Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey

Posting Komentar

Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey
Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey

Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey - Bahan kain banyak sekali jenisnya. Bahan kain ini memiliki fungsi yang berbeda-beda dan nantinya akan menentukan kenyamanan penggunanya. Selain itu, jenis yang digunakan juga tergantung dengan apa yang akan dibuat. Jadi antara kaos, jilbab, kemeja dan jaket tentu harus dibedakan jenis kainnya. Jika pakaian yang dibuat akan diperuntukkan pada kegiatan luar ruangan atau outdoor tentu bahan yang cocok digunakan adalah bahan yang tipis dan mudah menyerap keringat. Hal-hal seperti ini haruslah menjadi perhatian khusus agar kenyamanan dalam penggunaannya tidak terabaikan. Salah satu jenis bahan kain yang cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuat kaos adalah kain hyget dan jersey. Kedua jenis kain ini memiliki kemiripan sehingga terkadang sulit untuk dibedakan oleh orang awam. Lalu apa perbedaan bahan hyget dan jersey? Yuk kita bahas bersama. 

Apa Itu Bahan Hyget?

Gambar Kain Hyget
Gambar Kain Hyget

Bahan kain hyget merupakan kain yang sering digunakan sebagai bahan pembuat kaos. Terbuat dari gabungan polyester dan spandek yang menjadikan kain ini tipis serta ringan saat dikenakan. Dengan campuran bahan sintetis, menjadikan kain ini memiliki harga yang lebih murah. Dengan harga yang relatif murah tentu akan sebanding dengan kualitasnya yang sedikit kasar jika diraba. Tetapi, keunggulan kain ini adalah mudah dengan cepat untuk diberikan desain sablon. 

Jika masa pemilihan umum tiba, akan banyak partai politik yang membagikan kaos. Nah, disinilah keunggulan bahan kain hyget yang mampu diberikan desain sablon dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak. 

Karakteristik Bahan Kain Hyget

Dalam memilih sebuah bahan kain tentunya kita pahami dahulu bagaimana karakteristik dari kain tersebut. Ini penting bagi para pembuat pakaian ataupun pembeli pakaian agar apa yang dibeli bisa sesuai dan nyaman untuk digunakan. Berikut ini beberapa karakteristik dari bahan kain hyget.

  1. Tidak menyerap keringat dengan baik;
  2. Tidak gampang kusut;
  3. Sedikit Mengkilap;
  4. Bahan Kain Tipis;
  5. Sedikit kasar;
  6. Harga relatif murah; 

Jenis Bahan Hyget

Ada beberapa pilihan bahan kain yang bisa kamu pilih. Bahan kain hyget ini juga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Berikut jenis bahan kain hyget.

1. Bahan Hyget Biasa

Bahan hyget biasa merupakan tipe terendah dari jenis kain ini. Bukan hanya dari segi kualitas, selaras dengan kualitasnya harga yang ditawarkan juga merupakan harga terendah di tipe tersebut. Kain ini sering digunakan pada pembuatan kaos pada event - event tertentu misalnya pada pemilu, pilkada ataupun konser. Harga kain hyget biasa sekitar Rp. 12.500,00 per meternya.

2. Bahan Kain Hyget Premium / Super

Kain hyget super atau dikenal sebagai kain hyget premiun merupakan tipe kain yang memiliki kualitas di lebih baik dari hyget biasa. Dengan sebutannya sebagai kain hyget super atau kain hyget premium membuat harganyapun menjadi sedikit lebih tinggi. Namun, kualitasnya memang cukup baik dengan bahan yang lebih tebal dan rongga di kainnya terlihat lebih rapat. Ini membuat kain ini lebih cocok apabila digunakan untuk membuat pakaian wanita ataupun pria. Harga Kain Hyget super sekitar Rp. 19.000,00 setiap meter.

3. Bahan Hyget Balon

Memiliki kualitas yang hampir sama dengan kualitas bahan hyget premium, kain ini hadir dengan tekstur yang lembut serta sudah nyaman ketika digunakan. Bahkan dalam kondisi cuaca panas, kain ini terasa lebih adem dibandingkan dengan kain sebelumnya. Biasanya kain ini dipakai dalam membuat kaos olahraga dengan kualitas KW super, seperti kaos sepakbola, bulutangkis hingga basket. Kain ini telah memiliki penyerapan keringat yang lebih baik dari kain sebelumnya. Harga kain hyget balon 22.000 rupiah per meter.

4. Bahan Kain Hyget Serena

Dari ketiga jenis bahan hyget yang disebutkan sebelumnya, jenis hyget serena menempati puncak kualitas tertinggi. Bagaimana tidak, kain ini telah memiliki kerapatan yang sangat tinggi, tektur yang halus ketika diraba, bahan yang tebal serta bahan kain yang adem ketika digunakan. Nah, kain inilah yang biasanya banyak digunakan untuk membuat kaos tim olahraga lokal. Biasanya banyak yang telah menggunakan brand sendiri karena memang jenis jenis ini sangat nyaman digunakan. Namun, jika kamu ingin menggunakan tipe ini perlu merogoh kocek lebih dalam karena harga yang ditawarkannya cukup mahal. Harga kain ini paling mahal sekitar 25 - 35 ribu tiap meternya. 

