Perbedaan Laminasi Glossy dan Doff Yang Perlu Dipahami

Posting Komentar

Perbedaan Glossy dan Doff
Perbedaan Glossy dan Doff

Perbedaan Laminasi Glossy dan Doff - Apa hal yang terpikirkan pertama kali ketika mendengar kata glossy dan doff? Sebagian dari kita pasti terpikirkan tentang percetakan. Walaupun sebenarnya kata glossy dan doff itu bermakna sangat luas tidak hanya tertuju pada percetakan, tetapi pada percetakan kata ini lebih sering digunakan. Selain percetakan, kata tersebut juga mewakili warna - warna lain seperti pada warna kain ataupun warna cutting sticker. 

Dalam percetakan, keduanya digunakan pada produk seperti poster, foto, lefleat, undangan dan lain sebagainya. Ketika akan mencetak, kita pasti akan ditawarkan apakah hasil cetaknya akan dilaminasi atau tidak. Tentunya dengan tambahan tersebut akan menambah sedikit biaya percetakan. 

Sedangkan pada bahan kain, perbedaan glossy dan doff mengacu pada warna kain apakah berkilau atau tidak. Namun, penggunaan kata tentang glossy serta doff pada bahan kain tersebut lebih jarang digunakan dibandingkan dalam dunia percetakan.

Selain itu, ada juga penggunaan kata tersebut pada pembuatan sticker baik sticker tempel biasa atau cutting sticker untuk kendaraan bermotor. Pada bidang ini, sticker  glossy diartikan sebagai sticker yang lapisannya seperti plastik putih bening yang memantulkan sinar. Dan sticker doff diartikan sebagai sticker yang tidak memantulkan cahaya, bahkan cenderung menyerap cahaya dan warnanya lebih terlihat solid. 

Nah, inilah berbagai perbedaan lamimasi glossy dan doff dalam berbagai bidang. Dan selanjutnya kita akan lebih dalam mengulas tentang perbedaan glossy serta doff dalam bidang percetakan khususnya laminasi.

Apa Itu Laminasi? 

Sebelum membahas tentang perbedaan glossy dan doff, kita akan sedikit membahas tentang laminasi dalam dunia percetakan. Laminasi ada sebuah proses dimana dilakukan pelapisan pada suatu objek seperti kertas. Laminasi ini dilakukan pada kedua sisinya sehingga tertutup dengan rapat dengan tujuan agar tahan lama. Proses ini dilakukan dengan mesin press bertekanan tinggi. 

Perbedaan Laminasi Doff dan Glossy

Perbedaan Glossy dan Doff
Contoh Laminasi Doff

Laminasi Glossy

Laminasi glossy merupakan sebuah proses pelapisan sebuah objek dengan lapisan plastik dan dikompresi dengan mesin press tekanan tinggi. Lapisan yang digunakan menggunakan plastik yang dapat memantulkan cahaya. Lapisan glossy ini membuat objek yang dilapisi menjadi terjaga dari kotoran dan air. Tetapi dengan laminasi glossy akan membuat menjadi licin dan sidik jarindengan mudah membekas. Jenis laminasi glossy terbagi menjadi 2 yaitu:

1. Glossy AQ

Jenis ini sering disebut juga semi glossy yang merupakan gabungan antara glossy serta matte. Perbedaan dengan glossy biasa yaitu jika dipegang sidik jari tidak akan langsung menempel.

2. Glossy UV

Jika digambarkan maka laminasi ini berada diantara glossy biasa dan glossy AQ. UV ini membuat laminasi menjadi lebih mengkilat.

Laminasi Doff

Tujuan laminasi doff ini sama halnya seperti glossy. Perbedaanya adalah pada bahan yang digunakan. Walaupun sama - sama menggunakan plastik, doff ini tidak akan memantulkan cahaya yang begitu banyak. Warna yang dihasilkan dari laminasi ini seperti lebih padat. Perbedaan lainnya adalah pada teksturnya yang kasar dan dapat membuat objek tidak menjadi licin. Laminasi doff terbagi menjadi 2 yaitu:

1. Standar

Ini merupakan jenis doff tetapi pada area tertentu dapat memantulkan cahaya yang membuatnya nampak mewah. Biasanya bagian yang dapat memantulkan cahaya adalah bagian teksnya. 

2. Sutra

Tipe ini merupakan tipe doff yang lebih mahal dibandingkan doff standar. Tentu saja hasilnya akan nampak lebih mewah dengan warna halusnya.


Kesimpulan

Laminasi merupakan proses pelapisan yang berfungsi untuk menjaga kualitas suatu objek. Ada 2 jenis laminasi yaitu glossy dan doff. Perbedaan glossy dan doff yang paling signifikan adalah pantulan cahayanya. Glossy akan lebih memantulkan cahaya daripada doff. Selain itu tekstur glossy lebih licin dibandingkan doff. Walaupun berfungsi untuk memberikan perlindungan, tetapi tetap perhatikan agar kertas tidak terlipat karena laminasi tidak memberikan perlindungan terhadap yang satu ini.

Related Posts

Posting Komentar