Mengenal Perbedaan IUD Nova T dan Andalan

Posting Komentar

Perbedaan IUD Nova T dan Andalan
Perbedaan IUD Nova T dan Andalan

Perbedaan IUD Nova T dan Andalan - Sebagai seorang istri sekaligus ibu, tentunya kita akan memikirkan tentang kesiapan kehamilan ataupun jarak antar kehamilan. Menunda kehamilan seperti ini juga bisa merupakan upaya untuk membangun keluarga yang mapan dan harmonis. Banyak cara yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan seperti pil KB ataupun alat kontrasepsi. Pil KB memang banyak digunakan, tetapi bisa dibilang kurang efektif karena apabila lupa untuk mengkonsumsinya, bisa jadi kehamilan tak terhindarkan. 

Alternatif lainnya adalah penggunaan alat kontrasepsi KB Spiral ataupun IUD. KB Spiral sendiri dikenal ada 2 macam yaitu IUD Tembaga dan IUD Hormonal. IUD Tembaga juga merupakan alat kontrasepsi yang sangat terkenal. Ada beberapa merk yang menawarkan jenis ini yaitu IUD Nova T dan Andalan. Agar tidak terlalu jauh dari pembahasan, kita akan fokus pada pembahasan perbedaan IUD Nova T dan Andalan. 

Apa itu IUD?

Sebagai pembukaan kita akan akan mencoba mengbal lebih dekat dengan pengertian IUD. Intra Uterine Devices atau IUD adalah alat kontrasepsi yang digunakan pada wanita.Cara yaitu dengan memasukkannya kedalam bagian rahim. Alat ini biasanya terbuat dar polietilen dan terkadang memiliko campuran dari bahan metal. IUD sendiri ada beberapa merk yang sering digunakan, dan di bawah ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan IUD Nova T dan Andalan. 

Apa Perbedaan IUD Nova T dan Andalan?

Perbedaan IUD Nova T dan Andalan
IUD NOVA T dan Andalan

Kedua produk ini meruoakan alat kontrasepsi non hormonal. Artinya keduanya tidak akan menganggu gormon dalam tubuh. Penggunanya tetap akan mengalami menstruasi seperti biasanya. 

IUD Nova T

Nova T adalah jenis alat kontrasepsi yang memiliki bentuk meyerupai T. Alat dapat mampu mengacaukan pergerakan sperma untuk mencegah terjadinya pembuahan dengan cara merelease unsur tembaga didalamnya. KB Spiral ini memiliki lapisan tembaga yang membuatnya dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama. Bahkan paling lama bisa mencapai jangka waktu 5 tahun. Cukup lama juga bund, jadi tak perlu khawatir lg jika sudah menggunakan produk ini. Untuk produknya yang sering digunakan adalah Nova T380. 

IUD Andalan

Alat yang satu ini juga memiliki kesamaan dengan Nova T. Cara kerjanya juga sama dengan mengacaukan sperma yang masuk kedalam rahim. Ada beberapa macam tipe Andalan yang bervariasi masa penggunaan hingga bahan kandungannya.

1. Silverline TCU380A

Tipe inilah yang sering dikenal dengan Copper-T. Memiliki kandungan tembaga yang cukup tinggi untuk mencegah kehamilan. Masa penggunaanya mampu mencapai 3 tahun.

2. Silverline  Cu 200 Ag

Jenis ini hampir sama dengan sebelumnya tetapi memiliki kandungan perak didalamnya. Untuk masa penggunaan juga sama 3 tahun.

3. Silverline Cu 380 Ag

IUD ini terbuat dari polyethylene dengan lapisan tembaga yang membuatnya terasa sangat lentur. Jadi produk yang satu ini akan sangat nyaman digunakan dan tidak memberikan rasa nyeri. Masa gunanya adalah sekitar 5 tahun.

4. Sleek Cu 375

Yang satu ini juga terbuat dari polyethylene dan tembaga. Tetapi yang membedakannya adalah ukurannya yang kecil 2.8 centimeter saja. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki rahim tidak terlalu besar.

5. TCu 380 A Safeload

IUD ini memiliki safeload yang dapat berfungsi dalam melipat lengan aseptik. Pemasangannya juga akan sangat steril karena tanpa tersentuh tangan. Masa penggunaanya sekitar 8 tahun. 

Kesimpulan

Perbedaan IUD Nova T dan Andalan akan kami rangkum dari berbagai aspek.

Produk

Produk yang sering digunakan di Indonesia pada Nova-T adalah T380A. Tetapi pada Andalah memberikan 5 variasi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Bahan

Nova T terbuat dari polietilen dengan lilitan tembaga sekitar 200. Sedangkan Andalan terbuat dari polyethylene dengan tembaga yang bervarisi sesuai dengan jenis produknya.

Kelenturan

Nova T berasal dari polietilen yang tidak terlalu kaku. Sedangkan produk Andalah yang tidak terlalu kaku adalah tipe Cu 380 Ag, Sleek Cu 375 dan TCu 380 Safeload yang memberikan kemyamanan dalam kelenturan.

Ukuran

Produk Andalan memberikan pilihan yang lebih variatif, bahkan pada tipe Sleek Cu 375 memberikan ukuran yang sangat kecil sekitar 2,8 centimeter saja. 

Harga

Nov T dijual dengan harga sekitar 300k hingga 500k. Sedangkan produk andalan sekitar 40k hingga 200k tergantung jenisnya.

Related Posts

Posting Komentar