Apa Itu Kain Jersey?

Gambar Kain Jersey
Gambar Kain Jersey

Kain Jersey adalah kain yang berasal dari campuran dari katun dan polyester. Kain ini merupukan kain yang memiliki kualitas cukup bagus mengingat dapat menyerap keringat dengan efisien. Dengan cuaca tahunan di wilayah Indonesia yang cukup panas, kain ini sangat cocok untuk digunakan baik harian ataupun untuk berolahraga. Tipenya yang luwes dan memiliki tingkatan ketebalan menbuatnya menjadi banyak diminati. Jika dilihat dengan seksama, kain memiliki kerapatan yang luar biasa hingga pada tangan aka terasa sangat halus. 

Karakteristik Kain Jersey

Tentu akan lebih baik apabila kita sebagai produsen atau konsumen sama - sama mengetahui bagaimana sih karakteristik bahan kain jersey mulai dari ciri - ciri kain jersey hingga sifatnya. Berikut selengkapnya.

  1. Kain jersey hampir tidak terlihat seratnya;
  2. Lentur dan luwer;
  3. Warna cerah;
  4. Terdapat pilihan motif dan polos;
  5. Menyerap keringat;
  6. Adem ketika digunakan;
  7. Terdapat pilihan tingkat ketebalan;
  8. Harga cukup mahal.

Jenis Kain Jersey

Berikut ini jenis - jenis kain jersey yang biasa didapatkan dipasaran.

1. Bahan Kain Jersey Dry Fit

Kain jersey drift adalah bahan kain yang paling banyak digunakan pada pakaian olahraga dengan kualitas premium. Kain ini memiliki pori - pori yang cukup terlihat kasat mata. Namun, dengan kualitas yang sangat baik tipe ini di desain dengan tekstur yang sangat halus. Sangat cocok untuk digunakan sebagai pakaian olahraga karena sangat adem. Harganya cukup terjangkau antara 13 - 25 ribu tiap meter.

2. Jersey High Twist

Tipe ini terkenal dengan bahan yang cukup tebal. Selain itu teksturnya juga terlihat cukup mengkilat. Komposisi bahan pembuat lebih condong ke bahan sintetis. Oleh karena itu akan terasa lebih panas digunakan. Jenis ini sering digunakan sebagai bahan celana, dasi ataupun pakaian sekolah. Harga bahan ini sekitar 18 hingga 25 ribu per meter.

3. Bahan Kain Jersey Serena

Kain jersey serena merupakan kain dengan campuran bahan nilon, polyester, dan spandeks. Karena tidak terdapat campuran katun seperti kain jersey premium, tipe ini tidak mudah menyerap keringat tetapi tetap bersifat elastis dan mengkilat. Dengan harga yang lebih terjangkau, maka sering digunakan pula sebagai salah satu opsi pembuatan paiakain di event tertentu. Harga yang ditawarkan berkisar 25 - 35 ribu per meter.

4. Jersey Spandek

Kain jersey spandek merupakan kain yang memiliki kualitas cukup baik. Kain ini sering disebut juga dengan kain jersey premium, kain jersey super ataupun kain jersey korea. Bahannya sangat nyaman dan adem, untuk itu cocok digunakan sebagai bahan pakaian wanita seperti gamis ataupun jilbab. Harga Kain Jerset premium per meter berkisar antara 35 hingga 45 ribu. 

Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey

Dari pembahasan diatas, keduanya memiliki persamaan maupun perbedaan. Selain itu terdapat pula berbagai jenis dari setiap tipenya. Berikut ini adalah perbedaan bahan hyget dan jersey.

1. Ketebalan

Hyget rata - rata lebih tipis daripada jersey. Tetapi ada juga kain jersey yang tipis menyerupai. Kain jersey memiliki ketebalan yang variatif.

2. Tekstur

Teksturnya hyget lebih berongga sedangkan jersey sangat rapat. Ada juga jersey yang berongga tetapi memiliki kualitas sirkulasi yang sangat baik.

3. Sifat

Sifat hyget lebih panas sedangkan jersey kebanyakan lebih dingin karena hampir semua jersey mengandung bahan katun.

4. Kegunaan

Kegunaan keduanya sangat variatif tergantung tingkat kualitas. Hyget lebih condong ke pakaian olahraga KW super sedangkan jersey pakaian olahraga original.

5. Motif

Hyget hanya menyediakan tipe kain warna yang polos sedangkan jersey memiliki berbagai motif gambar yang bermacam-macam.

6.  Harga

Harga menentukan kualitas. Jersey dipandang lebih baik dari kain hyget sehingga kualitas tertingginya memiliki harga yang tinggi. 

Kesimpulan

Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey bagi orang awam mungkin akan susah dibedakan. Apalagi dengan macam dan jenis kedua tipe yang sangat bervariasi. Perbedaan yang paling kontras antar keduanya adalah motif. Ketika melihat bahan sejenis, maka yang memiliki motif pastilah bahan kain jersey.

Related Posts

Posting Komentar