9 Jenis Sablon Polyflex Yang Sering Digunakan

Posting Komentar
Jenis Sablon Polyflex
Jenis Sablon Polyflex

Jenis Sablon Polyflex - Banyak sekali jenis sablon yang sering digunakan dalam industri sablon mulai dari manual hingga digital. Teknik digital saat ini mulai berkembang dengannpesat dan banyak digunakan karena dirasa lebih praktis dan lebih hemat. Salah satu jenis sablon digital yang banyak digunakan adalah jenis sablon polyflex. Sablon polyflex adalah sebuah teknik sablon yang menyerupai stiker atau vinyl. Teknik ini menggunakan sebuah alat yang tekan yang disebut dengan heatpress. Hasil dari alat ini akan memberikan hasil yang elastis sehingga memberikan kualitas yang baik dan tahan lama.

Dalam perkembangannya, polyflex telah berkembang dan muncul berbagai jenis sablon polyflex. Setiap jenis polyflex biasanya akan digunakan dalam kegunaan tertentu. Sebagai contohnya polyflex yang biasa sering digunakan untuk membuat nama atau nomor punggung pada pakaian jersey sepakbola. Tetapi dalam prosesnya, polyflex biasa juga bisa diaplikasikan kedalam berbagai jenis kain lainnya.

Bagi yang belum terlalu mengenal tentang jenis sablon polyflex, berikut ini akan kami sampaikan tentang beberapa jenis sablon polyflex 

Macam - Macam dan Jenis Sablon Polyflex

Alat Sablon Polyflex
Alat Sablon Polyflex

1. Polyflex PVC 

Jenis Sablon Polyflex PVC merupakan bahan yang sering digunakan pada pakaian lokal. Sablon ini terbilang cukup tebal namun bersifat elastis. Ini membuat sablon akan tetap melekat kuat pada kain yang memiliki sifat lentur seperti pada pakaian olahraga basket, sepakbola ataupun futsal. Ketebalan dari jenis ini juga membuat bahan tersebut cukup baik untuk diimplementasikan pada pembuatan logo di kain. 

2. Polyflex PU 

Secara tekstur polyflex PU tidak berbeda jauh dengan PVC. Namun, ketebalan dari sablon ini sedikit lebih tipis. Tentunya dengan tipe yang lebih tipis akan membuat pakaian menjadi lebih rapi dan terlihat menyatu. Selain digunakan pada pada pakaian, dapat juga digunakan pada tetebag lipat. Ini dimungkinkan karena ketahanan dan kualitasnya yang baik sehingga dapat dilipat tanpa menghancurkan sablonnya. 

3. Polyflex Flock

Ciri khas dari adalah menghasilkan desain degan warna beludru. Untuk pilihan warnanya sedikit lebih terbatas daripada yang lainnya. Bahan pembuatannya biasanya berasal dari korea walaupun saat ini juga sudah tersedia buatan lokal namun masih terbatas. Penggunaannya juga bisa dikombinasikan dengan jenis lainnya untuk memberikan kesan elegan. Namun, karena bahan flock masih terbatas membuat harganya terbilang cukup tinggi.

4. Polyflex Metalic

Sesuai dengan namanya, polyflex metalic qkan memberikan sebuah efek berkilauan pada desain yang disematkan pada pakaian. Kilauan ini menjadi ciri khas dari polyflex metalic ketika terkena cahaya atau sinar. Dengan kualitas yang cukup baik seperti ini membuat harganya bisa tinggi. Dan salah satu contoh brand terkemuka yang telah menjual produk dengan sablon jenis ini adalah produk dari Puma. 

5. Glitter

Glitter menjadi salah satu sablon dengan hasil yang berkilauan selain metalic. Gliter biasa digunakan pada pakaian anak-anak untuk menarik perhatian. Berbeda dengan metalic, jenis ini tidak semahal metalic dan banyak digunakan pada produk lokal pakaian anak. 

6. Polyflex Printable

Sesuai dengan namanya printable, jenis ini dibuat dengan menggunakan printer dan tinta khusus. Tinta yang digunakan biasa dibut dengan tinta eco selvent. Dengan teknik printing tersebut membuat hasil warnanya menjadi halus dan dapat dilakukan gradasi dalam mempercantik tampilan. 

7. Polyflex Carbon

Ciri khas dari polyflex carbon adalah hasil desainnya yang membuat seolah - olah seperti 3D. Dengan tekstur lembut dan halus dengan kombinasi 3D membuat jenis sablon polyflex ini banyak digemari dan dijual dengan harga yang cukup tinggi. Pastinya harga tinggi ini sangat sesuai dengan kualitasnya. 

8. Polyflex Reflective

Reflective berarti memantulkan sebuah bayangan. Nama ini diberikan karena jenis dari produk ini akan menghasilkan suatu bayangan ketika terkena pantulan cahaya dari sudut tertentu. Selain sering digunakan untuk pakaian, produk ini juga untuk membuat sticker pada kendaraan. 

9. Polyflex Glow In The Dark

Glow in the dark yang dapat diartikan menyala dalam gelap. Cocok digunakan bagi Anda yang suka keluar malam. Dengan pantulan cahaya semininal mungkin akan membuat sablon seperti menyala. Dapat juga dijadikan sebagai pakaian anak-anak yang tentunya akan membuat sang anak tertarik untuk memakainya karena memiliki efek menyala dalam gelap. 

Kesimpulan

Jenis sablon polyflex termasuk dalam salah satu jenis sablon digital. Perkembangannya cukup pesat hingga menjadikan sablon ini memiliki banyak jenis sablon. Setiap jenisnya akan memiliki kekurangan dan kelebihan yang nantinya digunakan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis sablon polyflex diantaranya PVC, PU, Flock, Metalik, Glitter, Printable, Carbon, Reflective dan Glow In The Dark.

Related Posts

Posting Komentar