9 Arti Kesehatan Lidah Yang Tersembunyi

Post a Comment

9 Arti Kesehatan Lidah Yang Tersembunyi - Terkadang saat anda berkaca dan menjulurkan lidah, mungkin akan melihat warna dari lidah anda. Terkadang wara lidah juga berubah, apakah pernah anda memperhatikannya? 

Berikut arti kesehatan lidah yang tersembunyi :

1. Berwarna Merah 

Lidah Kemerahan
Lidah Kemerahan

Bisa berarti Anda kekurangan vitamin. Lidah merah mengkilap dan cerah mungkin merupakan tanda tubuh Anda kekurangan zat besi atau B12. Vitamin B12 dan zat besi dibutuhkan untuk mematangkan papila (benjolan kecil) di lidah. Jika Anda kekurangan vitamin itu, Anda kehilangan papila itu, yang bisa membuat lidah Anda tampak sangat halus. Jika Anda mengalami kekurangan vitamin, kemungkinan besar Anda akan melihat gejala lain juga, seperti kelelahan, kelemahan, masalah keseimbangan, dan kesulitan memori.

Dalam kasus yang parah, ini dapat menyebabkan rasa sakit saat makan cairan panas atau makanan pedas. Vegetarian sangat rentan terhadap rendahnya tingkat B12, yang ditemukan pada daging tertentu. Jika Anda melihat seluruh lidah Anda berwarna merah stroberi, dan Anda seorang vegetarian, tanyakan kepada dokter Anda tentang mengonsumsi suplemen. Kekurangan vitamin yang penting juga dapat dikaitkan dengan penyakit autoimun pada saluran gastrointestinal (GI), di mana lambung tidak menyerap vitamin.

2. Lidah Coklat Kehitaman

Lidah Coklat Kehitaman
Lidah Coklat Kehitaman

Anda mungkin tidak memiliki kebersihan mulut atau kesehatan lidah yang baik. Lidah yang tertutup hitam mungkin terlihat menjijikkan, tetapi dokter setuju bahwa itu tidak perlu dikhawatirkan. Hal ini dapat menyebabkan bau mulut atau kelainan rasa. Biasanya disebabkan oleh merokok, minum kopi dan teh hitam, atau kebersihan gigi yang buruk. Menghilangkan penyebab yang berkaitan, seperti  berhenti merokok, dan menyikat lidah atau menggunakan pengikis lidah, mungkin yang Anda butuhkan.

3. Lidah Kuning Keputihan

Lidah Kuning Keputihan
Lidah Kuning Keputihan

Anda bisa mengalami infeksi jamur. Lidah yang tebal dan berlapis putih bisa jadi sariawan, infeksi jamur mulut yang disebabkan oleh produksi kandida yang berlebihan. Kondisi ini sering dikaitkan dengan antibiotik. Lidah Anda adalah rumah bagi bakteri dan ragi alami. Ketika Anda mengonsumsi antibiotik, yang secara selektif membunuh bakteri, tetapi ragi yang tidak terbunuh oleh antibiotic akan mengambil alih. Sariawan, yang dapat menyebabkan gangguan rasa atau sedikit rasa sakit, juga dapat terjadi pada mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah. Khas pada anak kecil, sariawan juga menyerang penderita penyakit autoimun, penderita diabetes yang tidak dikelola dengan baik, pasien kemoterapi, dan orang tua. Jika Anda menduga Anda mungkin menderita sariawan, temui dokter Anda. Tidak seperti infeksi jamur lainnya, sariawan tidak dapat diobati dengan produk yang dijual bebas, tetapi Anda dapat mencoba pengobatan rumah alami ini untuk sariawan di mulut.

4. Lidah Keriput

Lidah Keriput
Lidah Keriput

Itu bisa berarti Anda semakin tua (lidah kita menunjukkan tanda-tanda penuaan). Fisura dan retakan di lidah biasanya tidak berbahaya, tetapi masalah dapat muncul jika kebersihan gigi yang buruk menyebabkan infeksi di dalam celah. Sesekali infeksi jamur dapat berkembang di dalam celah. Anda tiba-tiba akan merasakan sakit, bau busuk, dan terkadang terbakar. Seringkali infeksi diobati dengan obat antijamur topikal. Beberapa peralatan gigi, seperti gigi palsu, juga dapat menyebabkan lekukan pada lidah. Pastikan perlengkapan gigi Anda pas, minum cukup air, dan praktikkan kebersihan mulut yang baik seperti menyikat lidah.

