Perbedaan Thrift dan Preloved, Jangan Sampai Salah!

Posting Komentar

Perbedaan Thrift dan Preloved
Perbedaan Thrift dan Preloved

Perbedaan Thrift dan Preloved - Perkembangan pakaian saat ini berjalan dengan sangat cepat. Pakaian menjadi suatu kebutuhan yang dapat mengubah penampilan seseorang. Ajang memamerkan gaya penampilan pun menjadi sebuah trend kekinian yang terus diikuti banyak orang. Seperti halnya Citayam Fashion Week yang sebelumnya viral, muda mudi saling memberikan penampilan terbaiknya. 

Umumnya dalam mendapatkan sebuah pakaian, kita akan memilih pakaian dalam kondisi baru bukan barang bekas pakai. Dahulu, barang bekas pakai ini identik dengan orang yang memiliki masalah dalam perekonomian sehingga tidak mampu untuk membeli barang baru. Namun, saat ini demi menjaga tampilan yang kekinian, barang baru ataupun second tidak menjadi permasalahan.

Dalam menjaga tampilan, nama sebuah brand tentu juga menjadi prioritas. Ini menjadi sebuah peluang hadirnya barang-barang bekas pakai yang masih dalam kondisi baik dijual untuk umum. Barang second ini memiliki beberapa istilah seperti thrift dan preloved. Thrift dan Preloved merupakan hal yang hampir sama, namun sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Lalu apa sih sebenarnya perbedaan dari thrift dan preloved? Yuk kita bahas bersama. 

Baca Juga: Mengenal Bisnis Thrift Shop

Arti Thrift VS Preloved

Tentunya kedua kata ini telah sering didengar dan masih ada beberapa orang yang mengira kedua hal tersebut sama. Padahal sebaliknya, walaupun sama-sama bukan barang baru, keduanya memiliki perbedaan. 

1. Thrift

Thrift ini lebih dikenal sebagai sebuah barang bekas pakai yang asalnya dari luar negeri. Kualitasnya akan sangat bervariasi, mulai dari sedang hingga dengan kualitas yang baik. Harganya pun sangat berbeda jauh dengan barang baru, di toko thrift bahkan bisa dijual dengan harga sangat murah hanya 20 - 60 persen dari harga barunya. Tentu ini semua tergantung dengan kualitas barangnya. 

Barang thrift ini kebanyakan berasal dari Malaysia dan Singapura. Masuk melalui jalur di Batam yang memang terkenal dengan berbagai barang impor bekas pakai. Selanjutnya, thrift ini akan di distribikan ke berbagai wilayah dan salah satu yang paling besar adalah Jakarta. Bagi resller, biasanya membeli dalam bentuk karungan, yang berisi satu tipe agar harga yang didapatkkan bisa lebih murah. Namun, bisa juga dibeli dengan harga satuan melalui toko atau onlineshop dengan harga terjangkau.

2. Preloved

Preloved sendiri mengacu ke barang "kesayangan". Dalam artian barang tersebut memiliki kualitas yang terjaga sehingga kualitasnya tidak jauh berbeda dengan barang barunya. Ada juga yang hanya dipakai beberapa kali saja kemudian dijual dengan kualitas yang menyerupai kondisi baru. Harga yang ditawarkan juga akan cukup tinggi dan bisa jadi akan mendekati dari harga barang barunya. Beberapa produk bahkan ada yang merupakan limited edition yang sengaja dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Bisa dibilang yang membeli barang preloved merupakan orang yang memang memiliki standar penampilan yang tinggi untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. 

Perbedaan Thrift dan Preloved

thrift vs preloved
thrift vs preloved

Dari pembahasan sebelumnya, kita telah sepakat jika thrift dan preloved memiliki kesamaan yaitu barang yang telah digunakan kemudian dijual kembali. Berikut ini perbedaan thrift dan preloved.

1. Kualitas

Dari segi kualitas, preloved memiliki kualitas lebih baik karena merupakan barang yang memang terawat. Penyimpanannyapun masih tertata rapi. Preloved biasanya juga merupakan barang yang baru beberapa kali pakai saja.

2. Asal Barang

Perbedaan thrift dan preloved berikutnya yaitu asal barang. Thrift sendiri berasal dari barang luar negeri yang masuk melalui perbatasan serta pengawasan bea cukai. Sedangkan preloved merupakan barang yang berasal dari koleksi pribadi.

3. Harga

Dari segi harga, tentunya preloved memiliki harga yang lebih tinggi. Tentunya sebanding dengan kualitasnya. Sedangkan thrift memiliki harga yang lebih murah karena kualitasnya dibawah preloved. Thrift bisa sangat murah juga dikarenakan pembeliannya bisa langsung 1 karung secara random.

4. Kelangkaan

Jika kalian beruntung dari barang preloved yang ditawarkan,  kalian bisa mendapatkan barang edisi terbatas. Walaupun harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi, tentunya bagi yang suka dengan barang koleksi bukanlah sebuah masalah. 

Perbedaan thrift vs preloved inilah yang terkadang masih disalah artikan. Semoga dengan pembahasan ini, kita semua lebih memahami tentang perbedaan thrift dan preloved.

Related Posts

Posting Komentar