Sudah Tahu Apa Saja Sih Macam-Macam Kerah Dan Pengertian Kerah Baju?

Posting Komentar

Macam Macam Kerah - Apa saja sih macam-macam kerah baju, entah itu untuk baju pria atau untuk baju wanita. Nah kerah sendiri merupakan bagian terdekat dari baju yang berada di leher yang menjadi bahan tambahan di badan baju bagian atas supaya terlihat kokoh dan juga lebih rapi di sekitar area leher.

Tentu saja jika tidak memiliki kerah, tentu saja pinggir jahitan dari baju akan tidak terlihat rapi, mudah melar dan juga mudah mengalami perubahan bentuk.

Pemilihan dari kerah baju juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu saja ini adalah hal yang sangat penting juga harus anda perhatikan. Ini karena bagus atau tidaknya baju tersebut bisa dilihat kesesuaian dari macam-macam kerah yang dipakai terhadap baju itu sendiri.

Pengertian Kerah Baju

Pengertian kerah baju sendiri adalah bagian dari pakaian yang dipasangkan atau dijahit di sekitaran area garis leher. Bentuk serat model dari kerah ini juga bermacam-macam, dalam penerapan bentuk serta model ini sebenarnya memiliki peran yang berbeda-beda. Cara dan jenis mesin jahitnya pun juga berbeda disesuakan dengan bentuh dan bahannya.

Jadi, macam-macam kerah pada baju ini memiliki fungsi dan juga peran yang berbeda-beda tergantung dari baju atau pakaian yang dibuat.

Manfaat Dan Fungsi Kerah Baju

Jika dilihat dari segi tujuan pemakaian serta desain, sebenarnya keberadaan dari kerah baju ini memiliki dua manfaat penting. Berikut adalah beberapa fungsi kerah pada baju:

  • Kerah digunakan untuk menutupi bagian kekurangan tubuh pada leher, melindungi area leher dari cuaca yang dingin atau paparan sinar matahari.
  • Kerah juga mempunyai fungsi dekoratif sebagai pemanis. Dengan terdapat kerah di pakaian, tentu saja pakaian akan terlihat menjadi semakin menarik. Kerah dalam fungsi dekoratif ini juga dapat meminimalisir penggunaan aksesoris leher, seperti kalung dan sebagainya.

Macam-Macam Kerah Pada Pakaian

Berdasarkan jenisnya, berikut dibawah ini adalah beberapa model dari kerah pakaian yang paling umum ditemukan.

1. Kerah Polo Shirt

Kerah Polo Shirt
Kerah Polo Shirt

Sesuai dengan namanya, kerah jenis ini adalah kerah standar yang sering digunakan untuk membuat pakaian model polo shirt. Untuk istilah di luar negeri sendiri, kerah polo shirt ini disebut dengan plaque. Untuk bahan pembuatannya, kerah polo shirt ini dibuat dengan bahan khusus yang memiliki karakter lebih kokoh dibandingkan bahan badan.

2. Kerah Shanghai

Kerah Shanghai
Kerah Shanghai

Macam-Macam kerah selanjutnya adalah kerah shanghai. Untuk jenis kerah yang satu ini merupakan hasil modifikasi dari model kerah di polo shirt. Yang membedakan antara keduanya adalah, pada kerah shanghai tidak memiliki daun lipatan sama seperti yang ada di kerah polo shirt.

3. Kerah O Neck

Kerah O Neck
Kerah O Neck

Selanjutnya jenis kerah yang juga telah banyak digunakan saat ini adalah kerah model O Neck. Jenis pakaian yang sering menggunakan jenis ini adalah model tshirt. Walaupun sebenarnya jenis kerah yang satu ini kurang cocok jika disebut kerah, karena tidak memakai bahan kerah atau tidak terlihat menonjol keluar dan lebih terlihat menjadi satu bagian dengan pakaian.

4. Kerah V Neck

Kerah V Neck
Kerah V Neck

V Neck sebenarnya merupakan bagian dari kerah O Neck. Secara visual kedua jenis ini sangat mudah dibedakan. Sesuai namanya, V Neck menyerupai huruf V pada bagian depan sehingga bagian dada leih terlihat. Ada dua varian pada V Neck, yang pertama adalah V Neck biasa dan yang kedua V Neck dengan insert atau tambahan bagian bawah huruf V. Keduanya sering digunakan untuk pakaian jersey ataupun tshirt.

5. Kerah Funnel

Kerah Funnel
Kerah Funnel

Kerah Funnel merupakan variasi kerah yang banyak digunakan pada pakaian outwear pria ataupun wanita. Dilengkapi dengan risliting panjang yang berfungsi untuk membuka dan mentup outwear. Jenis ini banyak ditemukan di negara yang memiliki musim dingin, namu di Indonesia kamu juga bisa menemukannya.

6. Kerah Shawl

Kerah Shawl
Kerah Shawl

Kerah shawl merupakan kerah yang menyerupai huruf V namun memiliki V yang sangat panjang di area tengah badan. Banyak digunakan oleh outwear wanita yang ingin tampil feminin di area publik. Namun, beberapa wanita ada juga yang langsung menggunakannya tanpa memakai padakai lapis, sehingga akan sangat menampilkan area tubuh bagian tengahnya.

7. Kerah Rebah

Kerah Rebah
Kerah Rebah

Kerah rebah memang saat ini sudah sangat jarang ditemukan. Bisa dibilang kerah ini merupakan jenis kerah lama yang mengadopsi dari budaya Jepang. Jenis ini dibuat sesuai namanya yaitu rebah yang bisa diartikan kerah dalam posisi sejajar dengan bahu dan terlihat pipih saat dipakai di tubuh tubuh. 

8. Kerah Jas

Kerah Jas
Kerah Jas

Terakhir, ada juga kerah yang diterapkan pada pakaian formal Jas. Untuk macam-macam kerah jas yang paling sering ditemukan adalah seperti 1 button, 2 buttons, 3 buttons.

Angka pada jenis kerah jas ini menggambarkan jumlah dari kancing pada jas tersebut. Artinya untuk jenis kerah jas 2 buttons, jas tersebut memiliki 2 kancing.

Perbedaan Kerah Wanita dan Pria

Secara umum kerah pakaian bersifat universal yang berarti bisa digunakan oleh semua gender. Namun, memang ada beberapa jenis yang apabila digunakan pada wanita akan terlihat menjadi lebih feminine. Berikut ulasannya:

1. Kerah Kemeja Pria

Untuk kerah kemeja pria sendiri juga memiliki model atau kategorinya sendiri-sendiri agar tampak lebih bergaya. Macam-macam kerah kemeja pria yang paling sering ditemukan adalah seperti model polo shirt, O Neck, V Neck serta Funnel.

2. Kerah Baju Wanita

Tentu saja desain pakaian untuk pria dan wanita akan berbeda. Begitu juga dengan macam-macam kerah baju wanita yang juga memiliki modelnya sendiri-sendiri. Beberapa contoh kerah baju pada wanita adalah seperti Mandarin, O Neck, V Neck, dan Kerah Rebah .


Related Posts

Posting Komentar