Kain Toyoba: Ciri - Ciri, Kelebihan, Kekurangan dan Harga

Posting Komentar

Kain Toyoba: Ciri - Ciri, Kelebihan, Kekurangan dan Harga
Kain Toyoba

Kain Toyoba - Kain katun, kain linen dan kain sutra mungkin sudah sering kita dengar. Bagaimana dengan kain toyoba? Bagi beberapa orang tentu ini masih sedikit asing didengar. Kain ini mulai di buat di Jepang oleh sebuah perusahaan bernama Toyoboseki Kabushiki-gaisha. Mulanya kain ini banyak ditemukan di Negara Jepang untuk digunakan dalam bermacam kerajinan maupun untuk busana. Selanjutnya seperti kain katun, kain toyoba atau disebut sebagai kain toyobo masuk ke Indonesia. Tak disangka kain ini mendapatkan respon yang cukup baik Indonesia dan pada akhirnya banyak digunakan sebagai bahan untuk berbagai macam pakaian. 

Baca juga : Perbedaan Cotton Combed 24s dan 30s

Apa itu Kain Toyoba

Kain toyoba merupakan salah satu jenis bahan kain Jepang. Salah satu bahan dalam pembuatan kain toyoba adalah bahan katun. Ini juga menjadikan kain toyobo masuk kedalam salah satu jenis kain berbahan katun. Walaupun berasal dari Negara Jepang, kain toyoba telah dapat diproduksi di dalam negeri walaupun kualitasnya belum sebagus kain toyobo jepang. Jadi jika kita membeli Kain katun toyobo di toko kain, biasanya kita akan diberikan 2 pilihan yaitu kain katun toyoba lokal dan toyoba impor. 

Ciri - Ciri Kain Toyoba

Sebelum kita membeli kain Toyobo, ada baiknya kita mengetahui dulu bagaimana ciri - ciri kain toyoba agar tidak salah saat membeli dan menggunakannya.

1. Serat Rapat

Jika dilihat, serat pada kain toyobo sangat rapi dan sangat rapat. Ini juga dikarenakan pembuatan kain toyobo menggunakan mesin berkualitas tinggi. Jadi kain ini tak perlu diberikan lapisan dalam saat pembuatan pakaian.

2. Tidak Terawang

Kain ini juga cukup tebal karena menggunakan serat kain katun. Dengan ketebalannya ini akan membuat kain tidak terawang jika terkena sinar cahaya. Jadi dengan trend hijab saat ini, kain toyoba bisa digunakan untuk berbagai keperluan hijab baik pakaian atau jilbab.

3. Bahan Halus

Jika kain tebal biasanya akan mempunyai tekstur yang kasar, sebaliknya kain toyobo memilik tekstur yang super halus. Ini juga disebabkan oleh kerapatan serta pembuatannya serta bahan kain yang digunakan. Tentu akan membuat kulit nyaman saat saat kain bersentuhan.

4. Tidak Glossy

Bagi yang tidak suka dengan kain yang mengkilap, ini busa menjadi salah satu opsi. Kain yang tidak mengkilat akan sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pakaian santai. Walaupun begitu, dengan kualitasnya kain akan terlihat sebagai kain berkualitas premium.

5. Jatuh Kebawah

Permasalahan klasik dalam pakaian adalah pakaian mudah menjadi kusut. Dengan kusutnya pakaian tentu membuat pakaian tidak enak untuk dipandang. Jadi, Anda harus sangat berhati-hati saat menggunakannya. Tetapi kain toyobo bersifat jatuh kebawah sehingga pakaian Anda akan tidak mudah menjadi kusut.

6. Tidak Panas

Dengan ketebalan kain toyobo, mungkin akan banyak mengira bahwa kain akan bersifat panas. Walaupun memang panas tubuh akan tertahan di bagian dalam pakaian, tetapi sebaliknya jenis ini tidak akan membuat panas pemakainya. Jadi tak perlu khawatir dengan kondisi panas di Indonesia, kain katun toyoba tidak akan membuat panas pemakainya.

7. Menyerap Keringat

Salah satu keuntungan kain yang memiliki kandungan katun adalah kemampuannya dalam menyerap air. Kita juga tahu bahwa dengan iklim tropis indonesia yang cukup panas di setiap tahunnya membuat sebagian orang akan mudah berkeringat. Apalagi jika sedang berada diluar ruangan. Untuk itu, ini bisa menjadi pilihan bahan kain yang cocok dengan kondisi Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Toyoba

Kelebihan dan Kekurangan Kain Toyoba
Kelebihan dan Kekurangan Kain Toyoba

Sebelum memilih menggunakan sebuah kain dalam pembuatan pakaian, perlu dipahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kain yang nantinya dapat menjadi nilai positif dalam mempromosikan produknya. Berikut kelebihan dan kekurangan kain katun toyoba.

