Perbandingan Ukuran Jaket Lokal dan Luar

Posting Komentar

Ukuran Jaket Lokal dan Luar
Ukuran Jaket Lokal dan Luar

Perbandingan Ukuran Jaket Lokal dan Luar - Pernahkah kalian membeli jaket dengan ukuran yang sama tapi ternyata ukurannya kebesaran? Jika pernah mengalami hal seperti ini kemungkinan ukuran jaket tersebut menggunakan ukuran dari luar negeri. Indonesia memiliki ukuran tubuh yang rata-rata lebih kecil dibandingkan orang luar, oleh karena itu, ukuran pakaian juga akan disesuaikan dengan ukuran tubuh masyarakat Indonesia. 

Jika kita membeli jaket secara online, kita tidak akan bisa mencoba dan memastikan secara langsung ukurannya. Acuan ukuran dari jaket biasanya akan tertera di deskripsi produk. Dideskripsi produk inilah Anda harus benar-benar memastikan agar jaket berukuran sesuai. Ukuran jaket yang terlalu besar tentunya akan membuat tidak nyaman dan akan mengganggu penampilan. Untuk itu, perlu pastikan bahwa ukuran tersebut adalah ukuran lokal. Lalu bagaimana jika yang tertera merupakan ukuran jaket luar? Ya, Anda bisa mengkonversikan secara manual ataupun menggunakan tabel untuk mempermudah perhitungan. 

Standar Ukuran Jaket Lokal

Jaket lokal umumnya disesuaikan dengan ukuran rata-rata tubuh warga lokal. Penyesuaian ini ditujukkan agar jaket nyaman saat digunakan. Berikut ukuran panjang - lebar Jaket Lokal.

  1. S 48 cm - 62 cm    
  2. M 51 cm - 64 cm
  3. L 53 cm - 65 cm
  4. XL 56 cm - 68 cm
  5. XXL 60 cm - 71 cm
  6. 3XL 63 cm - 73 cm
  7. 4XL 66 cm - 75 cm 

Ini merupakan ukuran yang sering digunakan sebagai acuan pembuatan jaket. Dalam prosesnya tentu akan terdapat beberapa perbedaan seperti ukuran wanita dan pria. Walaupun begitu ukuran perbedaan ukuran jaket lokal tersebut memiliki toleransi sekitar 2 - 3 cm.

Standar Ukuran Jaket International

Standar Ukuran Jaket International memang terlihat lebih besar dikarenakan ukuran orang luar negeri yang memiliki postur badan lebih besar. Berikut ini ukuran panjang - lebar jaket luar yang sering digunakan di Indonesia. 

  1. S = 55 cm x 70 cm
  2. M = 60 cm x 73 cm
  3. L = 63 cm x 73 cm
  4. XL = 66 cm x 74 cm 

Sama seperti jaket lokal, ukuran luar juga memiliki toleransi ukuran yang bisa mencapai 3 hingga 4 cm. 

Ukuran Jaket Lokal Berdasar Tinggi Badan

1. Size S

Rata-rata tinggi pria di indonesia menurut penelitian tahun 2016 adalah 160 cm. Maka untuk pria yang memiliki tinggi 150cm - 165 cm dengan berat badan normal dapat menggunakan ukuran S. 

2. Size M

Untuk jaket ukuran M bisa digunakan oleh pria yang memiliki tinggi badan antara 155 cm - 175 cm dengan berat badan normal.

3. Size L

Bagi yang memiliki tinggi 165 cm - 185 cm bisa menggunakan ukuran jaket L. Bagi yang memiliki tinggi 165 cm memang jaket akan terlihat lebih besar, namun ini kembali lagi ke selera. Ataupun jika memiliki tinggi 165 cm tetapi berat badan sedikit di atas rata-rata maka akan sangat cocok untuk digunakan.

4. Size XL

Size XL untuk ukuran jaket sudah terhitung cukup besar. Ukuran ini dapat digunakan pada pria dengan tinggi badan 175 cm atau di atasnya. Selain itu, ukuran ini cocok digunakan bagi yang memiliki berat badan berlebih.

Perbedaan Ukuran UK dan US/UK

Dari beberapa situs International juga mengungkapkan bahwa ukuran di luar negeri banyak yang menggunakan satuan ukuran inchi. Berikut ini merupakan data perbedaan ukuran UK dan US/UK.

Tabel Ukuran US UK
Tabel Ukuran US UK

Pembagian Kelompok Ukuran Jaket Eropa

  • Normal, untuk tinggi badan 65 hingga 68 inci (165-172 cm) dan sesuai dengan ukuran pakaian Eropa dari 32 hingga 62. 
  • Pendek, untuk tinggi badan kurang dari 65 inci (165 cm), setara dengan pakaian Eropa untuk ukuran 16 hingga 29. 
  • Panjang, untuk tinggi badan di atas 68 inci (172 cm) sejajar dengan ukuran pakaian Eropa dari 68 hingga 116. 

Tips Membeli Jaket Ukuran Luar

Untuk mencegah terjadinya kesalahan ukuran yang mengakibatkan jaket tang dibeli terlalu besar, maka harus diperhatikan hal - hal berikut saat Anda membelinya.

  1. Pastikan ukuran menggunakan ukuran lokal atau luar 
  2. Jika ukuran lokal bisa membeli jaket dengan ukuran seperti biasanya.
  3. Jika ukuran luar, Anda bisa menurunkan 1 tingkat ukuran di bawahnya.
Sekian artikel tentang perbedaan ukuran jaket lokal dan luar, semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar