Inilah Macam-Macam Mesin Jahit Beserta Fungsinya

Posting Komentar

Macam-Macam Mesin
Macam-Macam Mesin

Macam Macam Mesin Jahit - Mesin jahit merupakan alat terpenting yang harus dimiliki oleh seseorang dalam memulai bisnis menjahit karena dapat memudahkan pekerjaannya dalam membuat pakaian. Menjahit sebenarnya juga bisa dilakukan dengan manual tanpa mesin, namun hal ini akan memerlukan waktu yang sangat lama dan hasilnya mungkin tidak akan rapi seperti menggunkan mesin jahit. Inilah pentingnya memiliki mesin jahit untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi. Sebelum memilih mesin jahit yang akan kamu gunakan, perlu untuk mencari tahu terlebih dahulu terkait jenis mesin jahit yang kamu butuhkan karena terdapat banyak macam-macam mesin jahit.

Dengan memilih mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan, akan sangat membantu kamu dalam menghasilkan pakaian terbaik. Sehingga, penting untuk kamu mencari tahu terlebih dahulu jenis-jenis serta fungsi dari mesin jahit.

Baca Juga: Bahan Kain Baby Terry

Macam-Macam Mesin Jahit Dan Fungsinya

Mesin jahit secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu mesin jahit yang biasa digunakan oleh industry dan mesin jahit manual. Berikut macam-macam mesin jahit beserta dengan fungsinya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

1. Macam-Macam Mesin Jahit Industry

Mesin Jahit Industri
Mesin Jahit Industri

Yang pertama ada jenis mesin jahit industry. Jenis ini merupakan mesin jahit yang memiliki kecepatan tinggi atau biasa disebut juga high speed. Mesin jahit jenis ini biasanya digunakan untuk industry garmen atau konveksi. Berikut macam-macam mesin jahit untuk industry.

  • Mesin jahit Jarum 1 (High Speed Single Needle)

Tipe mesin jahit satu ini mempunyai kecepatan berkisar antara 4000 sti / min sampai 5500 jpm. Mesin jahit ini bisa digunakan buat menjahit kain dengan bahan tebal, tipis, serta bahan yang mulur. Contoh benda produk yang dihasilkan oleh mesin jenis ini ialah, pakaian seperti celana, jaket, serta produk jadi yang yang lainnya.

  •  Mesin Jahit Jarum 2 (High Speed, 2 Needles, Lockstitch)

Mesin jahit tipe ini mempunyai kecepatan antara 2000 rpm ataupun diatas 3500 jpm. Mesin tipe ini kerap digunakan buat menjahit bagian yang memerlukan tingkatan ketelitian cukup besar semacam menjahit kerah, memasang kantong, manset, serta yang lain.

  • Mesin Jahit Lockstitch Pemotong Benang serta Pendeteksi Pinggiran (High Speed Lockstitch Waistband With Cloth Puller)

Kecepatan yang dipunyai oleh mesin ini ialah berada dalam kisaran 3000jpm sampai 4000jpm. Dengan dilengkapi fitur guna memasang ban pinggang, Jenis ini berperan untuk memasang ban pinggang pada tipe celana jeans, santai, serta yang lain.

  • Mesin Bordir (Embroidery Sewing Machine)

Kecepatan yang dipunyai oleh jenis ini ialah berkisar antara 2800 st i/ min dengan tipe jarum DPx17 serta DP x5. Mesin jahit satu ini digunakan guna membuat bordiran pada baju ataupun memberikan label ornament. Mesin ini bisa pula menghasilkan macam- macam dimensi jahitan bordir.

2. Macam - Macam Mesin Jahit Manual

Mesin Jahit Manual
Mesin Jahit Manual

Selain dari jenis mesin jahit industry, ada juga jenis mesin jahit yang manual. Mesin jahit ini umumnya digunakan untuk membuat setikan lurus. Berikut merupakan macam-macam mesin jahit secara manual.

  • Mesin Jahit Tangan

Yang pertama yakni mesin jahit yang menggunakan engkol tangan. Dalam penggunaanya, engkol tangan tersebut secara manual diputar langsung oleh tangan untuk mengoperasikannya. Mesin jahit tipe ini berfungsi untuk melakukan jahitan lurus atau jahitan sederhana.

  • Mesin Jahit Kaki

Jenis yang kedua yakni mesin jahit kaki. Berbeda dengan jenis sebelumnya, mesin jahit ini menggunakan kaki untuk mengoperasikannya dengan cara menginjak bagian injakan yang berada di bawah ke depan dan ke belakang. Mesin jahit tipe ini merupakan mesin jahit tradisional yang saat ini sudah jarang digunakan.

Baca Juga: Bahan Kain Fleece

3 Tips Utama Memilih Mesin Jahit

Apakah masih ada keraguan untuk memilih yang mana? Berikut ini merupakan tips untuk memilih mesin jahit.

1. Sesuaikan Dengan Budget

Sebelum membeli, persiapkan dana yang Anda miliki dan sesuaikan dengan pendapatan Anda. Harga mesin jahit sangat bervariasi dan tentunya harus melakukan survei terlebih dahulu baik melalui internet maupun datang langsung ke toko untuk membandingkan harganya. Mesin jahit industri modern memiliki harga yang lebih tinggi, dan apabila Anda ingin harga yang lebih rendah bisa memilih mesin jahit yang manual. Namun, alternatif lainnya adalah dengan membeli mesin jahit industri bekas. Pastikan juga mesin jahit bekas tersebut masih layak pakai.

2. Sesuaikan Dengan Kegunaanya

Mesin jahit sendiri memiliki fungsinya masing - masing, ada yang digunakan untuk bahan tipis ataupun ada yang digunakan untuk menjahit bahan yang tebal seperti jeans. Nah, di sini perlu dipikirkan secara matang apakah nantinya Anda akan menggunakannya untuk menjahit bahan - bahan yang tebal. 

3. Sesuaikan Dengan Pengalaman

Bagi seorang pemula pasti akan berbeda kebutuhannya dengan penjahit yang telah memiliki segudang pengalaman. Untuk pemula bisa memilih mesin jahit manual untuk belajar terlebih dahulu, namun apabila Anda adalah seorang penjahit profesional akan sangat di rekomendasikan untuk memilih mesin jahit industri karena mesin ini lebih stabil dan tahan lama.

Penting untuk mencari tahu dan memahami terkait berbagai macam mesin jahit sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Hal tersebut dikarenakan setiap mesin jahit memiliki keunggulan atau kegunaan yang berbeda-beda.

Related Posts

Posting Komentar