Bahan Taslan: Karakteristik, Perbedaan dan Harga

Posting Komentar

Bahan Taslan
Bahan Taslan

Bahan Kain Taslan - Pakaian penghangat badan tentu banyak sekali jenisnya. Jenis pakaian akan bergantung pada bahan pembuatnya. Pakaian ini juga biasanya difungsikan sebagai penahan udara dingin dikala malam hari. Bahan parasut tentu sudah sering didengar, tetapi bagaimana dengan bahan taslan? Kedua bahan ini sering digunakan sebagai bahan pakaian penghangat badan seperti untuk lapisan jaket. Nah sebelum lebih jauh membahas tentang bahan taslan, kita akan membahas terlebih dahulu pengertian tentang apa itu bahan taslan? Berikut penjelasannya. 

Apa Itu Bahan Taslan?

Bahan taslan merupakan sebuah kain sintetis yang dibuat melalui sistem produksi yang canggih. Bahan utama nya adalah nilon atau polyester. Proses pembuatannya menggunakan alat canggih yang mampu menjalin serat sintetis menjadi rapat dan kuat. Dengan kerapatan yang tinggi kain ini dapat kedap terhadap udara ataupun air dan mampu digunakan dalam waktu yang cukup lama. Dalam kondisi cuaca yang dingin, kain mampu menjaga panas tubuh didalam jaket agar panas badan tidak mudah terbuang keluar. Pada beberapa produk jaket, biasanya akan ditambahkan pelapis kain tebal yang lembut untuk lebih memberikan rasa nyaman serta menahan panas tubuh. 

Ciri - Ciri Bahan Taslan

1. Terbuat Dari Bahan Sintetis

Serat utama pembuat bahan taslan adalah serat polyester yang sangat kuat. Serat ini tidak selembut serat katun namun cukup halus apabila terkena kulit. Jika kedua kain taslan bersentuhan akan mengeluarkan suara gesekan tapi tidak separah kain parasut.

2. Kedap Air

Dengan kerapatan yang tinggi dan sifat kain yang tidak menyerap air, bahan taslan akan menjadi kedap air. Air tidak qkan dengan mudah masuk kedalam pakaian yang menggunakan bahan jenis ini.

3. Kerapatan Tinggi

Jika dilihat secara langsung dan diperhatikan dengan seksama maka tidak akan terlihat space pada setiap jalinan seratnya. Ini dikarenakan alat yabg digunakan dalam mengabungkan serat polyester adalah alat cangih yang modern.

4. Bahan Kuat

Dengan kerapatan dan kualitas yang baik, jika di tarik bahan kain akan kuat dan tidak mudah sobek. Jangan khawatir apabila bahan ini ditujukkan pada pakaian yang akan digunakan dalam jangka panjang.

5. Anti Jamur

Dengan sifat yang tidak menyerap air, maka kain akan mudah kering. Walaupun ditempatkan di ruangan yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung, kain akan kering dengan sendirinya. Ini yang menjadikan bahan taslan memiliki sifat anti jamur. 

Perbedaan Bahan Taslan dan Parasut

Bahan taslan memiliki kesamaan dengan nahan parasut. Sama sama digunakan sebagai lapisan jaket, keduanya sama sama terbuat dari bahan sintetis. Lalu untuk membedakannya, kita akan mempelajari apa saja perbedaan bahan taslan dan parasut. Berikut perbedaannya.

1. Ketebalan

Pembeda pertama dari kedua jenis kain ini adalah ketebalannya. Taslan memiliki bahan yang lebih tebal sedangkan parasut terlihat sangat tipis. Karena tipisnya bahan ini maka parasut tidak cocok untuk digunakan langsung pada negara yang memiliki ikim dingin ekstrem. Parasut lebih cocok digunakan sebagai, ouwear untuk berolahraga untuk membalar lemak. Sedangkan taslan karena lebih tebal cocok untuk digunakan dalam kondisi cuaca dingin.

2. Tekstur

Pada bagian luar jenis bahan taslan dan parasut memiliki teksur yang hampir sama dan sangat sulit untuk dibedakan. Yang dapat dengan mudah dibedakan adalah pada bagian dalam. Jika parasur kedua sisinya sama persisi. Sisi dalam taslan berbeda karena memiliki lapisan tambahan seperti karet tipis. Jenis bahan taslan bisa dibedakan berdasar lapisan dalamnya yaitu taslan bening, taslan balon serta taslan milky.

3. Alat

Alat yang digunakan dalam membuat bahan parasut dan taslam merupakan alat yang berbeda. Taslan dibuat dengan alat yang lebih modern sehingga kerapatannya jika dilihat akan sangat rapat bahkan hampir tak terlihat selanya.

4. Harga

Kain taslan memiliki ketebalan dan kualitas yang lebih baik. Jika dibandingkan parasut akan sangat berbeda. Ini membuat taslan dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada parasut. 

Apakah Bahan Taslan Waterproof ?

Banyak yang bertanya apakah bahan taslan waterproof? Tentu jika kita pahami yang telah dijelaskan sebelumnya, kain ini memiliki ketahanan yang cukup baik. Tetapi, kain taslan memiliki banyak jenisnya dan ini biasanya akan berpengaruh terhadap ketahanan airnya. Jenis taslan dengan kuualitas yang baik akan membuat kain memiliki sifat waterproof. Apalagi dengan adanya lapisan karet tipis tambahan didalamnya membuat bahan kain taslan semakin tahan terhadap air.

Harga Bahan Taslan

Tentunya harga bahan taslan akan bergantung terhadap lokasi dan toko di setiap wilayah Anda. Selain itu, jenis dari bahan taslan juga sangat berpengaruh terhadap harganya. Harga bahan taslan dengan kualitas terendah biasa dijual mulai dari harga 16 ribu per meter. Sedangkan harga bahan taslan yang memiliki sifat waterproof yang baik dijual mulai harga sekitar 30 ribu per meternya. 

Kesimpulan

Bahan taslan biasa digunakan sebagai pakaian penghangat tubuh. Jaket bahan taslan menjadi salah satu contohnya. Dengan adanya lapisan karet tipis pada bagian dalamnya membuat kain taslam memiliki sifat waterproof tang sangat baik.

Related Posts

Posting Komentar