Puasa Berselang Bagi Wanita Di Atas 50 Tahun

Post a Comment

Puasa Berselang
Puasa Berselang Bagi Wanita Di Atas 50

Puasa Berselang Bagi Wanita Di Atas 50 Tahun

Puasa Berselang Bagi Wanita Di Atas 50 Tahun- Puasa berselang atau dikenal dengan intermittent fasting untuk wanita di atas 50 tahun dapat membantu menurunkan berat badan dan meminimalkan kemungkinan mengembangkan penyakit terkait usia. Faktanya, puasa dapat menurunkan tekanan darah dan menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh Baylor College of Medicine. Studi menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan tekanan darah dengan membentuk kembali mikrobiota usus.

Tentu saja, selain ingin meningkatkan kesehatan, menurunkan berat badan menjadi perhatian utama banyak wanita di atas 50 tahun. Beberapa hal yang membuat berat badan lebih sulit turun setelah usia 50 tahun dikarenakan metabolisme yang lebih rendah, persendian yang menua, massa otot yang berkurang bahkan masalah tidur. Pada saat yang sama, kehilangan lemak, terutama lemak perut, dapat secara dramatis mengurangi risiko masalah kesehatan yang serius seperti diabetes, serangan jantung, dan kanker.

Tentu saja, seiring bertambahnya usia, risiko terkena banyak penyakit meningkat. Dalam beberapa kasus, puasa berselang untuk wanita di atas 50 tahun dapat berfungsi sebagai sumber awet muda dalam hal penurunan berat badan dan meminimalkan kemungkinan mengembangkan penyakit yang biasanya berkaitan dengan usia.

Cara Puasa Berselang Bagi Wanita Di Atas 50

Puasa berselang tidak akan membuat diri Anda kelaparan. Hal positifnya, puasa berselang tidak memberi Anda izin untuk mengonsumsi banyak makanan tidak sehat selama Anda berpuasa. Selain itu, puasa akan sangat mengontrol pola makan Anda sepanjang hari dengan sangat baik. Di Indonesia, bagi agama Islam, puasa biasa dilakukan selama kurang lebih 13 hari. Di awali dan di akhiri dengan mengonsumsi makanan yang manis sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas.

Manfaat Puasa Berselang Untuk Wanita

Sementara beberapa ahli nutrisi berpendapat bahwa puasa sangat berkontribusi karena membantu orang secara alami membatasi asupan makanan. Mereka percaya bahwa hasil puasa berselang lebih baik daripada jadwal makan biasa dengan jumlah kalori dan nutrisi lain yang sama. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa tidak makan selama beberapa jam sehari tidak hanya membatasi jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Perubahan Metabolisme Dalam Puasa Berselang

Insulin: Selama periode puasa, kadar insulin yang lebih rendah akan membantu meningkatkan pembakaran lemak.
HGH: Sementara kadar insulin turun, kadar HGH meningkat untuk mendorong pembakaran lemak dan pertumbuhan otot.
Noradrenalin: Menanggapi perut kosong, sistem saraf akan mengirimkan bahan kimia ini ke sel untuk memberi tahu mereka bahwa mereka perlu melepaskan lemak untuk bahan bakar.

Apakah Puasa Berselang Sehat?

Apakah puasa berselang aman? Ingatlah bahwa Anda hanya boleh berpuasa selama 12 hingga 16 jam dan bukan selama berhari-hari. Anda masih punya banyak waktu untuk menikmati makanan yang memuaskan dan sehat. Tentu saja, beberapa wanita yang lebih tua mungkin perlu sering makan karena gangguan metabolisme. Dalam hal ini, Anda harus mendiskusikan kebiasaan makan Anda dengan penyedia medis Anda sebelum melakukan perubahan apa pun.

Meskipun secara teknis, beberapa dokter telah melaporkan manfaat puasa berselang dengan memberikan makanan yang mudah dicerna seperti buah selama jeda puasa. Alternatif seperti ini masih dapat memberikan istirahat yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan dan metabolisme Anda.

Apakah Puasa Berselang Adalah Alat Penghilang Lemak Terbaik Untuk Anda?

Puasa berselang untuk sebagian besar orang dapat berfungsi dengan baik karena menjadikan pola makan yang sangat terkontrol. Ini akan membantu mereka secara alami membatasi kalori dan membuat pilihan makanan yang lebih baik dengan mengurangi waktu makan.

Misalnya, Anda mungkin memutuskan untuk makan 1.200 kalori sehari untuk menurunkan berat badan. Anda mungkin merasa jauh lebih mudah untuk membagi 1.200 kalori dalam 2 kali makan dan 2 kali camilan daripada membagi 3 kali makan dan 3 kali camilan. Jika Anda telah berjuang dengan penurunan berat badan dengan diet dan Anda tidak berhasil atau itu akan terlalu sulit untuk dilakukan, Anda dapat mencoba puasa berselang untuk hasil yang lebih cepat.

Related Posts

Post a Comment