Pengertian Rok Suai, Pola Dasar dan Tahap Pembuatannya

Posting Komentar

Pengertian Rok Suai
Rok Suai

Pengertian Rok Suai, Pola Dasar dan Tahap Pembuatannya - Sebagaimana kita ketahui rok adalah pakaian yang dikhususkan untuk dipakai wanita dengan bentuk memanjang. Awalnya rok dibuat polos lurus kebawah, tetapi saat ini telah banyak variasi dari rok itu sendiri. Panjang rok di mulai dari pinggul hingga diatas mata kaki untuk rok jenis panjang, ataupun didekat lutut sebagai variasi lainnya. Variasi modern rok saat ini adalah dengan sedikit belahan pada bagian samping untuk membuat aktivitas menjadi lebih flexibel. Jenis pakaian ini menjadi pilihan bagi wanita yang ingin menampakan kesan kesan anggun serta feminin baginya. Dengan berbagai macam pilihan rok saat ini, para wanita akan dapat lebih mudah untuk mengkombinasikan dengan model busana lainnya. Berikut adalah beberapa model dari rok:

1. Rok Suai

Rok ini merupakan rok dengan gaya simple dan kekinian yang tentunya cocok untuk digunakan dengan perkembangan fashion saat ini.

2. Rok A-Line

Sesuai dengan namanya, rok ini menyerupai huruf A dengan dengan bagian atas kecil dan melebar kebawah. Panjangnya hanya sekitar lutut namun cocok digunakan untuk semua wanita.

3. Rok Mini

Rok mini merupakan pakaian dengan gaya terbuka. Panjangnya mulai dari pi ggang hingga setengah paha saja. Namun, pemakainya bisa dikombinasikan dengan baju panjang atau pendek sesuai denagn mode yang berkembang.

4. Rok Lipit

Lipit berasal dari kata lipat. Ya, tentu saja ini dikarenakan pada bagian tertentu pada rok dibuat seperti lipatan. Lipatan ini berada di bagian pinggang.

5. Rok Tutu

Meskipun awalnya bukan ditujukan untuk penggunaan umum, yang awalnya digunakan untuk pertunjukan ballet sekarang telah bertransformasi menjadi sebuah gaya yang digunakan dalam berpesta. 

Selain jenis di atas, masih banyak lagi jenis - jenis rok yang saat ini telah berkembang sangat baik. Namun, pada pembahasan saat ini, kami hanya akan mebahas lebih jauh tentang rok suai seperti pengertian hungga cara membuatnya. Berikut kami sampaikan selengkapnya. 

Pengertian Rok Suai

Rok Suai
Contoh Rok Suai

Seperti pembahasan singkat sebelumnya, ini merupakan rok dengan mode simple dengan memberikan kedan elegan. Walaupun lebih banyak dalam bentuk polosan, ada juga yang memberikangaris kupnat sebagai variasi. Ciri khas lainnya adalah ukurannya mulai dari atas hingga bawah tidak mengalami perubahan sama sekali.

Untuk panjangnya, rok suai dapat disesuaikan mulai dari selutut hingga diatas mata kaki. Namun, permasalahannya yaitu dengan ukuran yang sama mulai dari atas hingga bawah tentunya akan memperkecil pergerakan kaki. Untuk mengatasinya biasanya pada bagian samping akan diberikan bukaan atau belahan yang panjang. 

Model ini telah banyak digunakan untuk kegiatan semi formal hingga formal meliputi pekerja kantoran baik PNS atau swasta, perbankan hingga pramugari. Tentu pemilihan tipe rok ini telah mendapatkan pertimbangan khusus. 

Tahap Pembuatan Rok Suai 

1. Pengukuran 

Dalam pembuatan rok suai, dapat dilakukan pengukuran terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tubuh. Setiap wanita tentu memiliki ukuran pinggang yang berbeda-beda dan untuk itulah perlunya pengukuran tersebut. 

  • Ukuran pinggang: ukuran pinggang diukur melingkari pinggang. 
  • Ukuran panggul: ukurannya dihitung melingkari panggul dengan tambahan 2 cm agar tidak terlalu ketat 
  • tinggi panggul: pengukuran mulai dari panjang pinggang hingga panggul 
  • Tinggi rok: ketinggian dari rok sendiri bervariatif tergantung dengan selera masing-masing. 

2. Membuat Pola Dasar 

Pembuatan pola biasanya dilakukan dengan pengambaran dikertas. Pola ini diganbar menyerupai dengan ukuran sebelumnya. Namun, proses ibi tidaklah wajib. Bagi yang sudah berpengalaman tentu bisa langsung ketahap berikutnya karena sebenarnya pola dari roknsuai ini sangat sederhana. 

3. Letakkan Pola di Atas Kain

Langkah ini dilakukan dengan menempatkan pola diatas kain yang akan digunakan. Agar tidak bergesar bisa gunakan pencapit dibeberapa sisinya. Perhatikan jika kain terdapat sebuah motif, agar motif tersebut bisa berada simetris ketika telah jadi. 

4. Potong Kain 

Proses ini dilakukan dengan menggunakan gunting khusus kain. Potonglah kain mengikuti garis yang telah dibuat di kertas pola. Lakukan dengan teliti agar ukuran tidak berubah. 

5. Menjahit 

Penjahitan ini merupakan langkah utama dalam pembuatan rok. Ada beberapa bagian yang perlu dijahit meliputi :

  1. Dart atau kupnat rok;
  2. Risleting belakang;
  3. Belahan samping;
  4. Pertemuan 2 sisi kain membentuk rok. 

6. Pasang Ban Pinggang 

Agar nyaman digunakan, tentu bagian pinggang harus ditambahkan ban pinggang yang nantinya dapat digunakan untuk menyesuaikan ukuran pinggang. Ban pinggang ini bersifat elastis. 

7. Kelim Rok 

Tahap ini dilakukan untuk merapikan pada bagian bawah rok. Rok yang biasanya. Ada banyak jenis kelim rok tapi untuk mendapatkan kesan sederhana dapat dilakukan dengan kelim biasa saja. 

8. Finishing

Tahap ini dilakukan dengan menyetrika rok agar bentuk dari rok bisa terlihat dengan jelas. Selain itu dengan setrika akan membuat jahitan serta pakaian menjadi rapi selayaknya pakaian baru. 

Kesimpulan

Pembuatan rok suai sebenarnya tidaklah terlalu sit. Ini adalah bentuk sederhana dari sekian banyak jenis rok. Namun, walaupun sederhana rok ini akan memberikan kesan elegan yang luar biasa. Dalam pembuatan, terdapat beberapa tahapan mulai dari penggambaran pola hingga tahapan finishing untuk merapikan rok tersebut.

Related Posts

Posting Komentar