Kelebihan Kain Toyoba

  1. Memiliki Beberapa Pilihan
  2. Warna Tahan Lama
  3. Tidak Membentuk Leluk Tubug
  4. Memiliki Banyak Varian Warna
  5. Dapat Digunakan Berbagai Jenis Pakaian

Kekurangan Kain Toyoba

  1. Harga Kain Mahal
  2. Banyak Kain Imitasi
  3. Susah Didapatkan 

Harga Kain Toyoba

Harga kain ini tentu akan berbeda - beda di setiap toko dan setiap wilayah. Harga kain ini didapatkan pada awal tahun 2022 di Wilayah Sidoarjo dan Surabaya, Jawa Timur. Pada toko supplier pertama memberikan 2 pilihan kain katun toyobo yaitu toyobo dengan kualitas sedang dan tinggi. Kami asumsikan bahwa kain ini merupakan kain toyobo lokal dan kain toyobo import. Kain ini ditawarkan dengan harga 21 ribu / meter untuk kualitas sedang dan 31 ribu / meter untuk kualitas tinggi. Sedangkan di toko kain wilayah Kota Surabaya terdapat perbedaan sekitar 8 - 10 ribu di setiap jenis kain toyobo. 

Perbedaan Kain Toyoba dan Kain Katun

Membedakan kain tentu sangat penting saat memilih bahan. Ini dilakukan untuk menentukan apakah kain yang dibeli telah sesuai dengan apa yang diinginkan. Antara kain toyobo dan kain katun memag agak sulit untuk dibedakan.Walaupun keduanya berasal dari Jepang, kain katun Jepang terlihat lebih tipis. Sedangkan kain toyoba jika dipegang akan terasa lebih tebal. Ini karena kain toyobo bukan berasal dari 100% katun melainkan berasal dari campuran bahan yang dibuat dengan mesin terbaik. Kain toyobo jika di gantung dari atas maka akan langsung terasa jatuh kebawah. Biasanya harga dari kain toyobo asli akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kain katun jepang. 

Perbedaan Kain Toyoba dan Kain Ima Slub

Toyoba sendiri tidak pernah membuka cabang produksi di Indonesia. Ini membuat banyak kain yang bermunculan memiliki ciri yang hampir sama. Kain ima memang ada beberapa macam, namun jenis Ima Slub inilah yang hampir menyerupai kain toyoba. Jika kedua kain disandingkan, maka akan terlihat jelas perbedaan tekstur kainnya. Ima Sub akan terlihat jelas tekstur kainnya tebal melintang. Sedangkan kain katun toyoba akan terlihat lebih halus dan rapat. 

Kegunaan Kain Toyoba

Kegunaan Kain Toyoba
Kegunaan Kain Toyoba

Bahan kain akan menentukan kenyamanan dalam penggunaannya. Untuk itu, setiap jenis kain memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada Kain Katun Toyoba, banyak sekali kegunaan kain ini, berikut daftarnya.

1. Kemeja

Pernah terpikirkan untuk membuat kemeja dari kain Toyoba? Memang belum banyak yang menggunakan pakaian ini sebagai bahan kemeja, tapi patut dicoba karena jenis ini sangat nyaman digunakan baik pada kemeja pria dan wanita.

2. Dress

Pakaian wanita jenis dress biasa digunakan untuk acara formal dan semi formal. Kain jenis toyoba sangat cocok karena dapat langsung jatuh ketika digunakan. Ini membuat dress tidak mudah kusut.

4. Celana dan Rok

Banyak sekali jenis celana dan rok yang bisa menggunakan kain ini. Jenis bawahan panjang yang lurus kebawah biasanya akan mudah kusut ketika sering digunakan dalam posisi duduk. Dengan kain yang jatuh ke bawah akan mengurangi risiko kusut pada bagian belakang celana maupun rok.

5. Outwear

Outwear akan menambah tebal pakaian yang digunakan. Ini juga berisiko menjadikan pakaian lebih panas. Untuk itu diperlukan jenis bahan kain yang tidak terlalu panas dan mudah menyerap keringat. Toyoba menjadi salah satu opsinya.

6. Masker

Di saat transisi era pandemi seperti sekarang, masker masih menjadi sebuah kebutuhan. Untuk mengurangi cost diperlukan masker yang dapat dicuci. Masker kain toyoba bisa dipilih karena tebal dan memiliki tekstur yang lembut. 

Kesimpulan

Kain Toyoba merupakan kainyang diimport dari negara Sakura. Oleh karena itu kain asli toyoba masih dibandrol dengan harga yang terbilang mahal dan di beberapa daerah masih sulit didapatkan. Kegunaan kain Toyobo sangat luas karena memiliki tekstur halus dan nyaman ketika menyentuh kulit. Namun perlu diperhatikan, karena banyak kain yang hampir memiliki kesamaan dengan kain ini sehingga kadang ada yang menjual kain toyobo palsu. Pahami dan amati ciri - ciri kain toyoba asli sebelum membelinya. 

Related Posts

Posting Komentar