesankan, pasti anda akan terinspirasi untuk melakukan sesuatu. Wanita berusia 24 tahun itu juga menjadi wanita pertama dalam 42 tahun yang memenangkan empat gelar all-around AS secara beruntun (di Kejuaraan P&G 2016) dan memiliki medali dunia terbanyak dalam sejarah AS (yaitu 14) dan medali emas kejuaraan dunia terbanyak dari pesenam wanita mana pun dan Anda dapat melihat mengapa dia masuk dalam daftar wanita inspirasional ini. Biles, yang didiagnosis dengan ADHD saat kecil, juga dikenal karena berbicara secara terbuka tentang gangguan tersebut dan mendukung mereka yang hidup dengan kondisi kronis. Momen seperti ini menjadi sesuatu perubahan positif dalam semangat olimpiade.

3. Melinda Gates

Melinda Gates
Melinda Gates

Sebagai seseorang  yang dermawan dan pengusaha terkemuka di bidang teknologi, Melinda Gates memperjuangkan kesetaraan perempuan dan bekerja untuk meningkatkan kehidupan orang miskin melalui Yayasan Bill & Melinda Gates, di mana ia menjadi ketua bersama dengan suaminya. Perusahaan investasi Gates, Pivotal Ventures, bertujuan untuk meningkatkan peran dan kekuatan wanita di sektor teknologi. Saat berbicara kepada orang banyak di upacara pembukaan Universitas Stanford pada tahun 2014, dia mengatakan ini tentang membantu orang lain dan berbuat baik: “Optimisme bagi saya bukanlah harapan pasif bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik; itu adalah keyakinan bahwa kita dapat membuat segalanya lebih baik — bahwa penderitaan apa pun yang kita lihat, tidak peduli seberapa buruknya, kita dapat membantu orang jika kita tidak kehilangan harapan dan kita tidak berpaling.” Ada 17 lagi kutipan paling inspiratif dari pidato pembukaan.

4. Kamala Harris

Kamala Haris
Kamala Haris

Belum lama ini terpilih sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat, dia adalah wanita kulit hitam Amerika pertama yang memegang jabatan itu, wanita Asia Selatan pertama yang memegang jabatan itu, dan wanita pertama yang memegang jabatan itu. Sebelum menjadi wakil presiden, ia bertugas di Senat dan sebagai Jaksa Agung California. Wakil Presiden Harris mengatakan bahwa dia mengaitkan rasa keadilan dan aktivismenya yang kuat kepada orang tuanya: “Ibuku akan melihatku dan dia berkata, 'Kamala, kamu mungkin orang pertama yang melakukan banyak hal, tetapi pastikan kamu melakukannya. bukan yang terakhir.'” Wakil Presiden Harris juga terkenal karena keluarganya yang besar, penuh kasih, dan non-tradisional. Pada tahun 2014 ia menikah dengan Doug Emhoff dan menjadi ibu tiri bagi dua anak Emhoff, Cole dan Ella, serta menjadi teman dekat dengan ibu mereka. Dia adalah wanita yang benar-benar modern, dan inspirasi bagi kita semua: Yang pertama, tapi bukan yang terakhir. Kutipan inspirasional dari Kamala Harris ini akan membuat Anda ingin memecahkan beberapa langit-langit kaca Anda sendiri.

5. Amani Ballour

Dr. Amani Ballour
Dr. Amani Ballour

Jika Anda belum pernah mendengar tentang Dr. Amani Ballour, maka Anda harus meluangkan waktu untuk menonton film dokumenter nominasi Oscar The Cave. Film ini menampilkan Ballour dan upayanya yang berani untuk menyelamatkan nyawa di Suriah, menjalankan rumah sakit bawah tanah di Ghouta Timur. “Laki-laki di komunitas kami, mereka berkata, ‘Tidak, Anda harus berada di rumah, atau Anda dapat bekerja di klinik Anda, tetapi tidak untuk menjadi manajer rumah sakit,'” kata Ballour dalam sebuah wawancara dengan Deadline. “Saya bersikeras dan saya ingin menantang mereka dan membuktikan bahwa seorang wanita dapat melakukan pekerjaan ini. Saya harus mendukung wanita karena jika saya berhasil, semua wanita akan didukung. Itu akan membuat pria berpikir bahwa tentu saja wanita bisa sukses dan mereka bisa melakukannya.” Cari tahu 13 hal yang tidak boleh dilakukan wanita 100 tahun yang lalu.

