Untung Mengiurkan, Berikut Modal Usaha Laundry Pemula

Posting Komentar

Modal Usaha Laundry
Modal Usaha Laundry

Modal Usaha Laundry Pemula - Bisnis rumahan menjadi dalah satu bisnis yang sangat diperhitungkan saat ini. Banyak bisnis skala rumahan yang memang menjadi ladang cuan. Salah satu bidang usaha yang sedang trend saat ini adalah laundry. Selain dapat menjadi penghasilan pokok, bisnis laundry juga bisa menjadi penghasilan tambahan. Ini menjadikan laundry dapat dikelola oleh ibu tumah tangga ataupun orang kantoran sekalipun. Dengan bermodal pengetahuan serta modal materi untuk membangun sebuah bisnis laundry rumahan, bidang usaha ini akan mampu menghasiklan cuan yang sangat mengiurkan.

Bisnis Laundry banyak muncul karena dilatarbelakangi keinginan orang untuk selalu praktis. Ini juga ditengarai oleh padatnya jadwal kerja ataupun jadwal seseorang yang menjadikan seseorang tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan pakaian. Tentunya ini akan menjadi peluang bisnis terbaik tahun ini dan masa mendatang. Bagi Anda yang masih ragu dan ingin mengetahui berapa sih modal usaha laundry rumahan yang perlu dipersiapkan untuk menunjang bisnis? Berikut penjelasannya. 

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Laundry Rumahan

Modal Usaha Laundry Rumahan Sederhana

Bisnis usaha laundry yang qkan kita bahas saat ini adalah bisnis dengan skala rumahan. Bidang usaha ini akan sangat cocok untuk pengusaha bisnis laundry pemula. Untuk mempersiapkannya, berikut adalah modal usaha laundry pemula yang perlu disiapkan:

Modal Awal Bisnis

  1. Mesin Cuci 8.000.000
  2. Setrika 500.000
  3. Sewa Tempat 10.000.000
  4. Meja Kursi 1.000.000
  5. Banner 80.000
  6. Timbangan 35.000
  7. Gantungan Baju 100.000
  8. Rak Baju Kayu 600.000
  9. Japitan Baju 50.000
  10. Keranjang Baju 150.000 

Modal Operasional Bulanan

  1. Sabun Cuci
  2. Pewangi
  3. Plastik
  4. Listrik
  5. Nota
  6. Air
  7. Selotip
  8. Alat Tulis
  9. Gaji Karyawan @35.000 / hari 

Modal awal dan biaya bulanan tentu dapat diminimalisir. Seperti jika usaha dilakukan dirumah maka tidak perlu menyewa tempat. Kemudian jika bisnis dapat di kerjakan sendiri maka tidak perlu untuk merekrut karyawan. Jika tanpa sewa tempat dan karyawan maka modal usaha laundry dalam 1 bulan pertama sekitar 10 juta saja. Tentu ini juga akan tergantung dengan pilihan merek dari setiap perlengkapan.

Baca Juga : Cara Menggunakan Parfum Laundry Agar Tahan Lama

Modal Usaha Laundry
Kelebihan dan Kekurangan Laundry

Kelebihan dan Kekurangan Laundry 

Kelebihan Usaha Laundry

1. Modal Tidak Terlalu Besar

Jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, laundry termasuk dalam bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar. Anda juga bisa menggunakan peralatan mencuci yang telah dimiliki untuk mengurangi pengeluaran.

2. Bisa Dijalankan Semua Orang

Bidang usaha ini dapat dijalankan siapa saja. Mulai dari skala kecil ataupun menengah dapat dioperasikan oleh ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran yang ingin membangun bisnis.

3. Bukan Bisnis Musiman

Beda halnya dengan bisnis makanan atau minuman yang selalu tergantung dengan trend yang ada, usaha yang satu ini memiliki prospek jangka panjang yang sangat baik.

4. Standar Kerja Yang Mudah

Jika beberapa pekerjaan memerlukan karyawan dengan skill khusus, bisnis ini hanya memerlukan sebuah skill yang bisa dimiliki siapa saja. Pekerjaanya juga terbilang monoton sehingga tidak mempersulit dalam memilih karyawan.

5. Profit Menggiurkan

Dengan tingginya permintaan laundry saat ini akan membuat profit yang didapatkan cukup menggiurkan. Modal awal yang digunakan juga akan cepat tertutup. Dengan pengelolaan yang baik maka akan mengoptimalkan pendapatan.

Kelemahan Usaha Laundry

1. Sangat Tergantung Dengan Air dan Listrik

Dalam membangun usaha ini, memerlukan air dan listrik yang cukup tinggi. Jika terdapat kendala di salah satunya maka akan sangat sulit untuk mengoperasikannya. Jika menggunakan air PDAM siap-siaplah untuk mengeluarkan biaya tambahan.

2. Persaingan Tinggi

Dengan segala kemudahan dalam membangun bisnis laundry, mulai banyak laundry rumahan yang mulai muncul. Tentu ini akan menambah persaingan dalam memcari konsumen. Oleh karena itu, perlu adanya promo yang menonjolkan keunggulan bisnis.

3. Sulit Mengontrol Karyawan

Tak semuanya, tapi hal ini dapat terjadi. Kita tentu akan menyeleksi karyawan yang akan bekerja dengan memperhatikan integritasmya. Tetapi, dapat terjadi pula karyawan yang tidak jujur dengan tidak memberikan nota sehingga uang yang dibayarkan pelanggan tidak masuk ke penghasilan. 

4. Risiko Pakaian Rusak atau Hilang

Pakaian rusak atau hilang menjadi perhatian khusus untuk pengusaha laundry. Apalagi jika pakaian telah lama tidak diambil. Rusak atau hilangnya pakaian saat laundry tentu akan menjadi tanggung jawab pengelola. Agar tidak rugi oleh hal seperti itu, perlu kehati-hatian dalam prosesnya serta perlunya aturan yang disepakati bersama antara pelanggan dan pegelola.

5. Mesin Cuci Perlu Perbaikan Berkala

Masalah yang sering terjadi adalah mesin cuci rusak. Tentu ini akan menghambat prosesnya. Kualitas mesin juga harus dipertimbangkan saat pembelian agar mampu bertahan lama. Disamping itu, perlu lebih dari 1 mesin cuci agar dapat digunakan berfantian. 

Semoga dengan pembahasan modal usaha laundry mampu membuka pikiran lebih lebar dan membuat Anda semakin semangat berkarya. Untuk Cara Usaha Laundry Pemula bisa Anda baca di artikel usaha laundry rumahan.

Related Posts

Posting Komentar