Ini Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat

Posting Komentar

Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat
Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat

Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat - Kulit merupakan bagian terluar yang melindungi dari kotoran, debu serta microorganisme jahat lainnya. Penyakit kulit menjadi hal yang sering terjadi mengingat kulit bersentuhan langsung dengan lingkungan sekitar. Masalah kulit juga bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia mulai anak - anak, remaja hingga dewasa. Penyebab dari masalah ini bisa diakibatkan olah banyak faktor seperti kebersihan, infeksi, alergi, pengaruh obat dan lain sebagainya.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit yaitu kloderma. Kloderma memang buka obat yang bisa dibeli secara bebas. Apalagi jika digunakan jangka panjang maka perlu pengawasan oleh dokter. Namun, kloderma ini kerap kali digunakan dan menjadi obat yang disarankan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Untuk itu, kali ini kita akan membahas langsung mengenai perbedaan kloderma hijau dan coklat. 

Apa Itu Kloderma?

Kloderma merupakan merk dagang yang dikeluarkan oleh PT. Surya Dermato Medica Laboratories. Kloderma merupakan obat luar yang mengandung zat aktif klobetasol propionat. Zat ini mampu berperan aktif dalam mengatasi masalah kulit seperti gatal, serta peradangan kulit terlebih akibat dari psoriasis. Selain itu, kloderma juga digunakan untuk mengatasi eksim yang sukit disembuhkan. Obat ini tergolong dalam obat keras yang harus digunakan dengan resep dan pengawasan dari dokter. 

Varian Kloderma

Sebelum membahas tentang perbedaanya, kita akan membahas dulu mengenai variannya. Kloderma sendiri mengeluarkan beberapa varian yang telah beredar luas di beberapa apotik. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Kloderma Gel dengan berat 5 gr dan 10 gr;
  2. Kloderma Cream dengan berat 5 dan 10 gr;
  3. Kloderma Oinment dengan berat 5 dan 10 gr;
  4. Kloderma Lotion dengan ukuran botol 30 ml. 

Dosis Penguunaan Kloderma

Penggunaan kloderma harus diawasi oleh dokter. Apalagi jika akan digunakan pada usia dibawah 12 tahun atau wanita yang sedang hamil atau memiliki program hamil. Kedua kategori tersebut memerlukan perhatian extra dan perlu dikonsultasikan terlebih dahulu mengenai efek sampingnya. Selain itu, hundari juga penggunaan pada area sensitif seperti bibir, area mata dan area kemaluan. Ada pula, hindari penggunaan untuk gatal yang berasal dari jamur serta bakteri.

Untuk penggunaan orang dewasa, baik kloderma gel, cream, oinment dan lotion 0,05% dapat digunakan 2x sehari dengan waktu yang beraturan. Oleskannsecara tipis pada area yang mengalami permasalahan kulit. Lama penggunaannya tidak boleh melebihi 4 minggu. 

Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat

Kloderma memiliki beberapa varian, dan beberapa diantaranya yaitu varian hijau dan coklat. Lalu apa perbedaannya?

Jika dilihat kandungan zat aktifnya keduanya sama - sama memiliki kandungan klobetasol propionat sebesar 0,05%. Untuk penggunaannya, baik cara maupun penyebab masalah kulitnya tidak ada perbedaan. Tetapi, kloderma coklat dijual dalam bentuk oinment atau salep. Sedangkan warna hijau dalam bentuk cream. Secara kandungan tidak ada perbedaannya, hanya beda di sediaannya saja. 

Walaupun secara kasat mata keduanya hampir sama. Cream dan salep memiliki tekstur yang sedikit berbeda. Salep terlihat lebih padat daripada cream. Ini diakibatkan kandungan air pada salep lebih sedikit daripada cream.

Kesimpulan

Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat sebenarnya hanya terapadat pada sediaanyq saja. Pada warna hijau berbentuk cream sedangkan coklat dalam bentuk oinment atau salep yang memiliki tekstur lebih padat. Secara fungsi keduanya memiliki kemampuan yang sama, tinggal mana sediaan yang memuat Anda nyaman saat digunakan.

Related Posts

Posting Komentar