Kelebihan dan Kelemahan Setrika Uap

Posting Komentar

Kelebihan dan Kelemahan Setrika Uap
Kelebihan dan Kelemahan Setrika Uap

Kelebihan dan kelemahan Setrika Uap - Perubahan dan perkembangan setrika telah terjadi sejak tahun 1900-an. Mulai dari setrika arang, besi, listrik hingga uap. Tak hanya itu, perubahan pada bentuknya juga terjadi dari waktu ke waktu. Setrika uap sendiri pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1926. Namun, karena pada saat itu dinilai kurang cocok, setrika uap mulai menghilang dari peredaran. Di era milineal saat ini, setrika uap mulai banyak dicari kembali. Ini dikarenakan berkembangnya fashion yang menggunakan berbagai macam kain yang beberapa diantaranya sangat sensitif dengan panas. Ini mengakibatkan kebutuhan akan setrika uap mulai kembali lagi. 

Apa Itu Setrika Uap?

Setrika uap sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membuat pakaian menjadi lebih rapi dengan menggunakan panas serta air. Alat ini banyak dimiliki baik untuk keperluan pribadi ataupun untuk keperluan bisnis dengan berbagai macam ukuran. Bahkan beberapa produsen juga memberikan pilihan setrika uap dengan bentuk minimalis yang dapat digunakan saat melakukan traveling. 

Setrika uap sama seperti setrika listrik pada umumnya namun perbedaannya setrika ini memiliki tempat penyimpanan air. Air ini nantinya akan disemprotkan ke pelat besi yang panas sehingga akan menghasilkan uap panas yang mampu membantu untuk menghaluskan pakaian yang disetrika. 

Kelebihan dan Kelemahan Setrika Uap

Kelebihan Setrika Uap

Berikut merupakan kelebihan setrika uap yang dapat dijadikan pertimbangan.

1. Cocok Untuk Pakaian Tebal Atau Kain Yang Mudah Kusut

Pakaian tebal tentu akan sulit disetrika, apalagi jika bahan kainnya sensitif terhadap panas. Setrika uap akan mampu mempermudah saat Anda setrika kain tipe ini.

2. Dapat Digunakan Dalam Posisi Digantung

Jika pada setrika biasa Anda perlu alas untuk menekan setrika agar pakaian tidak kusut, dengan setrika uap Anda bisa setrika dengan posisi pakaian digantung.

3. Mampu Menghaluskan

Salah satu fungsi utama dari uap yang dihasilkan adalah untuk menghaluskan pakaian saat disetrika tanpa menggunakan pelicin pakaian.

4. Mudah Digunakan Dan Dibawa

Cara menggunakannya memiliki kesamaan dengan setrika listrik biasa. Bahkan dalam beberapa produk juga memberikan pilihan setrika dengan ukuran yang mudah dibawa.

5. Harga Terjangkau

Walaupun memiliki fungsi tambahan untuk menghaluskan melalui uap airnya, setrika uap dijual di pasaran dengan harga yang relatif masih bersaing dengan setrika listrik biasa.

6. Tidak Cepat Rusak

Dengan teknologi khusus, Anda tidak perlu khawatir setrika ini mudah rusak dengan adanya air didalamnya. Jika tidak akan digunakan dalam waktu yang lama, Anda hanya perlu mengosongkan airnya saja. 

Kelemahan Setrika Uap

Beberapa pertimbangan tentang kelemahan setrika uap sebagai berikut.

1. Konsumsi Listrik Yang Labih Tinggi

Walaupun tidak semua setrika uap memerlukan listrik yang tinggi, Anda harus memastikan berapa daya yang diperlukan setrika uap saat membelinya. 

2. Harus Mengisi Air

Air yang digunakan akan cepat habis, apalagi jika daya tampung airnya sedikit. Jadi perhatikan juga daya tampung air agar Anda tidak harus terus menerus mengisinya.

3. Tidak Bisa Digunakan Untuk Semua Kain

Beberapa kain tidak cocok dengan setrika ini, bahkan ada kain yang ketika terkena uap ini menjadi lebih kusut. Namun, jenis ini sangat cocok apabila digunakan untuk pakaian seperti jas, kebaya, kemeja dan sebagainya. 

Cara Pakai Setrika Uap Loundry dan Pribadi

Pada dasarnya penggunaan setrika uap tidak jauh berbeda seperti setrika biasa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan. Berikut cara pakai setrika uap:

  1. Isi air pada tempat penyimanan air. Setiap setrika uap memiliki tempat penyimpanan yang berbeda, untuk setrika uap loundry yang besar biasanya tempat air berada terpisah namun pada setrika rumahan dengan ukuran sedang biasanya tempat air berada diatasnya.
  2. Pastika pakaian telah kering sepenuhnya.
  3. Gantung pakaian atau letakkan pakaian pada alas setrika.
  4. Sebelum digunakan, panaskan setrika, atur temperatunya.
  5. Gosok setrika pada pakaian, tekan tombol air ketika terdapat sisi yang kusut. Anda tidak perlu menggunakan pelicin untuk membuat pakaian rapi.
  6. Setelah selesai, matikan setrika dan tunggu sampai dingin.
  7. Untuk memberikan parfum, And abisa memberikannya saat pakaian telah disetrika.

Dengan ini, Anda tak perlu khawatir lagi dengan pakaian yang kusut. Dan jika Anda masih ragu untuk membeli, ringkasan Kelebihan dan Kelemahan setrika uap bisa menjadi masukan untuk Anda.

Related Posts

Posting Komentar