Sangat Menawan, Inilah Pakaian Tradisional Jepang Seperti Kimono

Posting Komentar
Pakaian Tradisional Jepang Seperti Kimono
Pakaian Tradisional Jepang (Source: Pinterest)

Pakaian Tradisional Jepang Seperti Kimono - Jepang merupakan salah satu negara yang sangat kental dengan budayanya. Selain makanan khasnya seperti takoyaki serta sushi, Jepang juga terkenal dengan pakaian tradisionalnya. Di era modern saat ini, fashion memang telah berkembang sangat jauh, namun pakaian tradisional di Jepang tetap berdampingan dengan perkembangan fashion. Kalian semua pasti sudah tahu dengan Kimono yang menjadi salah satu pakaian kebanggaan warga Jepang. Namun apakah kalian tahu pakaian tradisional Jepang seperti kimono? Ya, jawabannya adalah Yukata. Pakaian tradisional ini sangat mirip dengan kimono yang biasa kita lihat di televisi. Lalu apa sih sebenarnya pakaian yukata itu? Lalu apa perbedaanya dengan kimono? Yuk ikuti pembahasan di bawah ini. 

Pengertian Pakaian Tradisional Yukata

Yukata sendiri bisa dibilang merupakan kimono dalam bentuk non formal. Di Jepang, yukata digunakan sebagai pakaian setelah mandi maupun pada saat acara kembang api dimusim panas. Pakaian ini tidak hanya digunakan oleh wanita saja, namun banyak digunakan juga oleh pria. Perbedaanya, pada pria lebih didomonasi warna gelap dan pada wanita lebih didominasi oleh warna yang cerah dengan motif yang feminin. Pada mulanya pakaian ini terbuat dari bahan katun yang dapat memberikan kesejukan bagi penggunanya, namun saat ini juga tersedia dengan bahan campuran polyester yang bisa membuatnya menjadi lebih terjangkau.

Perbedaan Yukata dan Kimono

1. Menurut Penggunaanya

Yukata sendiri merupakan pakaian non formal, sedangkan kimono bisa dibilang sebagai pakaian formal. Oleh karena itu, kimono biasanya hanya digunakan pada saat acara formal seperti peringatan hari tertentu, sedangkan yukata bisa digunakan dalam keseharian seperti setelah mandi ataupun saat acara pesta kembang apa di musim panas.

2. Berdasarkan Bahannya

Kimono digunakan pada saat acara formal, oleh karena itu bahannya juga dibuat semewah mungkin. Bahkan beberapa jenis kimono dibuat menggunakan kain sutra untuk memberikan kesan mewah serta memberikan kenyamanan dan kehangatan saat digunakan. Berbeda dengan yukata, bahan dasar yang digunakan lebih pada kain katun atau beberapa diantaranya juga menggunakan campuran polyester. Perbedaan inilah yang menyebabkan kimono memiliki harga yang sangat tinggi, dan berbanding terbalik dengan yukata.

3. Atribut Pelengkap

Jika yukata digunakan langsung tanpa adanya atribut pelengkap, kimono sering dikombinasikan dengan beberapa pelengkap. Beberapa diantaranya adalah baju dalaman serta kaos kaki yang dipadukan dengan sandal yang bernama sori. Hal ini juga berfungsi untuk memberikan kehangatan ketika kimono digunakan saat musim dingin tiba. 

Nah, inilah pakaian tradisional jepang seperti kimono yang munkin sering kita lihat di film jepang ataupun anime. Semiga bermanfaat untuk kamu semua.

Related Posts

Posting Komentar