7 Perbedaan Cotton Combed 24s Dan 30s

Posting Komentar

Perbedaan Cotton Combed 24s Dan 30s
Perbedaan Cotton Combed 24s Dan 30s

7 Perbedaan Cotton Combed 24s Dan 30s - Ketebalan bahan pakaian menjadi perhatian khusus dalam menjaga kenyamanan berpakaian. Apalagi dengan kondisi Indonesia yang rata - rata memiliki intensitas pancaran matahari yang tinggi. Tentunya ini menjadi perhatian bagi produsen ataupun konsumen pakaian. 

Pernahkan melihat pakaian dengan tulisan cotton combed 24s ataupun cotton combed 30s? Ya tentunya jika kita sedang belanja pakaian di toko ternama pasti pakaian yang di pajang akan menampilkan informasi tersebut. Lalu apasih sebenarnya arti dari cotton combed 24s ataupun cotton combed 30s? Nah sebelum masuk ke inti pembahasan perbedaan cotton combed 24s dan 30s, kali ini kita akan membahas terlebih dahulu apa sih bahan cotton combed? Berikut penjelasannya. 

Baca Juga : Bahan Taslan : Karakteristik, Perbedaan dan Harga

Apa Itu Bahan Cotton Combed?

Cotton Combed merupakan kain  yang termasuk dalam bahan katun. Meskipun kain ini termasuk katun, kain sangat lembut dan tanpa serat bulu. Ini dikarenakan bahwa serat disisir selama tahap akhir pembuatan kain sehingga bias sangat lebut tanpa bulu. 

Terdapat beberapa langkah utama dalam pembuatan cotton comber sebelum akhirnya dipintal menggunakan mesin pintal.

1. Carding

Carding merupakan teknil yang sangat terkenal, yaitu menghilangkan kain dari benang tebal.

2. Combing

Setelah proses carding selesai, kain diseleksi lagi dengan proses combing, yaitu sisa rambut yang dicabut.

Katun combed adalah kain dengan daya serap yang baik dan penghalang rasa dingin namun tidak terlalu tebal. Kain ini cocok untuk pakaian di negara tropis. Penggunaan bahan katun combed tidak hanya untuk kaos tapi juga untuk produk linen lainnya seperti seprei, taplak meja, sarung bantal, guling, dll.

 Perbedaan Cotton Combed 24s Dan 30s

Perbedaan Cotton Combed 24s Dan 30s
Cotton Combed 24s Dan Cotton Combed 30s

1. Ketebalan

Angka setelah cotton combed (seperti 24 atau 30) menunjukkan benang yang akan dibuat dari katun, yaitu ketebalan benang. Semakin besar angkanya, semakin halus benangnya, jadi dari ketebalannya, kapas combed 30s akan lebih halus dari kapas combed 24s. Huruf "s" setelah ketebalan benang menunjukkan jumlah jarum rajut. Huruf “s” merupakan singkatan dari single knit, dan karena metode merajut ini hanya menggunakan satu jarum maka hasilnya jauh lebih halus dari pada dua jarum atau yang biasa disebut dengan double knit dengan simbol dari huruf "d". Jadi katun combed 24s berarti memiliki berat benang 24 dan dirajut menggunakan jarum rajut. Kesimpulannya 30s akan lebih tipis dan halus dari 24s.

2. Lentur

Telah kita bahas sebelumnya semakin besar angka maka semakin halus dan tipis. Kain yang tebal akan menjadi lebih kaku dari yang tipis. Jika Anda menggunakan kaos dari bahan cotton 30s maka akan terasa bahan kain yang lebih lentur dan luwes daripada cotton combed 24s.

3. Berat

Semakin tebal suatu barang maka akan akan semakin berat. Ini juga berlaku pada kain cotton combed. Jadi dapat disimpulkan Cotton Combed 30s akan lebih ringan dari 24s. Tapi tak perlu khawatir karena perbedaan berat keduanya sangat sedikit. Berat ini mungkin akan terasa apabila Anda membeli kain secara kiloan. Membeli kain sejumlah 5 kg cotton combed 30s akan dapat dijadikan lebih banyak pakaian dari 24s.

4. Kualitas Daya Serap

Kualitas kain tentu sangat diperhitungkan siapa saja. Namun, kualitas keselurahan pada perbedaan cotton combed 24s dan 30s tidak akan jauh berbeda. Tapi, beda halnya jika kita membahas tentang kualitas daya serapnya. 24s yang memiliki tekstur lebih tebal akan memiliki daya serap yang lebih baik.