6. Serena Williams

Serena Williams
Serena Williams

Ikon tenis Serena Williams merebut hati para penggemar olahraga di seluruh dunia dengan kecakapan atletik dan dedikasinya pada olahraga ini sejak usia dini. Tapi saat kami melihatnya tumbuh di depan mata kami, Williams telah menjadi lebih dari sekadar inspirasi di lapangan. Seperti banyak rekan-rekannya dalam daftar ini, dia vokal tentang perlunya kesetaraan upah gender dan kesetaraan ras. Tapi dia tidak hanya berbicara, dia berjalan. Pada tahun 2017 ia menjadi duta untuk Allstate Foundation Purple Purse, sebuah proyek yang membahas sisi keuangan dari kekerasan dalam rumah tangga. Melalui Serena Ventures miliknya sendiri, dia bekerja dengan Helping Hands Jamaica untuk membangun sekolah baru di pulau itu dan $3 juta di Mahmee, sebuah startup milik orang kulit hitam yang bertujuan untuk meningkatkan perawatan perinatal dan postpartum untuk ibu dan bayi baru lahir, sebuah tujuan yang dekat dengan hatinya setelah Williams mengalami ketakutan kesehatan yang serius setelah melahirkan putrinya pada tahun 2017. Jangan lewatkan 13 momen yang mengubah sejarah wanita selamanya.

7. Jameela Jamil

Jameela Jamil

 Jameela Jamil

Aktris Jameela Jamil paling dikenal oleh pemirsa televisi Amerika sebagai Tahani Al-Jamil di The Good Place NBC, tetapi bintang kelahiran London ini memiliki tujuan yang jauh lebih besar daripada sekadar membuat pemirsa tertawa. Jamil menggunakan ketenarannya untuk menginspirasi kepercayaan pada wanita dan gadis muda, mengadvokasi diskusi yang lebih besar seputar citra tubuh. Pada tahun 2019 dia memulai kampanye "I Weigh" yang menyerukan wanita untuk lebih fokus pada apa yang ada di dalam daripada apa yang ada di luar diri. “Saya membuat kampanye ini sehingga jika wanita mengalami hari yang buruk atau merasa sedih, mereka bisa datang ke akun ini dan terinspirasi,” katanya dalam sebuah wanancara. “Dan agar mereka tahu bahwa ada lebih banyak hal yang mendefinisikan mereka daripada hanya penampilan mereka.” Cari tahu 20 negara bagian di mana perempuan dapat memilih sebelum pengesahan amandemen ke-19.

8. Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg
Sheryl Sandberg

CEO Facebook Sheryl Sandberg tidak hanya ingin menjadi inspirasi bagi wanita lain, dia ingin membawa mereka ke dalam kelompok dan membantu mewujudkan impian mereka. Terkenal karena memulai gerakan “Lean In”, tujuan organisasi ini adalah untuk menciptakan sebuah dunia di mana orang-orang dari setiap jenis kelamin dapat mengejar impian mereka tanpa bias atau hambatan lain yang menahan mereka. Sementara Sandberg mendapatkan gaji yang lumayan untuk perannya di raksasa media sosial, dia langsung memberikan kembali dengan sumbangan yang murah hati. Menurut perhitungan, eksekutif teknologi telah memberikan sekitar $286,1 juta dalam bentuk amal. Dalam bukunya “Lean In”, dia menulis, “Pada titik tertentu, kemampuan Anda untuk belajar dengan cepat dan berkontribusi dengan cepat itu penting. Wanita perlu mengubah pola piker dari 'Saya belum siap untuk melakukan itu' menjadi berpikir 'Saya ingin melakukan itu  dan saya akan belajar dengan melakukannya’.

Related Posts

Posting Komentar