Makanan Penurun Kolesterol Yang Harus Anda Mulai Makan

Posting Komentar

Makanan Sehat
Makanan Sehat

Makanan Penurun Kolesterol Yang Harus Anda Mulai Makan

Makanan Penurun Kolesterol Yang Harus Anda Mulai MakanPenyakit jantung adalah masalah serius tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Menurut beberapa penelitian, salah satu penyebab terbanyak kematian di dunia adalah penyakit jantung. Jika Anda belum memperhatikan kesehatan jantung Anda, inilah saatnya untuk mulai melakukannya, dan satu langkah utama yang perlu dipertimbangkan adalah hidup sehat dengan makanan penurun kolesterol.

Kolesterol dan Usia

Seiring bertambahnya usia, banyak yang mendapati bahwa kadar kolesterol mereka meningkat. Hal ini karena seiring bertambahnya usia, tubuh cenderung memproduksi lebih banyak kolesterol. Inilah sebabnya mengapa memeriksa kadar kolesterol Anda secara teratur seiring bertambahnya usia sangat penting. Semakin dini Anda dapat mengetahui masalah dengan kolesterol Anda, semakin besar peluang Anda untuk menurunkannya sebelum masalah tersebut hilang kendali dan lebih sulit untuk diselesaikan.

Orang di bawah usia 18 tahun biasanya perlu memeriksakan kolesterol mereka hanya beberapa kali kecuali ada riwayat penyakit jantung yang serius dalam keluarga mereka. Seiring bertambahnya usia, Anda harus memeriksa kadar kolesterol Anda setiap beberapa tahun. Tapi, sekali lagi, Anda mungkin ingin memeriksakannya lebih sering jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung.

Kolesterol dan Berat Badan

Usia bukan satu-satunya faktor yang harus diperhatikan dalam hal kolesterol. Berat badan dapat memainkan peran besar dalam kolesterol tinggi, yang bahkan dapat terjadi pada anak-anak. Anak-anak yang banyak makan makanan olahan berisiko terkena kolesterol tinggi. Dan, tentu saja, orang dewasa juga demikian. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap aktif dan makan makanan sehat untuk menjaga berat badan Anda tetap terkendali, yang pada gilirannya dapat membantu menjaga kadar kolesterol Anda tetap rendah.

Dua Jenis Kolesterol

Low-density lipoprotein (LDL) adalah apa yang sering disebut sebagai kolesterol “jahat”. Inilah yang membentuk sebagian besar kolesterol dalam tubuh Anda, dan kadarnya yang tinggi inilah yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. High-density lipoprotein (HDL) sering disebut sebagai kolesterol “baik”. Kolesterol jenis ini adalah yang menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati Anda, di mana ia kemudian dikeluarkan dari tubuh Anda. Dalam jumlah berlebih, jenis ini baik karena membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol dan Penyakit Jantung

Semakin tinggi LDL (kolesterol jahat) Anda, semakin berisiko Anda terkena penyakit jantung, serangan jantung, stroke, dan banyak lagi. Ini karena kolesterol jahat ini menumpuk di dinding pembuluh darah Anda, sehingga menciptakan "plak" yang menyebabkan bagian dalam pembuluh darah Anda menyempit seiring waktu. Penyempitan itu membuat darah lebih sulit mengalir dari jantung dan organ lain di tubuh Anda, yang berpotensi menyebabkan serangan jantung.

Singkatnya, Anda tidak ingin menempatkan diri Anda pada posisi di mana hal-hal buruk ini mungkin terjadi, terutama jika Anda memiliki kendali atas mereka dengan memilih untuk menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat termasuk memasukkan olahraga teratur ke dalam hidup Anda dengan melakukan aktivitas seperti berjalan kaki, yoga, bersepeda dan banyak lagi. Pasangkan ini dengan diet yang lebih baik yang penuh dengan semua makanan yang tepat, dan Anda akan menemukan diri Anda bekerja menuju kadar kolesterol yang sehat.

Berikut adalah beberapa makanan untuk menjaga kadar kolesterol Anda dalam kisaran yang sehat:

1. Gandum

Oat adalah sarapan yang enak dan mudah yang akan memulai hari Anda di tempat yang tepat. Oat memiliki serat larut di dalamnya, yang menawarkan banyak manfaat tambahan.

2. Alpukat

Jangan takut dengan alpukat karena kandungan lemaknya. Lemak dalam buah ini adalah tak jenuh tunggal, yang membuatnya ideal untuk membantu menurunkan LDL dan meningkatkan kolesterol HDL baik Anda.

3. Kacang

Studi menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang tanah baik untuk jantung Anda. Pastikan Anda menargetkan hanya 2 ons kacang sehari dan jangan berlebih.

4. Sayuran

Sayuran sangat baik untuk banyak hal, tetapi kolesterol bukanlah salah satu yang dipikirkan banyak orang. Anda harus menjaga kadar kolesterol Anda tetap rendah karena kaya akan serat dan antioksidan. Beberapa sayuran sangat tinggi pektin, yang merupakan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol. Sayuran kaya pektin termasuk wortel, ubi jalar, labu, kacang polong, dan kacang hijau.

5. Ikan berlemak

Dengan makan lebih banyak ikan berlemak seperti salmon, Anda meningkatkan kadar LDL – kolesterol baik. Ini berkat omega-3 dalam ikan.

6. Buah

Banyak buah-buahan di luar sana mengandung serat larut, yang dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Ini karena serat membantu tubuh Anda mengeluarkan kolesterol, yang membuat segala sesuatunya bergerak. Berries, khususnya, adalah buah yang sangat baik untuk membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.


 

Related Posts

Posting Komentar