5. Bercak Putih Kecil

Bercak Putih Kecil
Bercak Putih Kecil

Itu bisa berarti: Ada sesuatu yang mengiritasi mulut Anda. Bercak putih tanpa rasa sakit (disebut leukoplakia) disebabkan oleh pertumbuhan sel yang berlebihan. Sering dikaitkan dengan perokok, lesi memiliki sekitar 5 hingga 17 persen kemungkinan berkembang menjadi kanker. Jika Anda seorang perokok, ini adalah tubuh Anda yang memberi tahu Anda bahwa itu mulai mengembangkan lesi prakanker ini. Dalam banyak kasus, leukoplakia dapat berbalik ketika Anda berhenti merokok dan akan mencegah Anda terkena penyakit lidah.

Bukan perokok? Tambalan gigi juga kadang-kadang bisa terjadi hanya dari abrasi gigi yang terus-menerus bergesekan dengan lidah. Tetapi jika tidak hilang dalam satu atau dua minggu, sangat penting untuk menemui dokter gigi Anda, yang mungkin merekomendasikan biopsi.

6. Bercak Bintik Merah 

Bercak Bintik Merah
Bercak Bintik Merah

Jangan bingung dengan sariawan yang sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua minggu, lesi merah atau bercak yang tidak hilang bisa menjadi penyakit lidah yang lebih serius. Segera periksakan, kata dokter. Jika Anda muda dan sehat, itu tidak berarti Anda baik-baik saja. Meskipun biasanya dikaitkan dengan penggunaan tembakau, kanker mulut juga dapat disebabkan oleh human papillomavirus, atau HPV. Periksalah ke dokter bahkan jika itu tidak mengganggu Anda banyak kanker mulut tidak sakit pada tahap awal. Pastikan Anda mengetahui tanda-tanda lain dari kanker mulut.

7. Sensasi Terbakar Lidah

Sensasi Terbakar Lidah
Sensasi Terbakar Lidah

Itu bisa berarti Anda menggunakan pasta gigi yang salah. Namun, jika lidah Anda terasa perih dan terbakar seolah-olah tersiram air panas, tetapi lidah terlihat sangat normal, perubahan hormon yang berhubungan dengan menopause juga bisa menjadi penyebabnya. Meskipun sindrom mulut terbakar dapat terjadi pada siapa saja (mempengaruhi 2 persen populasi), wanita tujuh kali lebih mungkin mengalaminya daripada pria, menurut American Academy of Oral Medicine. Tidak pasti mengapa ini terjadi, dan kondisinya hilang pada beberapa individu sementara itu bertahan pada orang lain.

Beberapa orang juga dapat mengalami sensasi terbakar akibat alergi terhadap jenis pasta gigi tertentu. Bahan yang disebut sodium lauryl sulfate (SLS), yang membantu pasta gigi berbusa, dapat menyebabkan rasa perih yang tiba-tiba. Seseorang mungkin menggunakan satu pasta gigi sepanjang hidupnya, dan kemudian tiba-tiba, mulutnya mulai sakit dan Beralih ke pasta gigi tanpa SLS, seperti Sensodyne, dapat membantu mengurangi beberapa iritasi. Untuk penyebab lain, dokter mungkin dapat meresepkan perawatan seperti obat kumur antibiotik atau pil untuk nyeri neuropatik.

8. Lidah Bergelombang

Lidah Bergelombang
Lidah Bergelombang

Kondisi umum yang sangat normal, kondisi  mengacu pada lidah yang terlihat seperti medan bergelombang. Biasanya tidak berbahaya, lidah bergelombang terdapat antara 1 dan 2,5 persen populasi, menurut American Academy of Oral Medicine. Meskipun penyebabnya tidak begitu jelas, itu mungkin ada hubungannya dengan selera. Lidah bisa beregenerasi, jadi ada yang hilang dan ada yang tidak. Lidah bergelombang biasanya tidak memerlukan perawatan atau pemeriksaan, tetapi jika terasa sakit, mungkin Anda harus memeriksakan ke dokter untuk memastikan kesehatan lidah.

9. Terdapat Luka Lidah

Terdapat Luka Lidah
Terdapat Luka Lidah

Itu bisa berarti Anda sedang stres. Banyak orang memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan dari sariawan. Ini adalah area yang sakit dan berlubang yang terjadi di lidah atau pipi. Mereka paling menyakitkan selama empat hingga lima hari pertama, kemudian mereda dan akhirnya menghilang dalam dua minggu. Tidak benar-benar diketahui mengapa orang terkena sariawan, tetapi mungkin itu sesuatu yang viral. Orang-orang yang lelah atau stres rentan terhadap bisul ini. Kabar baik untuk pasangan Anda: Hal ini dipastikan tidak menular. Pastikan itu bukan luka yang disebabkan oleh virus herpes simpleks , luka yang sangat menular yang biasanya muncul di bibir.

Related Posts

Post a Comment