5. Halus

Cotton Combed 30s dibuat dengan serat yang lebih halus dari 24s. Ini akan membuat 30s lebih terasa halus jika tersentuh kulit secara langsung.

6. Kenyaman

Membahas soal kenyamanan tentu merupakan hal subjektif setiap orang. Tetapi, jika kita melihat iklim Indonesia dengan panas hamper sepanjang tahun membuat kami dari WanitaFeminin.com lebih memilih menggunakan Cotton Combed 30s sebagai bahan utama karena akan terasa lebih sejuk dan dingin saat digunakan.

7. Harga

Perbedaan bahan cotton combed 24s dan 30s terakhir adalah pada harganya. Dalam bentuk bahan kain Cotton Combed 24s memiliki harga lebih mahal daripada bahan 30s. Perhitungan ini berdasar pada berat kain yang dibeli dibandingkan pakaian jadi yang dibuat. Karena kain dibeli per kilo, maka kain yang lebih ringan dapat dijadikan pakaian dengan jumlah lebih banyak sehingga menurunkan harga. Tentu harga pakaian jadi nantinya juga tergantung dengan nama Brand.

Kelebihan Dan Kekurangan Cotton Combed 24s Dan 30s

Kelebihan Bahan Cotton Combed 30s

Kualitas kapas combed dari tahun 30s sangat dihargai tinggi di Indonesia. Ini adalah salah satu bahan yang memiliki ketebalan yang tepat untuk dipilih sebagai produk dalam produk yang dijual oleh penjual atau clothing line. Combed 30s bercirikan bahan tipis dan nyaman serta tidak panas saat dipakai. Cocok untuk kebutuhan anak muda dan anak muda yang beraktivitas di luar ruangan. Produk ini memiliki berat 140-160g per meter persegi untuk jaring atau jaring. Bahan ini memiliki banyak keunggulan, karena kami menganggap ketebalannya sesuai. 

1. Daya Serap Baik

Katun combed 30slebih terasa tipis dan luwes. Bahannya tidak tebal sehingga menjadi bahan yang paling umum digunakan dalam produksi pakaian. Walaupun tidak tebal, jenis ini mampu menyerap keringat dengan sangat baik karena mengandung bahan katun.

2. Cocok Diiklim Tropis

Combed 30s sangat cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia. T-shirt combed dari 30s memberikan kenyamanan dengan kain yang tidak panas dan bisa dibilang sejuk. Hal ini membuat Combed 30s ideal untuk digunakan di iklim panas, terutama di sekitar kota. Anda. 

Kelebihan Bahan Cotton Combed 24s

1. Ketebalan

Keunggulan dari bahan katun combed tebal 24s adalah ketebalannya yang berada ditengah-tengah. Bahan dari bahan tenun ini juga tidak terlalu tebal. Karena itulah produk Combed 24s paling banyak dicari.

2. Sejuk

Kain ini memang lebih tebal dibandingkan 30s namun tetap memberikan kesejukan bagi penggunanya. Bahkan sirkulasi udara didalam kain tetap berjalan secara optimal.

Kekurangan Bahan Cotton Combed

1. Mudah Kusut 

Kain ini mudah sekali kusut, jadi untuk menyimpannya harus ditata rapi baik dilipat maupun digantung.

2. Rentan Jamur 

Pastikan kain disimpan dalam kodisi kering ataupun pastikan lemari tidak lembab karena dapat memicu tubuhnya jamur.

3. Tidak Bisa Direndam Terlalu Lama

Pakaian ini hanya perlu dicuci dalam waktu yang singkat saja. Pastikan tidak menjemur pakaian terlalu lama karena dapat merusak kain.

Kesimpulan

Perbedaan Cotton Combed 24s Dan 30s sebenarnya tidak jauh berbeda. Untuk itu perlu dicermati secara mendetail tentang berbagai Perbedaan Cotton Combed 24s Dan Cotton Combed 30s. Dalam artikel ini adal 7 perbedaan mendasar dalam kedua bahan kain tersebut. Yang harus dipahami adalah angka tersebut menandakan bahwa semakin tinggi angka maka semakin tipis. Jadi jangan sampai salah ya. Sekian tentang Perbedaan Cotton Combed 24s Dan 30s.

Related Posts

Posting Komentar