Cemilan Untuk Penderita Tipes Bergizi dan Lezat

Posting Komentar

Cemilan Untuk Penderita Tipes
Cemilan Untuk Penderita Tipes
Cemilan Untuk Penderita Tipes - Makan di kala sakit sangat diperhatikan agar apa yang masuk ke perut dapat memberikan nutrisi yang seimbang. Dengan seimbangnya nutrisi tersebut akan membuat recovery tubuh menjadi lebih cepat. 

Selain dengan makanan pokok, pemberian makanan camilan di kala sakit juga perlu diberikan di jam tertentu. Camilan akan menambah asupan dan memberikan nutrsi lebih yang dapat digunakan untuk memperkuat sistem imun. 

Sakit yang diderita menjadikan kita harus selektif dalam memilik camilan. Apalagi jika sedang mengalami penyakit tipus. Tentu jika mengalami sakit tipus harus berhati-hati karena tipus menyerang sistem pencernaan. Dalam memilih camilan harus mempertimbangkan kandungan dan tekstur dari camilan agar tidak memperparah gangguan pencernaan.

Penyebab Tipes

Tipis atau dikenal dengan istilah demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh salmonella typhi. Bakteri ini dapat menyebar melalui makanan, minuman atau alat makan yang tidak bersih dan menyerang usus halus. Walaupun  dahulu sempat dianggap penyakit yang cukup ditakuti, namun dengan perkembangan ilmu kedokteran  saat ini typus dapat diatasi dengan baik. 

Beberapa gejala yang diakibatkan dari typus adalah demam tinggi, mudah lelah, tidak nafsu makan hingga diare yang cukup parah. Biasanya gejala seperti diatas dialami pada awal infeksi kemudian perlahan mulai tidak terasa. Namun, di kondisi ini typus belumlah sembuh dan bakteri masih ada didalam tubuh. Demam dan gejala lainnya dapat muncul secara tiba tiba. 

Rekomendasi Cemilan Untuk Penderita Tipes

Cemilan Untuk Penderita Tipes
Zupa Soup

Segala kegiatan bagi penderita tipes harus sangat dihindari karena pada masa ini sel darah putih sedang bekerja keras melawan bakteri dan memerlukan asupan energi lebih. Ini membuat tubuh juga akan mudah merasakan kelelahan. Asupan ekstra tentu akan sangat dibutuhkan dalam kondisi ini. Asupan ini dapat berupa camilan yang bisa diberikan pada jam tertentu. Berikut ini adalah rekomendasi camilan bagi penderita tipus.

1. Mashed Potato

Sesuai namanya ini merupakan camilan yang berasal dari kentang. Tekstunya sangat halus dan menyerupai bubur karena dibuat dengan cara ditumbuh dan dihaluskan. Selain bisa dijadikan camilan, ini juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi karena memiliki kalori yang cukup banyak.

2. Telur

Telur di Indonesia sering dijadikan pendamping makanan atau lauk. Tapi sebenarnya telur juga amat sangat baik untuk bisa digunakan sebagai camilan makanan. Ini karena telur memiliki protein yang sangat tinggi dan baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Telur dapat disajikan dengan direbus ataupun digoreng dengan bumbu yang minimum.

3. Zuppa Soup

Ini adalah soup kesenian yang dibuat dengan cara di panggang atau oven dengan kertas khusus. Rasa sopnya sangat creamy dan lembut. Selain itu kandungan gizinya juga sangat baik mengingat didalamnya bisa dikombunasikan berbagai macam potongan makanan seperti jagung, ayam, atau sosis.

4. Roti Tawar

Sumber kalori dari nasi bisa digantikan dengan beberapa macam sumber kalori lainnya seperti roti tawar. Biasanya roti ini dikombinasikan dengan selain ataupun kismis. Akan tetapi dengan kondisi penyakit tipes maka perlu menghindari adanya tambahan seperti itu agar tidak gangguan lainnya.

5. Kentang

Kentang menjadi pilihan sumber kalori lainnya dalam pemulihan tipes. Jika paling sering kita dengar adalah kenyang goreng, ya Anda tetap bisa mengkonsumsinya. Tapi yang perlu diperhatikan hindari Adanya kandungan minyak didalammya. Dalam memasaknya bisa menggunakan air fryer yang bebas dari penggunaan minyak.

6. Jus Alpukat

Alpukat menjadi buah yang tinggi akan kandungan lemak didalamnyan. Ini cukup baik mengingat dalam masa pemulihan diperlukan sumber energi yang banyak. Saat mengalami tipes tentu konsumsi serat perlu dihindari dan dibatasi, namun beberapa buah khususnya Alpukat rendah akan kandungan serat dan ini bisa menjadi pilihan untuk dijadikan camilan harian.

Makanan Yang Harus Di Hindari Saat Tipes

Banyak sekali pantangan makanan saat tipes. Ini dikarenakan bakteri ini menyerang pada area pencernaan. Area ini menjadi sangat rentan terhadap berbagai faktor. Untuk itu perlu untuk menghindari beberapa makanan sebagai berikut.

1. Makanan Berminyak

Makanan bertindak menjadi pantangan utama. Kandungan minyak didalamnya bisa memperburuk kondisi. Ini juga membuatnya akan semakin sulit dicerna. Selain minyak perlu juga menghindari sejenisnya seperti mentega dan margarin.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas juga perlu dihindari dalam kondisi tertentu. Pedas dapat memicu permasalahan lainnya dan salah satunya adalah asam lambung. Rasa pedasnya juga bisa membuat usus halus mengalami peradangan dan menjadi penyebab diare.

3. Makanan Mentah

Penyebab tipes adalah bakteri yang berasal dari luar tubuh. Ini bisa masuk melalui makanan yang kurang bersih. Untuk menghindari adanya bakteri lainnya yang dapat memperparah tipes. Untuk itu hindari makanan seperti salad dan sejenisnya.

4. Serat Tinggi

Kandungan serat yang tinggi dapat memperparah gangguan pencernaan. Ini juga akan membuat makan menjadi sulit dicerna dan usus harus bekerja lebih ekstra. Makanan  dengan serat Tinggi seperti sayur dan buah tertentu harus dihindari karena bisa mengakibatkan sembelit. 

5. Makan Dengan Bumbu Kuat

Makanan dengan kandungan membuat kuat seperti micin, santan dan garam tinggi perlu diperhatikan. Bumbu kuat seperti ini bisa membuat bagian pencernaan yang sedang mengalami peradangan menjadi perih dan bisa membuat diare.

Kesmipulan 

Cemilan Untuk Penderita Tipes harus diperhatikan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh agar pemulihan bisa berjalan cepat. Pastikan u tuk mengkonsumsi makanan yang lembut dan tidak berserat tinggi. Hindari juga makanan yang pedas, garam tinggi dan asam. 

Related Posts

Posting Komentar